Anak Kucing yang baru lahir sebenarnya tidak boleh terpisah dari induknya, karena apapun alasannya mereka juga membutuhkan nutrisi dari air susu ibu mereka untuk tumbuh dan berkembang.

Tetapi terkadang banyak skenario yang tidak sesuai, seperti saat induk kucing kita mati saat melahirkan, atau saat kita ingin mengadopsi anak kucing liar untuk dijinakkan, atau bisa juga saat kita menemukan anak kucing terlantar dijalan dan kita memutuskan untuk mengasuh mereka. Saat seperti itu lah hidup mereka bergantung pada Anda.

Apa yang harus Anda lakukan?

  1. Mencari induk Kucing pengganti jika ada. Jika tidak, Anda juga bisa merawat sendiri.
  2. Pastikan tubuh bayi Kucing tetap hangat karena mereka tidak menghasilkan cukup panas untuk tubuhnya sendiri. Bisa menggunakan selimut bulu lembut yang tidak terpakai atau dengan handuk bekas.

    gambar lucu kucing lucu tidur pakai selimut - Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk
    Selimut membuat anak kucing tetap hangat

  3. Jangan berikan susu formula untuk manusia. Berikan susu khusus untuk Kucing. Cat milk atau susu replacer ini bisa didapat di pet shop dengan harga yang bervariatif.
    wpid 20150704022130 - Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk
    pergunakanlah dot khusus anak kucing untuk menyesuaikan mulutnya yang masih kecil

    Masukan susu tersebut ke dalam sedotan atau botol khusus bayi Kucing untuk memudahkan mereka. Berikan secara perlahan sampai si Kucing merasa kenyang.

  4. Segera balik badan anak Kucing jika Kucing tersedak susu. Bisa dengan memijat punggungnya secara ringan untuk membantu mengeluarkan susu dari paru-paru.
  5. Sebelum dan sesudah makan biasakan Anda harus memijat perut anak kucing dan area genital untuk mendorong kucing agar BAB atau BAK. Seperti yang dilakukan induk Kucing saat menjilati anaknya, hal tersebut akan merangsang organ mereka dan sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup anak kucing baru lahir.
  6. Bersihkan area selaput mata agar kotoran tidak masuk dan menyebabkan iritasi.
  7. Anak kucing baru lahir biasanya akan menangis saat mereka lapar atau sedang dalam kesulitan lainnya. Pastikan Anda selalu mendengarkan setiap teriakan atau tangisan mereka. Namun, kucing yang terlalu tenang juga bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah. Jangan abaikan tanda ini dan segeralah mengambil tindakan.
  8. Belilah atau sediakan wadah khusus untuk menampung kotoran si kucing dan beli juga pasir khusus yang bisa di peroleh di pet shop terdekat.

    wpid 20150704022250 - Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk
    wadah khusus diperlukan sebagai tempat untuk anak kucing buang air besar dan buang air kecil

  9. Jika anak kucing belum bisa membersihkan bagian dubur mereka sendiri, anda bisa membersihkannya dengan kain atau tissue basah.
  10. Ajaklah anak kucing tersebut untuk bermain-main atau berlari agar tidak jenuh dan merepotkan untuk ke depannya.
  11. Jaga kebersihkan anak kucing Anda. Hal ini dilakukan karena induk mereka tidak ada untuk menyeka dan membersihkan semua kotoran yang ada pada bulu anak kucing.

Perlu sedikit usaha ekstra memang untuk merawat anak kucing. Jangan buat kesalahan dan mengabaikan masa depan kucing milik Anda. Jangan lupa pula untuk memeriksa kesehatan anak kucing Anda ke dokter hewan terdekat.  Kebanyakan dokter hewan akan memberikan diskon khusus untuk perawatan anak kucing baru lahir.

Komentarmu Apa?