Tahukah Kamu Jenis-Jenis Pasir Kucing yang Biasa Digunakan ?

1730

Pasir kucing adalah satu dari beberapa hal yang tidak boleh kamu lewatkan saat memelihara kucing secara indoor.

litterbox - Tahukah Kamu Jenis-Jenis Pasir Kucing yang Biasa Digunakan ?
Kenali jenis-jenis pasir kucing . Gambar: epminerals.com.

Kucinglucu.net – Saat kita memelihara kucing dalam rumah (indoor), hal yang tidak kalah penting dan harus kita pikirkan adalah kebersihan kotorannya. Tentunya sangat merepotkan bukan jika si kucing buang kotoran  sembarangan ?. Oleh karena itu kamu membutuhkan pasir atau litter box.

Tetapi apakah kamu tahu kalau pasir yang sering dipakai untuk hewan peliharaan terdiri dari berbagai jenis ?. Sebelum memilih ada baiknya kamu kenali dulu aneka pasir kucing berikut ini.

Baca juga: Tips dan Trik Ajaib Seputar Kebersihan Kotoran si Kucing.

1. Pasir Zeolit.

pasir zeolite - Tahukah Kamu Jenis-Jenis Pasir Kucing yang Biasa Digunakan ?
Pasir zeolite.

Sesuai dengan namanya, pasir ini terbuat dari batuan zeolite yang telah dipecahkan menjadi kecil-kecil. Biasanya tersedia dalam beberapa ukuran dari yang halus hingga agak besar.

Meski bukan termasuk yang populer, pasir jenis ini termasuk yang terbanyak digunakan oleh pecinta kucing. Karena selain bisa di recycle dengan cara dicuci ulang, pasir ini juga mudah ditemukan dan hampir selalu tersedia di pet shop.

Kekurangan dari pasir ini adalah pasir tidak menggumpal jika terkena cairan kotoran. Sehingga seringkali pasir yang telah terkena kotoran berantakan akibat kucing yang sering menggaruk pasir saat akan buang kotoran.

Untuk kamu yang mempunyai banyak waktu luang untuk mengontrol, pasir zeolit adalah pilihan yang cocok. Selain itu harga untuk pasir kucing zeolite juga tergolong murah. Dengan merogoh kocek sekitar 40 ribuan, kamu sudah bisa memperoleh sekitar 20 kg pasir untuk kucingmu.

2. Pasir Bentonite.

pasir bentonite - Tahukah Kamu Jenis-Jenis Pasir Kucing yang Biasa Digunakan ?
Pasir Bentonite atau biasa juga disebut pasir gumpal. Gambar: Shutterstock.

Pasir Bentonite biasa juga disebut dengan pasir gumpal atau pasir wangi. Sesuai namanya, kotoran yang terkena pasir ini akan menggumpal karena pasir ini memiliki daya serap yang bagus. Kelebihan lain pasir ini adalah aroma yang beraneka ragam seperti wangi buah, apel, lemon dan banyak lainnya sehingga bisa mengurangi bau kotoran kucing.

Pasir ini memiliki harga yang lumayan mahal yaitu sekitar 130 ribu/20 kg. Karena tidak bisa dicuci ulang, bisa disimpulkan pasir ini cocok untuk kamu yang memelihara kucing rumahan sedikit.

3. Pasir Kristal.

pasir kristal - Tahukah Kamu Jenis-Jenis Pasir Kucing yang Biasa Digunakan ?
Pasir kristal. Gambar: Shutterstock.

Praktis. Kesan itulah yang akan kamu dapatkan saat menggunakan pasir jenis ini. Pasir kristal merupakan pilihan yang cocok untuk kamu yang sibuk sehingga jarang bisa membersihkan poop si kucing.

Selain memiliki daya serap sampai 40 kali berat kucing sendiri, pasir ini juga tidak berdebu.

Namun pasir ini memiliki kelemahan yaitu dapat menyakiti kucing peliharaan kita. Selain beresiko tertelan dan menyebabkan kanker karena bahan kimia yang terkandung didalamnya, pasir ini juga memiliki sisi tajam yang runcing. Harga pasir ini juga mahal yaitu untuk 5 liter dibanderol sekitar 88-99 ribu rupiah.

4. Pasir organik.

pasir organik - Tahukah Kamu Jenis-Jenis Pasir Kucing yang Biasa Digunakan ?
Pasir organik.

Seiring dengan perkembangan, banyak produsen yang mengeluarkan varian untuk pasir kucing. Contohnya pasir satu ini. Pasir organik kucing tidaklah terbuat dari pasir melainkan terbuat dari beberapa macam bahan seperti kertas, serbuk kayu, jagung atau gandum. Kelebihan pasir ini adalah menyerap bau secara alami dan dan bebas debu sehingga aman untuk kucing yang mempunyai masalah pernafasan. Harganya pun terbilang tidak terlalu mahal. Untuk 20 kg pasir dibanderol seharga sekitar 50 ribu rupiah.

bersihkan litter box - Tahukah Kamu Jenis-Jenis Pasir Kucing yang Biasa Digunakan ?
Jangan malas untuk membersihkan litter box yaa.

Nah itulah beberapa jenis pasir kucing yang biasa digunakan. Tiap pasir tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jadi pilihlah yang menurut kamu memang cocok. Pastikan untuk menjaga selalu kebersihan litter box karena litter box yang kotor juga dapat memicu perkembangan bakteri atau jamur yang tentunya berbahaya untuk kesehatan kucing mu.

Komentarmu Apa?