Macam-Macam Tungau pada Kucing

895

Waspadalah saat kucing terlihat gatal dan menggaruk secara berlebihan, karena bisa jadi ada tungau di tubuhnya. Kenali macam-macam tungau pada kucing berikut ini.

tungau - Macam-Macam Tungau pada Kucing
Jika tidak ditanggapi serius, tungau pada kucing dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Kucinglucu.net – Tidak semua “kutu” pada kucing adalah kutu. Tapi hewan serangga berjenis parasit ini terbagi menjadi pinjal (flea), caplak (tick), dan tungau (mites). Meski berbeda, ketiganya sama-sama menyebabkan masalah kesehatan dan membuat kecantikan kucing kamu menjadi buruk.

(Baca juga: Yuk Kenali Toxoplasmosis, Biar Tau Pencegahannya).

Kali ini kucinglucu akan membahas macam-macam tungau pada kucing. Nah sebagai cat lovers wajib tau nih, karena perawatan masing-masingnya berbeda.

Sebenarnya seperti apa sih ?. Simak selengkapnya yaa.

Berikut ini macam-macam jenis tungau  (mites) pada kucing :

1 . Sarcoptes scabiei.

tungau scabies - Macam-Macam Tungau pada Kucing
Sarcoptes scabiei, penyebab scabies pada kucing. Gambar : vetstream.com

Tungau ini menyebabkan penyakit scabiesis yang pada fase akhir ditandai dengan kerak kering dikulit. Ukuran yang mikroskopis membuat scabies mampu tinggal dibawah lapisan epidermis dan membuat liang di dalam kulit. Kerak-kerak diatas kulit merupakan telur scabies. Scabies dapat ditularkan baik dari kucing maupun manusia. Obat scabiesis dapat berupa salep, obat minum atau suntik anti kutu.

2. Cheyletiella.

cheyletiella - Macam-Macam Tungau pada Kucing
Cheyletiella. Gambar : vetbook.org

Cheyletiella biasanya menginfeksi kucing berbulu lebat. Bentuknya kecil dan berwarna putih kekuning-kuningan. Cheyletiella juga disebut sebagai ‘walking dandruff’ karena bentuknya yang mirip dengan ketombe. Hubungin dokter hewan terdekat atau gunakan tetes anti kutu untuk menghilangkan cheyletiella.

3. Demodex.

demodex - Macam-Macam Tungau pada Kucing
Seekor kucing yang terinfeksi tungau demodex. Gambar: vetbook.org

Tungau ini juga berukuran mikroskopis (tidak bisa dilihat dengan kasat mata) dan tinggal didalam folikel rambut. Demodex dapat menyebabkan kerontokan, area yang terinfeksi merah dan berkerak. Bawa segera ke dokter hewan apabila kucing terindikasi terkena demodex.

4.  Otodectes spp (Ear mites).

ear mites - Macam-Macam Tungau pada Kucing
Cerumen atau kotoran berwarna hitam, tempat bersarangnya ear mites. Gambar : vetbook.org

Ear mites atau tungau telinga pada kucing umumnya dari jenis Otodectes cynotis. Tungau ini juga berukuran mikroskopis dan dapat menyebabkan infeksi telinga. Ear mites ditandai dengan garuk-garuk telinga yang berlebihan, adanya cerumen atau kotoran telinga berwarna coklat/ hitam pekat  berbau, serta inflamasi pada telinga. Periksakan telinga kucingmu ke dokter hewan untuk mengetahui adanya tungau ini.

Sudah tahu kan macam-macam tungau dan bahayanya.

Solusinya untuk menghindari si kucing terkena tungau adalah minimal rajin memeriksa kesehatannya. Minimal satu bulan sekali rajin di mandikan untuk kucing berbulu pendek atau saat dirasa kotor. Untuk kamu yang suka merescue, jika penghuni baru dalam keadaan tidak sehat, pisahkan dengan penghuni lama agar tidak menular.Bersihkan juga kandang, mainan, dan semua furnitur kucing secara berkala untuk mencegah kucing terinfeksi kembali.

Komentarmu Apa?