Berapa Lama Kucing Hamil? Yuk Pahami Waktunya

1163

Memiliki kucing betina memang lebih memerlukan ekstra perhatian dibanding dengan kucing jantan. Seperti halnya kehamilan yang dapat terjadi pada kucing betina setelah musim kawin. Sebaiknya kawinkan kucing betina pada umur 18 bulan agar memperkecil resiko terhadap kehamilannya.

Pada saat kucing hamil mereka memerlukan asupan protein yang tinggi dan jangan berikan obat-obatan yang berlebihan karena beresiko terjadi   kecacatan bahkan kematian pada bayi kucing. Namun jika dirasa sangat perlu, berikan obat yang dibutuhkan agar si kucing sehat.

wpid 20150830105121 - Berapa Lama Kucing Hamil? Yuk Pahami Waktunya

Jika catlovers belum tau jika si lucu sedang dalam masa kehamilan atau tidak, perhatikan ciri-ciri berikut ini:

1. Nafsu makan bertambah

Hal ini bertujuan agar menutrisi janin dan si kucing

2. Puting memerah dan membesar

Selain itu mulai keluar air susu sekitar 3-2 minggu akhir masa kehamilan dan bulu sekitar puting susu menipis.

3. lebih lembut dan mencari perhatian

Sebagian kucing pada awal masa kehamilan terlihat perubahan tingkah laku seperti tenang dan ingin dimanja. Namun pada akhir masa kehamilan perilaku kucing gelisah dan mencari tempat yang tenang dan aman.

4. Perut mulai membesar

Perut kucing yang membesar dapat terlihat pada minggu ke lima dan terus membesar hingga melahirkan.

Lama masa kehamilan kucing berbeda dengan manusia. Namun agar mudah diingat bahwa manusia dengan lama kehamilan 9 bulan, maka Kucing 9 minggu lamanya.

Untuk memastikan kucing aunty dan uncle sedang hamil atau tidak, kita dapat melakukan proses perabaan atap palpasi pada usia kehamilan 3-4 minggu oleh orang yang berpengalaman. Dapat juga menggunakan alat- alat seperti USG (ultrasonografi) dan Rontgen (X ray) dapat dipergunakan untuk memastikan kehamilan.

Pastikan vitamin yang dikonsumsi kucing selalu cukup ya catlovers agar janin dan ibu bayi selalu sehat sampai masa melahirkan. 🙂

Komentarmu Apa?