Apakah Boleh Memandikan Kucing Setiap Hari?

Memandikan Kucing Setiap Hari: Apakah Boleh?

Kucing yang sedang dimandikan

Jika kamu memiliki kucing kesayangan, pasti pernahkah terpikirkan untuk memandikannya setiap hari? Sebelum kamu mengambil keputusan, penting untuk mengetahui apakah memandikan kucing setiap hari sebenarnya diperbolehkan atau tidak. Pada dasarnya, memandikan kucing secara teratur adalah bagian yang penting dalam merawat kebersihan mereka, asalkan kucingmu dalam keadaan sehat dan tidak memiliki masalah kulit atau kondisi tertentu.

Kucing memiliki kebiasaan alami untuk menjaga kebersihan diri mereka sendiri dengan menjilati bulu mereka. Melalui jilatan tersebut, mereka dapat membersihkan dan merawat bulu mereka yang indah. Kucing juga memiliki kelenjar minyak yang berperan dalam menjaga kelembutan dan kilau alami bulu mereka. Namun, memandikan kucing terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami tersebut dan berpotensi membuat kulit mereka menjadi kering. Oleh karena itu, mandi seminggu sekali biasanya sudah cukup untuk menjaga kebersihan kucingmu.

Meskipun kucing cenderung menjaga kebersihan diri dengan baik, ada beberapa alasan mengapa memandikannya secara teratur sangat penting. Kucing dengan bulu panjang, misalnya, lebih rentan terhadap masalah seperti kotoran terjebak di bulu atau gumpalan rambut. Selain itu, kucing yang banyak beraktivitas di luar ruangan juga membutuhkan mandi untuk menghilangkan debu, serbuk sari, atau zat berbahaya yang mungkin menempel pada bulu mereka.

Sebelum memandikan kucingmu, pastikan untuk menggunakan produk pembersih khusus untuk kucing yang lembut dan tidak mengiritasi kulit mereka. Pastikan juga air yang digunakan dalam mandi berada dalam suhu yang hangat, dan pastikan suhu ruangan juga cukup hangat agar kucing tidak merasa kedinginan. Setelah selesai mandi, pastikan untuk mengeringkan kucing dengan handuk yang hangat agar bulunya tidak terlalu lembap. Jika kucingmu tidak suka mandi, ada alternatif lain seperti membersihkannya dengan kain lembap atau menggunakan dry shampoo khusus untuk hewan peliharaan.

Tracing the History of Cats: Bisakah Kucing Dimandikan Setiap Hari?

Sejarah Kucing

Kucing telah menjadi teman manusia selama berabad-abad lamanya. Sebagai salah satu hewan kesayangan terpopuler di dunia, mereka memiliki warisan sejarah yang panjang. Pada mulanya, kucing mulai dijinakkan sekitar 4.000 tahun yang lalu di zaman Mesir kuno, di mana mereka dianggap sebagai makhluk yang dianggap suci dan sangat dipuja oleh masyarakat. Keberadaan kucing sebagai hewan peliharaan pun telah menyebar ke seluruh dunia, dan perannya telah berkembang dari sekedar pembasmi tikus menjadi teman keseharian manusia.

Salah satu tugas penting dalam merawat kucing adalah menjaga kebersihan mereka. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah apakah boleh memandikan kucing setiap hari? Jawabannya adalah tidak disarankan. Kucing adalah kelompok hewan yang sangat memperhatikan kebersihan tubuh mereka sendiri dan secara alami memiliki kemampuan untuk menjaga bulu tetap bersih. Selain itu, mereka juga dilengkapi dengan kelenjar minyak alami untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu mereka tetap terjaga.

Terlalu sering memandikan kucing dapat menghilangkan minyak alami yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu mereka. Jika kucing mengalami masalah tertentu seperti kutu atau penyakit kulit, mandi mungkin diperlukan. Namun, dalam keadaan normal, memandikan kucing sekitar satu hingga dua kali sebulan sudah cukup.

Tentu saja, ada beberapa kondisi khusus di mana memandikan kucing lebih sering diperlukan, misalnya jika kucing mengalami alergi atau memiliki kulit yang rentan terhadap iritasi. Namun, jika Anda tidak yakin apakah perlu memandikan kucing dengan frekuensi tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan untuk mendapatkan saran yang tepat.

Ras Kucing yang Terkenal: Apakah Kucing Harus Dimandikan Setiap Hari?

Kucing yang dimandikan air wudhu

Memandikan kucing adalah kegiatan umum yang dilakukan oleh pemilik kucing. Sebelum kamu memutuskan untuk memandikan kucingmu setiap hari, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Banyak ras kucing memiliki kemampuan alami untuk menjaga kebersihan mereka sendiri dengan menjilati bulu mereka. Ras seperti Persia atau Maine Coon dengan bulu yang panjang perlu diperhatikan lebih dalam perawatan dan kebersihan bulu mereka. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering memandikan kucing, terutama jika mereka sehat dan tidak kotor.

Also read:
Apa Penyebab Kucing Mengalami Kejang-Kejang?
Apa Makanan Terbaik bagi Kucing Kecil?

Kucing secara alami tidak menyukai air, sehingga memandikan kucing setiap hari bisa menyebabkan stres dan ketidaknyamanan bagi mereka. Selain itu, memandikan kucing terlalu sering juga dapat menghilangkan minyak alami yang melindungi kulit dan bulu mereka. Ini bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan bersisik, serta membuat bulu kucing tampak kusam.

Jika kucingmu memiliki masalah kulit atau bulu yang perlu perawatan khusus, seperti infestasi kutu atau alergi, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mengetahui frekuensi dan jenis produk yang sesuai untuk memandikan kucingmu.

Pada umumnya, memandikan kucing seminggu sekali atau beberapa kali dalam sebulan sudah cukup untuk menjaga kebersihannya. Pastikan untuk menggunakan sampo khusus kucing yang lembut, dan jangan lupa memperhatikan suhu air agar tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Tiap kucing berbeda, dan ada beberapa kucing yang mungkin perlu dimandikan lebih sering, terutama jika mereka memiliki masalah kesehatan tertentu. Namun, secara umum, tidak disarankan untuk memandikan kucing setiap hari, kecuali ada kebutuhan khusus yang diberikan saran oleh dokter hewanmu.

Karakteristik Fisik Kucing

Gambar kucing yang menggemaskan

Kucing adalah salah satu binatang peliharaan yang sangat diminati di berbagai negara. Mereka memiliki ciri fisik yang unik, menjadikan mereka sangat menarik untuk diamati. Salah satu bentuk tubuh kucing yang khas adalah kelembutan dan kelenturannya. Senyawanya yang fleksibel memungkinkan mereka bergerak dengan cepat, lincah, melompat, bahkan memanjat. Terlebih lagi, mereka dilengkapi dengan cakar yang tajam untuk melindungi diri serta menangkap buruannya.

Menjaga kebersihan kucing merupakan hal penting dalam perawatannya. Mandi merupakan bagian penting dari aspek kebersihan kucing. Namun, disarankan untuk membatasi frekuensi mandi kucing agar tidak dilakukan setiap hari. Kucing memiliki minyak alami di kulit yang membantu melindungi mereka dari suhu rendah serta menjaga kelembaban kulit mereka. Jika kucing sering dimandikan, maka minyak alami tersebut dapat tercuci dan menimbulkan masalah kesehatan kulit seperti kulit kering dan iritasi.

Sebagai alternatif, menyisir bulu kucing dengan rutin akan membantu menghilangkan kotoran serta menjaga kebersihan kucing secara keseluruhan. Namun, ketika kucing mengalami kekotoran yang signifikan atau memiliki masalah kulit yang perlu ditangani, sangat disarankan untuk memandikan kucing oleh dokter hewan atau petugas perawatan hewan yang berpengalaman. Mereka dapat memberikan arahan mengenai frekuensi mandi yang tepat dan cara yang paling efektif untuk memandikan kucing Anda.

Dalam menjaga kesehatan dan kebersihan kucing Anda, sangat penting untuk memahami karakteristik fisik mereka. Mandi tetap termasuk dalam perawatan kesehatan kucing, tetapi tidak disarankan dilakukan setiap hari. Pahami kebutuhan kucing Anda dan konsultasikan kepada ahli guna menjaga kucing Anda tetap sehat dan bahagia.

Perilaku Kucing: Apakah Boleh Menggaruk-garuk Kucing Tiap Hari?

kucing sedang mandi

Apakah Anda memiliki kucing dan ingin tahu apakah aman menggaruk-garuk kucing setiap hari? Sebenarnya, tidak disarankan untuk melakukannya. Meskipun beberapa kucing mungkin menikmati proses menggaruk-garuk, kebanyakan kucing tidak menyukainya dan hal ini bisa menimbulkan stres yang tinggi bagi mereka.

Kucing cenderung menjaga kebersihan tubuh mereka dengan menjilati bulu mereka menggunakan lidah yang kasar. Mereka memiliki sistem perlindungan alami berupa minyak yang membantu menjaga kualitas bulu mereka agar tetap sehat dan terlindungi. Jika kucing kita dipaksa untuk menggaruk-garuk setiap hari, hal itu bisa merusak lapisan minyak alami mereka dan mengakibatkan kulit mereka menjadi kering.

Sebagai alternatif, biasanya cukup untuk menjaga kebersihan kucing dengan rutin menyisir dan merawat bulu mereka. Hal ini membantu menghilangkan kotoran, debu, dan bulu-bulu yang rontok. Selain itu, membersihkan kandang mereka secara teratur juga merupakan hal penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kucing kita.

Namun, ada beberapa situasi tertentu di mana menggaruk-garuk kucing diperlukan, misalnya ketika kucing terpapar zat kimia berbahaya pada bulu mereka. Dalam kondisi ini, sangat penting untuk menggunakan produk khusus untuk kucing yang bisa ditemukan di toko hewan dan menerapkan teknik yang benar saat menggaruk-garuk mereka, seperti menghindari air masuk ke telinga mereka.

Jadi, jika kucing Anda dalam keadaan sehat dan bulunya terawat dengan baik, tidak perlu menggaruk-garuk kucing setiap hari. Prioritaskan menjaga kebersihan bulu mereka dengan merawat dan menyisirnya secara rutin. Jika Anda merasa diperlukan melakukannya, ada baiknya meminta nasihat dari dokter hewan untuk memastikan teknik dan prosedur yang tepat agar kucing Anda tetap aman dan sehat.

Makanan yang Sesuai untuk Kucing dan Frekuensi Memandikan Kucing

Gambar Makanan Sehat untuk Kucing

Tak kalah pentingnya dengan manusia, nutrisi memainkan peranan besar dalam menjaga kesehatan kucing. Agar kucing tetap sehat dan penuh energi, pastikan makanannya sesuai kebutuhan. Kucing adalah hewan pemakan daging, sehingga mereka membutuhkan asupan protein yang cukup untuk pertumbuhan dan fungsi tubuh yang optimal. Makanan terbaik untuk kucing adalah makanan yang mengandung protein tinggi, seperti daging ayam, ikan, atau daging sapi non-lemak.

Namun, hindarilah memberikan makanan manusia ke kucing Anda, karena beberapa makanan tersebut dapat berbahaya bagi kesehatan mereka. Beberapa contohnya termasuk bawang, cokelat, atau produk susu dengan kandungan laktosa. Kucing tidak dapat mencerna makanan tersebut dengan baik, yang dapat menyebabkan masalah pencernaan mereka seperti diare atau muntah.

Di samping pemilihan makanan, menjaga kebersihan kucing juga penting. Tetapi, memandikan kucing setiap hari tidaklah disarankan. Terlalu sering memandikan kucing dapat menghilangkan minyak alami pada kulitnya, membuat kulit menjadi kering dan gatal. Biasanya, kucing yang sehat dan menjaga kebersihan dirinya sendiri hanya perlu dimandikan sekali atau dua kali dalam sebulan.

Namun, jika kucing Anda memiliki masalah kulit atau bulu panjang, mungkin diperlukan frekuensi mandi yang lebih sering. Dalam hal ini, konsultasikan dengan dokter hewan untuk menentukan frekuensi yang tepat sesuai dengan kebutuhan kucing Anda. Pastikan juga Anda menggunakan produk mandi khusus untuk kucing, yang bebas dari bahan kimia keras dan sesuai dengan tipe kulit serta bulu kucing Anda.

Jadi, makanan yang optimal untuk kucing adalah makanan berbasis daging dengan kandungan protein tinggi. Hindarilah memberikan makanan manusia yang dapat berbahaya bagi kucing. Ketika memandikan kucing, lakukan sesuai dengan kebutuhan kucing Anda dan gunakanlah produk mandi yang aman dan sesuai untuk kucing.

Panduan Merawat Kucing dengan Baik: Memandikan Kucing Setiap Hari?

Panduan Pengasuhan Kucing yang Baik

Memandikan Kucing Setiap Hari: Benarkah Diperbolehkan?

Sebagai pemilik kucing, mungkin kita sering kali bertanya-tanya, apakah kita boleh memandikan kucing setiap hari? Jawabannya bergantung pada beberapa aspek penting.

Pada umumnya, jika kucing dalam keadaan sehat dan tidak memiliki masalah kulit atau alergi tertentu, kita tidak perlu memandikan kucing setiap hari. Kucing-kucing umumnya bisa menjaga kebersihan tubuhnya dengan menjilati bulu mereka sendiri dan merawat dirinya secara alami. Terlalu sering memandikan kucing dapat membuat bulu mereka menjadi kering dan kurang sehat karena proses ini dapat menghilangkan minyak alami pada bulu kucing.

Namun, ada beberapa pengecualian dalam hal ini. Beberapa kucing mungkin membutuhkan mandi rutin, terutama jika mereka memiliki masalah kulit atau penyakit tertentu yang memerlukan perawatan khusus. Selain itu, jika kucing Anda sedang menjalani pengobatan atau terapi mengenai masalah kutu atau parasit yang menggunakan air, Anda mungkin perlu memandikannya sesuai instruksi dari dokter hewan.

Jika Anda merasa perlu memandikan kucing Anda, pastikan Anda menggunakan sampo khusus yang dirancang khusus untuk kucing. Pastikan juga bahwa suhu air yang Anda gunakan hangat dan nyaman, jangan terlalu panas. Selalu pilih waktu yang tepat dan kondisi yang nyaman saat memandikan kucing agar mereka tidak merasa stres. Setelah selesai memandikan kucing, segera keringkan dengan handuk yang lembut dan hangat untuk menghindari risiko hipotermia.

Jadi, pada umumnya memandikan kucing setiap hari tidak diperlukan, kecuali dalam keadaan tertentu seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Yang terpenting adalah memahami kebutuhan individu kucing Anda dan memastikan mereka tetap bersih dan sehat melalui perawatan yang tepat. Ingatlah bahwa terlalu sering memandikan kucing dapat merusak pelindung alami pada kulit dan bulu mereka, jadi cobalah untuk santai dan biarkan kucing Anda merawat diri mereka sendiri dengan baik.

Kucing sebagai Hewan Peliharaan: Apakah Sebaiknya Memandikan Kucing Setiap Hari?

Kucing

Mengapa Memandikan Kucing Setiap Hari Tidak Direkomendasikan?

Banyak pemilik kucing bertanya-tanya apakah aman untuk memandikan kucing mereka setiap hari. Meskipun menjaga kebersihan kucing peliharaan kita penting, sebaiknya tidak memandikan mereka setiap hari secara rutin. Kucing memiliki minyak alami di kulit mereka yang berperan dalam menjaga kesehatan bulu dan kulit mereka. Terlalu sering mandi bisa mengganggu keseimbangan minyak ini dan menimbulkan masalah kulit seperti kekeringan atau iritasi.

Secara umum, membilas kucing dengan air hangat satu atau dua bulan sekali sudah cukup untuk menjaga kebersihan mereka. Jika kucing terlihat kotor atau ada benda yang terjebak di bulunya, sebaiknya mandikan lebih sering. Pastikan menggunakan sampo khusus kucing yang lembut dan bebas pewangi. Juga, pastikan kran air mati dan gunakan air hangat agar kucing tidak diganggu oleh suara dan dinginnya air.

Bagaimana Mengekang Kebersihan Kucing Setiap Hari?

Meskipun tidak direkomendasikan memandikan kucing setiap hari, ada beberapa cara sederhana untuk menjaga kebersihan kucing piaraan kita. Rutin membilas bulu mereka dengan sikat yang sesuai dapat membantu menghilangkan kotoran dan bulu mati. Selain itu, pastikan untuk memotong kuku kucing secara teratur agar tidak terlalu panjang dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Penting juga untuk menyediakan tempat tidur atau alas kucing yang mudah dicuci untuk mencegah penumpukan kotoran dan bakteri. Bersihkan piring dan tempat minum mereka secara teratur, serta pastikan mereka memiliki tempat yang bersih untuk buang air, seperti kotak pasir yang dibersihkan setiap hari.

Secara keseluruhan, menjaga kebersihan kucing Anda menjadi kunci penting bagi kesehatan dan kenyamanan mereka. Walaupun sebaiknya tidak memandikan kucing setiap hari, langkah-langkah kebersihan yang sederhana tetap dapat menjaga kucing Anda tetap sehat dan bahagia.

Info Perawatan Kucing: Apakah Sebaiknya Mandi Setiap Hari?

foto kucing mandi

Perlukah Kucing Dibasuh Setiap Harinya?

Sebagai pemilik kucing, mungkin Anda bertanya-tanya apakah aman memandikan kucing setiap hari. Namun, sebenarnya kucing tidak memerlukan mandi rutin seperti manusia. Kucing memiliki sistem kebersihan alami dengan menjilati bulunya menggunakan lidah yang kasar.

Jika terlalu sering memandikan kucing, minyak alami di bulu mereka bisa terbuang dan kulit kucing bisa mengering. Selain itu, kucing cenderung enggan terhadap air, sehingga memaksa mereka untuk mandi setiap hari malah bisa menyebabkan stres pada hewan peliharaan Anda.

Kapan Saat yang Tepat untuk Memandikan Kucing?

Meski kucing tidak perlu mandi tiap hari, ada beberapa situasi di mana mandi perlu dilakukan. Misalnya, jika kucing terkena zat beracun atau benda berbahaya lainnya seperti minyak, cat, atau zat kimia.

Anda juga bisa memandikan kucing jika mereka mengalami masalah kulit seperti kutu atau jamur. Namun, dalam situasi semacam itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan untuk mendapatkan saran dan rekomendasi yang tepat mengenai perawatan kulit kucing.

Bagaimana Cara Memandikan Kucing dengan Aman?

Jika memang harus membasuh kucing, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar kucing tetap aman dan nyaman selama proses mandi.

Pastikan menggunakan shampo yang khusus untuk kucing, yaitu yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Selain itu, pastikan suhu air tidak terlalu panas atau terlalu dingin, serta pastikan seluruh tubuh kucing terendam selama mandi.

Siapkan juga sisir kucing, handuk lembut, dan pengering rambut yang tenang untuk mengeringkan kucing setelah mandi. Jangan lupa memberikan pujian dan perhatian yang cukup pada kucing setelah mandi agar mereka merasa nyaman dan terpukau dengan pengalamannya.

Jadi, tidak perlu memandikan kucing setiap hari. Biarkanlah kucing menjaga kebersihan bulunya sendiri dan hanya mandikan jika benar-benar diperlukan. Perhatikan juga nutrisi yang diberikan serta lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin bersama dokter hewan, yang akan memberikan saran terbaik untuk merawat kucing Anda.

Teknik Melatih Kucing: Apakah Boleh Merawat Kucing dengan Mandi Setiap Hari?

Kucing Mandi

Dalam menjalankan teknik melatih kucing, seringkali terdapat pertanyaan apakah boleh merawat kucing dengan mandi setiap hari. Sebenarnya, kriteria mandi tergantung pada berbagai faktor seperti jenis bulu, tingkat aktivitas, dan preferensi masing-masing kucing. Beberapa kucing mungkin memperoleh manfaat dengan mandi setiap hari, tapi tidak semua kucing akan merasa nyaman dengan hal ini.

Banyak kucing menjaga kebersihan bulu mereka sendiri dengan menjilati dan mengatur rambut mereka. Dengan melakukan hal ini, mereka dapat mengurangi kotoran dan minyak yang menempel. Terlalu sering memandikan kucing dapat menghilangkan minyak alami yang melapisi bulu mereka, sehingga dapat menyebabkan kekeringan dan masalah kulit. Akan tetapi, ada beberapa situasi di mana mandi menjadi perlu, seperti saat kucing terkena kotoran yang sulit dibersihkan atau memiliki masalah kulit tertentu.

Jadi, langkah pertama sebelum memutuskan untuk memandikan kucing setiap hari adalah mengenali kebiasaan kucing dan tipe bulu yang mereka miliki. Jika kucing Anda memiliki bulu pendek, sehat, dan tidak terlalu aktif di luar rumah, kemungkinannya mereka tidak membutuhkan mandi rutin. Cukup melakukan sikat bulu secara teratur agar kebersihan dan kesehatan bulu kucing tetap terjaga.

Terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membiasakan kucing dengan mandi. Mulailah dengan memperkenalkan kucing secara perlahan terhadap air, seperti mengajak mereka berada di sekitar tempat mandi dan menyentuhkan sedikit air ke tubuh mereka. Jika kucing Anda tidak menyukai air, sebaiknya jangan memaksanya. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan kain lap basah atau tisu basah untuk membersihkan tubuhnya.

Kesimpulannya, tidak semua kucing perlu mandi setiap hari. Hal ini tergantung pada jenis bulu dan kebiasaan masing-masing kucing. Penting untuk memahami kebutuhan individu kucing Anda serta mempertimbangkan faktor-faktor tersebut sebelum memutuskan untuk memandikannya. Jika Anda memutuskan untuk memandikannya, pastikan menggunakan sampo khusus kucing yang aman dan hindari terlalu sering memandikan agar tidak merusak kesehatan bulu dan kulit kucing.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan: Apakah Kucing Boleh Dimandikan Setiap Hari?

Gambar kucing mandi

Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah tentang kebolehan memandikan kucing setiap hari. Jawabannya tergantung pada kondisi dan kebiasaan masing-masing kucing. Sebagian besar kucing memiliki kemampuan untuk membersihkan diri secara alami dengan menjilati bulu mereka, namun ada situasi-situasi tertentu di mana mandi menjadi perlu dilakukan.

Mungkin tidak perlu memandikan kucing setiap hari, kecuali jika kucing Anda sering terpapar kotoran atau memiliki bau yang tidak menyenangkan. Terlalu sering memandikan kucing dapat menghilangkan kelembapan alami dari kulit dan bulu mereka, sehingga membuat bulu kucing menjadi kering dan kusam. Sebaiknya, mandikan kucing Anda sekitar satu atau dua kali dalam sebulan, kecuali jika ada kebutuhan khusus.

Ketika memandikan kucing, gunakanlah sampo yang dikhususkan untuk kucing yang tidak mengandung bahan kimia keras. Jangan menggunakan sampo manusia atau produk rumah tangga lainnya karena bisa merusak kulit kucing. Pastikan suhu air yang digunakan hangat, tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Usahakan juga untuk menyiram sampo dengan baik agar tidak ada sisa sampo yang tertinggal di bulu kucing setelah mandi.

Penting juga untuk merawat telinga dan kuku kucing secara teratur, tak terkecuali ketika sedang tidak melakukan mandi. Perawatan telinga dan kuku yang rutin dapat membantu mencegah infeksi dan menjaga kesehatan kucing Anda. Tetap perhatikan kebersihan kucing Anda dan jika ada pertanyaan lebih lanjut, sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan nasihat yang lebih spesifik mengenai perawatan kucing kesayangan Anda.

Apakah Boleh Memandikan Kucing Setiap Hari

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements