Kandang Kucing Ukuran Besar untuk Memberikan Ruang Gerak yang Optimal

Daftar Isi

Kucing Kandang Kucing Ukuran Besar: Mengenalinya dengan Cermat

Memiliki hewan peliharaan, terutama kucing, bisa menjadi kebahagiaan tersendiri bagi banyak orang. Salah satu pilihan menarik adalah mengadopsi kucing kandang kucing ukuran besar. Dikenal juga sebagai kucing kucing domestik kucing ras besar, jenis kucing ini memiliki keunikan tersendiri.

Bagaimana Mengenalinya?

Kucing kandang kucing ukuran besar memiliki tubuh yang lebih besar dan berotot jika dibandingkan dengan kucing biasa. Mereka memiliki ukuran tubuh yang besar, dengan berat badan mencapai 8-10 kilogram atau lebih. Tidak hanya ukuran tubuhnya yang besar, mereka pun memiliki kepalan kaki yang lebih besar dan tubuh yang lebih panjang.

Sifat dan Perilaku Kucing Kandang Kucing Ukuran Besar

Meski memiliki ukuran yang besar, kucing kandang kucing ukuran besar umumnya memiliki sifat yang lembut dan ramah. Mereka adalah kucing yang santai dan tenang, yang cocok dijadikan hewan peliharaan dalam rumah. Mereka senang bermain dengan pemiliknya atau tidur di tempat yang nyaman. Walaupun begitu, mereka tetap membutuhkan stimulasi fisik dan mental untuk menjaga kebugaran mereka.

Perawatan dan Pola Makan Kucing Kandang Kucing Ukuran Besar

Untuk menjaga kesehatan mereka, kucing kandang kucing ukuran besar membutuhkan perawatan khusus. Bulu mereka cenderung lebih panjang, sehingga perlu disikat secara rutin untuk menghindari masalah kulit dan rambut yang sering terjadi. Pola makan mereka juga berbeda, memerlukan porsi yang lebih besar dan makanan khusus untuk menjaga kondisi tubuh mereka yang berat. Selain itu, mereka juga butuh lingkungan yang luas untuk bergerak dan beraktivitas.

Also read:
Kandang Kucing Simple Untuk Menjamin Kenyamanan Hewan Peliharaan Anda
Kandang Kucing Rakitan: Solusi Praktis untuk Memanjakan Hewan Peliharaan Anda

Kesimpulan

Kucing kandang kucing ukuran besar adalah pilihan yang menarik untuk menjadi hewan peliharaan. Dengan ukuran tubuhnya yang besar namun sifat yang lembut, mereka dapat memberikan kehangatan dan keceriaan bagi pemiliknya. Penting untuk memberi perawatan dan makanan yang sesuai agar mereka tetap sehat dan bahagia. Jika Anda mencari kucing dengan ukuran yang besar namun dengan sifat yang ramah, kucing kandang kucing ukuran besar adalah pilihan yang tepat.

Sejarah Kucing Kandang Kucing Ukuran Besar

Sejarah Kucing Kandang Kucing Ukuran Besar

Pengenalan

Kucing merupakan hewan piaraan yang sudah hidup bersama manusia semenjak berabad-abad yang lalu, termasuk jenis kucing kandang ukuran besar. Kucing kandang ukuran besar, atau dikenal juga sebagai kucing ras, memiliki riwayat yang menarik dan dipelihara sebagai hewan kesayangan di rumah.

Asal Muasal

Sejarah kucing kandang ukuran besar dimulai pada masa lalu saat manusia mulai berhubungan dengan kucing liar. Jenis kucing kandang ukuran besar pertama yang dipelihara secara terpilih adalah Maine Coon. Disebutkan bahwa Maine Coon merupakan hasil dari persilangan antara kucing liar dari Amerika Utara dengan kucing jinak yang dibawa oleh para imigran Eropa.

Keberpopularan

Pada akhir abad ke-19, kucing kandang ukuran besar semakin populer di kalangan masyarakat. Hal ini karena kucing ras ini memiliki penampilan yang mencolok dengan postur tubuh yang besar, bulu yang indah, serta karakter yang ramah. Maine Coon, Persia, dan Ragdoll adalah beberapa jenis kucing kandang ukuran besar yang paling terkenal dan diminati hingga saat ini.

Peliharaan Modern

Pada era saat ini, kucing kandang ukuran besar semakin digemari sebagai hewan piaraan. Terdapat berbagai komunitas dan perkumpulan kucing kandang ukuran besar yang mengadakan acara pameran dan kompetisi kecantikan. Hal ini menunjukkan betapa populer dan diminatinya kucing ras ini di antara pecinta kucing. Selain itu, kucing kandang ukuran besar juga semakin banyak digunakan dalam iklan, film, dan media sosial.

Dalam perjalanannya, kucing kandang ukuran besar telah melewati perjalanan yang panjang. Seiring dengan semakin populer kucing ras ini sebagai hewan peliharaan, perawatan kucing kandang ukuran besar juga semakin diperhatikan. Pemilik kucing ras memerlukan pengetahuan yang baik dalam merawat dan memenuhi kebutuhan fisik maupun psikologis dari kucing kandang ukuran besar.

Kucing Ras Populer untuk Kandang Besar

Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon Terkenal

Kucing Maine Coon adalah salah satu jenis kucing yang paling banyak diminati oleh pencinta kucing. Asalnya dari Amerika Serikat, ras ini memiliki tubuh yang besar dan beratnya bisa mencapai 11-18 kg, dengan tinggi mencapai 40 cm. Keunikan lainnya adalah bulunya yang tebal dan beragam warna, serta telinga segitiga yang khas. Selain penampilannya yang mengesankan, ras ini juga dikenal ramah, cerdas, dan mudah beradaptasi, yang membuatnya menjadi pilihan populer untuk kandang kucing berukuran besar.

Kucing Norwegian Forest yang Mengagumkan

Kucing Norwegian Forest atau Norway adalah salah satu ras kucing dari Norwegia yang terkenal dengan bulu panjangnya yang tebal dan lebat. Dalam berat badan yang mencapai 4-9 kg, ras ini memiliki tubuh yang kuat dan atletis. Selain itu, kucing ini juga memiliki telinga berbulu, mata besar berwarna hijau, serta ekor yang panjang dan tebal. Norwegian Forest dikenal sebagai kucing yang bersahabat, pintar, dan mudah beradaptasi dengan manusia. Ras ini cocok untuk pemilik kandang kucing besar yang menginginkan kucing yang tangguh namun penuh kasih sayang.

Kucing Ragdoll yang Menenangkan

Ragdoll adalah ras kucing yang berasal dari Amerika Serikat dan dikenal dengan sifatnya yang tenang dan santai. Dengan berat tubuh sekitar 4-9 kg, ras ini memiliki tubuh yang besar, berotot, dan bulu yang panjang, lembut, serta tebal. Salah satu ciri fisik yang unik dari Ragdoll adalah mata birunya yang indah, serta tangan dan kaki yang lebih panjang. Kucing ini memiliki kepribadian yang lembut dan tingkat kesetiaan yang tinggi, menjadikannya cocok untuk kandang kucing besar dan keluarga yang ingin memiliki kucing yang lembut, tenang, dan bersahabat.

Jadi, jika Anda mencari kucing dengan ukuran besar untuk kandang kucing Anda, ras Maine Coon, Norwegian Forest, dan Ragdoll adalah pilihan yang tepat. Setiap ras memiliki karakteristik dan kepribadian yang berbeda, namun semuanya populer dan disukai oleh pecinta kucing di seluruh dunia.

Karakteristik Fisik Kucing Kandang Berukuran Besar

Karakteristik Fisik Kucing kandang kucing ukuran besar

Tentang Kucing Kandang Berukuran Besar

Kucing kandang yang memiliki ukuran besar memiliki ciri fisik yang membedakannya dari kucing berukuran normal. Salah satu hal yang paling terlihat adalah ukurannya yang lebih besar dan berat badannya yang lebih tinggi. Kucing kandang berukuran besar dapat memiliki berat badan antara 5 hingga 10 kilogram atau bahkan lebih. Dilihat dari segi ukuran, mereka memancarkan kesan kekuatan yang mengesankan.

Bentuk Tubuh yang Memikat

Selain itu, kucing kandang berukuran besar juga menampilkan bentuk kepala yang lebih lebar dan besar dibandingkan dengan kucing berukuran biasa. Mulut yang lebar dan kuat memudahkan mereka dalam mengunyah makanan dengan efisien. Mata yang besar dan bulat dari kucing kandang berukuran besar memberikan ekspresi yang tajam dan mempesona.

Bagian tubuhnya juga terlihat lebih solid dengan bahu dan dada yang lebar. Kaki mereka yang kuat dan berotot memungkinkan mereka untuk melompat tinggi dan berlari dengan cepat. Bulu mereka yang lebat dan tebal juga melindungi mereka dari cuaca yang dingin. Secara umum, warna bulu kucing kandang berukuran besar cenderung lebih padat dengan variasi warna yang lebih sedikit dibandingkan dengan kucing berukuran normal.

Personalitas yang Menarik

Kucing kandang berukuran besar umumnya memiliki sifat yang tenang, ramah, dan santai. Mereka adalah kucing yang sangat penyayang dan mudah diajak berinteraksi. Meskipun ukuran mereka yang besar, suara mereka cenderung lembut namun nyaring. Selain itu, kucing kandang berukuran besar juga memiliki kecerdasan yang luar biasa, sehingga mereka dapat dilatih dan diajarkan berbagai trik dengan mudah.

Kucing kandang berukuran besar adalah hewan peliharaan yang menarik dan memiliki keunikan tersendiri. Keindahan mereka tidak hanya terletak pada ukuran tubuh mereka, tetapi juga pada sikap dan kepribadian yang menggemaskan. Dalam merawat kucing kandang berukuran besar, sangat penting untuk memberikan perhatian dan kasih sayang yang memadai agar mereka merasa nyaman dan bahagia.

Perilaku Kucing Kandang Ukuran Besar

Perilaku Kucing Kandang Ukuran Besar

Bagi penggemar kucing, terdapat banyak hal menarik yang dapat kita amati dari perilaku kucing kandang ukuran besar. Kucing dengan ukuran ini memiliki kebiasaan yang unik dan berbeda dari kucing kandang berukuran kecil.

1. Kegiatan Fisik yang Aktif

Salah satu hal yang menarik mengenai perilaku kucing kandang ukuran besar ialah tingkat kegiatan fisiknya yang tinggi. Mereka seringkali memanjat dan melompat dari satu tempat ke tempat lain, meskipun tubuhnya besar. Kegiatan fisik yang aktif ini membantu menjaga kesehatan tubuhnya dan mempertahankan tingkat energinya tetap tinggi.

2. Kemampuan Memburu yang Kuat

Kucing kandang ukuran besar biasanya memiliki insting pemburu yang kuat. Mereka seringkali berburu hewan kecil di sekitar rumah, seperti tikus atau burung. Kekuatan dan kecepatan mereka memungkinkan mereka untuk menangkap dengan akurat dan efisien.

3. Sifat yang Dominan

Kucing kandang ukuran besar memiliki sifat dominan yang lebih kuat dibandingkan dengan kucing kandang ukuran kecil. Mereka cenderung mengendalikan wilayah mereka dan melindunginya dari serangan kucing lainnya. Selain itu, mereka juga seringkali memegang kendali terhadap sumber daya seperti makanan dan tempat beristirahat.

4. Ketergantungan pada Manusia

Di samping itu, kucing kandang ukuran besar juga cenderung lebih bergantung pada manusia. Mereka akan mencari perhatian dan kasih sayang dari pemiliknya, dan seringkali menunjukkan afeksi dengan cara yang unik. Misalnya, mereka akan menggosok-gosokkan tubuh mereka pada kaki atau tidur di dekat kita untuk menunjukkan rasa cinta.

Itulah beberapa perilaku unik yang dimiliki oleh kucing kandang ukuran besar. Sebagai pemilik, penting bagi kita untuk memahami dan menghormati kebutuhan serta karakteristik mereka agar kita dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan bahagia bagi kucing kesayangan kita.

Makanan yang Tepat untuk Kucing Kandang Berukuran Besar

Gambar pilihan makanan kucing

Jika Anda sedang memelihara kucing di rumah, sangat penting untuk memberikan mereka makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizinya. Hal ini juga berlaku untuk kucing berukuran besar yang biasanya tinggal di dalam kandang. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk kucing kandang dengan ukuran yang besar.

Makanan Basah

Makanan basah seperti sarden atau daging ayam rebus sangat penting bagi kucing besar. Kucing membutuhkan asupan cairan yang cukup, dan makanan basah memiliki kandungan air yang lebih tinggi dibandingkan makanan kering. Selain itu, makanan basah juga mengandung nutrisi yang lebih tinggi, yang dapat membantu menjaga kesehatan kucing Anda.

Makanan Kering

Makanan kering juga merupakan pilihan yang baik untuk kucing kandang berukuran besar. Makanan ini memiliki masa simpan yang lebih lama dan lebih mudah untuk disimpan daripada makanan basah. Pastikan Anda mencari makanan kering yang mengandung kadar protein yang tinggi, seperti daging ayam atau ikan.

Makanan Bernutrisi

Untuk menjaga kesehatan kucing Anda, pastikan memberikan makanan yang bernutrisi. Makanan kucing yang mengandung protein, vitamin, mineral, dan serat yang seimbang akan membantu menjaga berat badan yang sehat dan meningkatkan fungsi pencernaan kucing Anda.

Pemilihan Makanan yang Tepat

Setiap kucing memiliki kebutuhan makanan yang berbeda-beda. Beberapa kucing mungkin memiliki alergi makanan atau kondisi kesehatan tertentu yang membatasi pilihannya dalam hal makanan. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan Anda guna menentukan makanan yang paling cocok untuk kucing kandang berukuran besar Anda.

Dengan memilih makanan yang tepat untuk kucing berukuran besar yang hidup di kandang, Anda dapat membantu menjaga kesehatan dan kebahagiaan mereka. Pastikan Anda memberikan makanan yang kaya gizi dan seimbang untuk menjaga mereka tetap kuat dan aktif.

Memperlakukan Kucing dengan Baik: Kandang yang Luas untuk Kucing

Kucing dalam kandang ukuran besar

Apa yang Dibutuhkan untuk Merawat Kucing dengan Baik?

Sebagai pemilik yang peduli, menjaga kesejahteraan dan kebahagiaan hewan peliharaan kita merupakan prioritas utama. Salah satu langkah penting dalam merawat kucing dengan baik adalah memberikan kandang yang cukup besar untuk kucing kita.

Mengapa Kandang Kucing yang Luas Penting?

Kandang yang cukup luas memberikan lingkungan yang nyaman bagi kucing. Mereka dapat bergerak dengan bebas, memanjat, dan melompat tanpa terbatas oleh ruang yang sempit. Kucing memerlukan ruang untuk bermain, mengekspresikan diri, dan memenuhi kebutuhan fisik mereka.

Apa yang Harus Dipertimbangkan saat Memilih Kandang?

Ketika memilih kandang yang besar untuk kucing, pertimbangkan kebutuhan kucing Anda secara spesifik. Pastikan kandang dilengkapi dengan tempat tidur yang nyaman, tempat makan dan minum yang terpisah, serta tempat untuk melakukan kegiatan fisik seperti tiang ataupun papan cakar.

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan!

Selain memberikan kandang yang cukup luas, pastikan kucing Anda juga memiliki waktu untuk bermain di luar kandang. Kucing memerlukan stimulasi mental dan fisik, seperti bermain dengan mainan interaktif dan terlibat dalam permainan bersama pemiliknya. Jangan lupa untuk memberikan makanan yang sehat dan air yang bersih setiap harinya.

Oleh karena itu, pastikan kucing Anda memiliki kandang yang cukup luas demi menjaga kesejahteraannya. Memilih kandang yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan memberikan waktu bermain yang cukup akan membuat kucing Anda merasa bahagia dan nyaman dalam lingkungan yang aman.

Kucing Besar: Hewan Peliharaan yang Menarik!

Gambar kucing besar

Apakah Anda ingin memiliki hewan peliharaan yang ramah dan penuh kasih? Mengapa tidak mencoba memelihara kucing besar? Kucing jenis ini bisa menjadi teman setia yang menyenangkan dan menghibur dalam kehidupan sehari-hari.

1. Maine Coon: Kucing Besar yang Penuh Kasih.

Salah satu contoh kucing besar yang populer adalah Maine Coon. Dikenal dengan bulu yang lebat dan ekor yang indah, Maine Coon adalah hewan peliharaan yang cerdas dan suka bermain. Mereka mudah bergaul dengan manusia dan hewan lain di sekitar mereka, membuat mereka menjadi tambahan yang menyenangkan dalam keluarga Anda.

2. Energi dan Kebugaran yang Tinggi.

Kucing besar juga dikenal memiliki tingkat kebugaran yang tinggi. Mereka memiliki tubuh yang kuat dan otot yang tahan lama, membuat mereka lebih aktif dibandingkan dengan kucing kecil. Dalam bermain dan berlari, kucing besar ini akan memberikan Anda hiburan dan kebahagiaan yang tak terbatas.

3. Perawatan Khusus untuk Kucing Besar.

Mengingat bulu yang tebal, perawatan kucing besar memerlukan sedikit perhatian ekstra. Sikat bulunya secara teratur untuk menghindari bulu yang kusut. Selain itu, sediakan ruang yang cukup di rumah Anda agar mereka bebas bergerak dan merasa nyaman. Anda dapat menjadikan kandangnya sebagai tempat mereka bermain dan bereksplorasi.

Jadi, jika Anda sedang mencari hewan peliharaan kandang yang energik, penuh kasih, dan menyenangkan, memelihara kucing besar bisa menjadi pilihan yang sempurna. Mereka akan membawa kehangatan dan kebahagiaan dalam hidup Anda. Jangan ragu untuk mengadopsi atau membeli kucing besar ini, dan saksikan betapa indahnya hubungan yang akan Anda bangun bersama mereka!

Perawatan Kesehatan Kucing dengan Ukuran Kandang yang Besar

Perawatan Kesehatan Kucing

Pemberian Makanan yang Seimbang

Merawat kucing di kandang dengan ukuran besar melibatkan aspek penting yaitu memberikan makanan yang seimbang. Jangan lupakan untuk memberikan makanan yang berkualitas tinggi yang mengandung semua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh kucing besar Anda. Pilih makanan khusus yang sesuai dengan kebutuhan kucing besar, hal ini penting untuk menjaga kesehatan tulang dan persendian mereka.

Penyediaan Lingkungan yang Aman dan Bersih

Kucing di kandang dengan ukuran besar memerlukan lingkungan yang aman dan bersih untuk menjaga kesehatan mereka. Pastikan Anda menciptakan area luas di dalam kandang dengan beberapa permainan dan tempat kucing merayap. Jangan lupa untuk selalu membersihkan kandang secara teratur dan menjaga kebersihan ruangan, termasuk mengganti pasir kucing secara rutin.

Vaksinasi dan Perawatan Medis Rutin

Mengatur jadwal vaksinasi dan perawatan medis rutin sangatlah penting bagi kucing di kandang dengan ukuran besar. Pastikan Anda membawa kucing Anda ke dokter hewan secara teratur untuk memeriksa kesehatan mereka, melakukan vaksinasi yang diperlukan, dan memberikan perlindungan terhadap penyakit tertentu. Selain itu, jangan lupa juga untuk memberikan perawatan gigi yang baik agar menjaga kebersihan dan mencegah masalah kesehatan mulut.

Olahraga dan Aktivitas Fisik

Kucing besar yang tinggal di kandang juga membutuhkan waktu dan tempat untuk bermain dan berolahraga agar tetap aktif dan sehat. Berikan kesempatan kepada kucing untuk menjelajahi kandangnya dengan menyediakan mainan dan perangkat hiburan yang dapat merangsang gerakan dan aktivitas fisik. Melakukan aktivitas fisik akan membantu menjaga berat badan yang sehat dan menjauhkan kucing dari risiko kegemukan serta menjaga kebahagiaan mereka.

Teknik Efektif untuk Melatih Kucing Kandang Berukuran Besar

Kucing Berukuran Besar

Tips-tips Ampuh dalam Melatih Kucing Kandang Besar

Bagi Anda yang memiliki kucing berukuran besar yang tinggal di kandang, ada beberapa metode yang bisa Anda terapkan untuk melatihnya. Melatih kucing kandang berukuran besar memang bukan perkara yang mudah, tetapi dengan kesabaran dan pendekatan yang tepat, hasil yang memuaskan bisa diraih.

Salah satu teknik yang sangat efektif adalah memberikan penghargaan atau hadiah. Ini bisa menjadi motivasi bagi kucing untuk belajar dan mengikuti perilaku yang Anda inginkan. Misalnya, jika kucing Anda menunjukkan perilaku baik atau berhasil melakukan trik yang diberikan, berikan hadiah berupa makanan atau pujian.

Penggunaan suara yang lembut dan bicara dengan nada hangat juga dapat menyokong pelatihan kucing kandang berukuran besar. Kadang-kadang, kucing bisa merasa terganggu oleh suara keras atau mendadak. Oleh karena itu, pastikan bicara Anda lembut ketika berkomunikasi dengan kucing, serta gunakan namanya secara konsisten.

Perlu diingat bahwa konsistensi juga sangat penting ketika melatih kucing berukuran besar yang tinggal di kandang. Buat jadwal yang konsisten dalam memberi makan, membersihkan kandang, atau melakukan aktivitas fisik bersama. Dengan rutinitas yang tetap, kucing cenderung lebih memahami apa yang Anda harapkan darinya.

Terakhir, luangkan waktu untuk bermain bersama kucing di kandang. Aktivitas fisik yang aktif akan membuat kucing lebih taat dan bahagia. Dengan bermain dan berinteraksi dengan kucing berukuran besar yang tinggal di kandang, Anda bisa membina hubungan yang lebih mendalam, sehingga memudahkan proses pelatihannya.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Mengenai Kandang Kucing Berukuran Besar

Kandang Kucing Ukuran Besar

Mengapa penting memiliki kandang kucing berukuran besar?

Kandang kucing berukuran besar sangat penting karena memberikan ruang yang mencukupi bagi kucing untuk bergerak dengan bebas. Kucing adalah hewan yang aktif dan memiliki kebutuhan akan ruang untuk melompat dan bermain. Dengan adanya kandang yang luas, kucing dapat menjaga kesehatannya dan mencegah terjadinya kebosanan atau stres yang berbahaya.

Bagaimana cara memilih kandang kucing berukuran besar yang tepat?

Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih kandang kucing berukuran besar yang tepat. Pertama, pastikan ukuran kandang sesuai dengan tubuh kucing Anda. Kucing harus bisa bergerak dengan leluasa di dalamnya. Selain itu, pilihlah kandang yang terbuat dari bahan yang aman dan tahan lama, seperti logam atau plastik berkualitas tinggi. Faktor keamanan juga harus diperhatikan, seperti pengunci yang kuat dan akses yang mudah untuk membersihkan kandang.

Bisakah kandang kucing berukuran besar digunakan untuk kucing berukuran kecil?

Tentu saja! Meskipun kandang berukuran besar dirancang untuk kucing berukuran besar, kandang ini juga cocok digunakan untuk kucing berukuran kecil. Di dalam kandang yang luas, kucing kecil bisa memiliki lebih banyak ruang untuk bermain dan menjelajahi lingkungan sekitar mereka. Tetapi, pastikan kandang memiliki perlengkapan dan akses yang tepat untuk kucing berukuran kecil, seperti tempat tidur atau tanda pengenal ketika kucing berada di dalamnya.

Apakah kucing perlu selalu diawasi saat berada di dalam kandang?

Meskipun kucing berada di dalam kandang, tetaplah penting untuk memantau mereka dengan baik. Kucing tetap bisa melakukan aktivitas yang berbahaya atau merusak benda di sekitarnya jika tidak diawasi. Pastikan untuk memberikan pengawasan yang memadai, terutama jika kucing Anda tinggal di daerah dengan akses ke jalan raya atau lingkungan berbahaya.

Itulah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai kandang kucing berukuran besar. Paham akan hal-hal ini, Anda dapat memilih dan merawat kucing Anda dengan lebih baik serta memberikan mereka lingkungan yang aman dan nyaman.

Kandang Kucing Ukuran Besar

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements