Obat Cacing untuk Kucing Menyusui: Solusi Tepat untuk Kesehatan Sang Kucing

Pengenalan Obat Cacing untuk Membantu Mencegah Infeksi pada Kucing Menyusui

Apa itu Obat Cacing Kucing?

Kucing merupakan hewan peliharaan yang sangat populer dan seringkali dianggap sebagai anggota keluarga. Akan tetapi, seperti halnya hewan lainnya, kucing juga bisa terinfeksi oleh cacing-cacing yang merugikan kesehatannya. Obat cacing kucing adalah solusi yang efektif untuk mengatasi masalah infeksi cacing pada kucing, terutama yang sedang menyusui.

Kenapa Obat Cacing Sangat Penting untuk Kucing Menyusui?

Kucing yang sedang menyusui memiliki risiko yang tinggi terkena infeksi cacing. Ini disebabkan karena mereka dapat menginfeksi anak kucing melalui air susu yang mereka berikan. Infeksi cacing pada anak kucing bisa menyebabkan serangkaian masalah kesehatan serius, seperti penurunan berat badan yang drastis, gangguan pada sistem pencernaan, bahkan bisa berujung pada kematian.

Bagaimana Cara Kerja Obat Cacing?

Obat cacing khusus untuk kucing menyusui umumnya mengandung bahan aktif yang berfungsi untuk membunuh dan membuang cacing-cacing yang menyerang tubuh mereka. Terdapat berbagai jenis obat cacing, seperti tablet, pasta oral, atau bahkan suntikan. Setiap jenis obat memiliki dosis yang berbeda-beda, dan oleh karena itu, sangat penting untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan atau berkonsultasi dengan dokter hewan.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memberikan Obat Cacing?

Sebaiknya, obat cacing diberikan pada induk kucing sebelum proses melahirkan atau segera setelah melahirkan. Namun, proses pemberian obat cacing juga dapat dilakukan saat anak kucing mulai berumur beberapa minggu. Penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter hewan agar diketahui jadwal dan dosis yang tepat untuk kucing Anda.

Also read:
Obat Anti Rontok Bulu Kucing: Solusi Ampuh Untuk Kesehatan Bulu Si Kucing
Temukan Obat Anti Muntah Terbaik untuk Kucing Peliharaanmu!

Dengan memberikan obat cacing kepada kucing, Anda dapat membantu menjaga kesehatan kucing yang sedang menyusui lebih baik. Selain itu, tindakan ini juga akan melindungi anak kucing dari risiko infeksi cacing. Selalu kenali dan ikuti dengan teliti petunjuk penggunaan yang terlampir pada obat tersebut dan jangan ragu untuk meminta saran dari dokter hewan jika ada pertanyaan atau kekhawatiran yang muncul.

Sejarah Obat Cacing Kucing untuk Kucing Menyusui

Kucing telah menjadi hewan peliharaan yang sangat populer di seluruh dunia sejak lama. Namun, mereka juga rentan terhadap cacingan, terutama saat sedang menyusui. Untuk mengatasi masalah ini, manusia menciptakan obat cacing khusus untuk kucing, yang merupakan bagian penting dalam perawatan kucing menyusui.

Pada zaman dahulu, obat cacing rumah tangga dibuat dari bahan alami, seperti ramuan obat tradisional. Namun, seiring berjalannya waktu dan kemajuan ilmu pengetahuan, obat cacing modern telah dikembangkan yang lebih efektif dan aman bagi kucing. Ini menolong mencegah dan mengobati penyakit yang disebabkan oleh cacing dalam tubuh kucing dan melindungi kucing ibu beserta anak-anaknya.

Obat cacing untuk kucing menyusui memiliki manfaat yang sangat penting. Pertama, obat ini membantu mencegah penyebaran penyakit yang diakibatkan oleh cacing dalam tubuh kucing. Kedua, obat cacing tersebut melindungi kucing ibu dan anak-anaknya yang masih rentan terhadap infeksi parasit. Ketiga, penggunaan obat cacing secara rutin juga dapat meningkatkan kesehatan dan vitalitas kucing ibu, sehingga ia dapat memberikan perawatan yang optimal pada anak-anaknya.

Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter hewan sebelum memberikan obat cacing kepada kucing menyusui. Setiap kucing memiliki kebutuhan kesehatan yang berbeda, oleh karena itu dokter hewan akan memberikan petunjuk yang sesuai dengan kondisi kucing Anda. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan obat cacing dan memberikannya sesuai dosis yang direkomendasikan oleh dokter hewan.

Dengan memperhatikan kesehatan dan perawatan yang tepat, kucing menyusui akan tetap sehat dan dapat memberikan kasih sayang yang tak tergantikan pada anak-anaknya.

Ras Kucing yang Terkenal sebagai Pengobatan Cacing untuk Kucing yang Sedang Menyusui

Ras Kucing Terkenal sebagai Pengobatan Cacing untuk Kucing Menyusui

Pemberian pengobatan cacing merupakan hal penting untuk kesehatan kucing, terutama saat sedang menyusui. Mengapa demikian? Ketika kucing menyusui, risiko penularan cacing pada anaknya sangatlah tinggi, dan kondisi ini bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik kucing yang sedang menyusui untuk memastikan penggunaan pengobatan cacing yang efektif untuk kucing mereka.

Terdapat beberapa ras kucing yang memiliki kemampuan alami dalam melawan cacing. Ras-ras tersebut memiliki kekebalan tubuh yang kuat dan mampu melawan berbagai jenis parasit. Salah satu ras kucing yang terkenal sebagai pengobatan cacing adalah Maine Coon.

Maine Coon, merupakan ras kucing yang berasal dari Amerika Serikat, memiliki tubuh yang besar dan bulu yang lebat, yang juga melindunginya dari temperatur dingin. Namun, bukan hanya itu saja yang membuat Maine Coon begitu istimewa. Ras ini juga terkenal memiliki daya tahan alamiah yang tinggi terhadap cacing. Dalam hal ini, Maine Coon menjadi pilihan yang ideal sebagai pengobatan cacing untuk kucing yang sedang menyusui.

Tidak hanya Maine Coon, beberapa ras kucing lainnya juga memiliki kemampuan serupa. Ras-ras seperti Norwegian Forest Cat dan British Shorthair juga termasuk dalam daftar ras kucing yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat dan efektif dalam melawan cacing. Dengan memilih salah satu dari ras ini sebagai kucing peliharaan, pemilik kucing dapat memastikan bahwa kucing mereka memiliki perlindungan alami terhadap parasit dan memberikan pengobatan cacing yang lebih efektif saat kucing sedang dalam masa menyusui.

Jadi, ketika mencari ras kucing yang terkenal sebagai pengobatan cacing untuk kucing menyusui, pertimbangkanlah ras Maine Coon, Norwegian Forest Cat, atau British Shorthair. Selain menawarkan keindahan dan keunikan yang mereka miliki, ras-ras tersebut juga memberikan perlindungan alami bagi kucing-kucing yang sedang menyusui dari serangan cacing yang berbahaya.

Karakteristik Fisik Kucing obat cacing untuk kucing menyusui

Kucing obat cacing untuk kucing yang sedang menyusui memiliki karakteristik fisik yang unik. Pertama-tama, ciri fisik yang bisa dilihat adalah ukuran tubuh yang lebih besar dan berisi dibandingkan dengan kucing yang tidak sedang menyusui. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan kucing menyusui untuk memberikan nutrisi tambahan kepada anak-anaknya. Selain itu, perutnya terlihat sedikit melorot dan lebih bulat.

Selain ukuran, warna dan pola bulu juga sangat beragam pada kucing obat cacing untuk kucing menyusui. Ada yang memiliki bulu hitam, abu-abu, putih, dan cokelat. Ada pula yang memiliki pola bulu bergaris atau belang-belang, dengan corak garis yang tipis, atau dengan bercak-bercak.

Perbedaan fisik lainnya terletak pada bentuk dan ukuran telinga kucing tersebut. Telinga mereka umumnya berbentuk segitiga dengan ujung sedikit melengkung. Selain itu, ukurannya juga agak besar dan dapat bergerak untuk menangkap suara atau mendeteksi sumber suara dari berbagai arah.

Ketika melihatnya, mata kucing obat cacing untuk kucing menyusui juga memiliki ciri khas. Mata mereka relatif lebih besar dan bulat dengan warna yang beragam, seperti hijau, biru, atau kuning. Beberapa di antaranya bahkan memiliki heterokromia, di mana mata kanan dan kiri memiliki warna yang berbeda.

Itulah beberapa karakteristik fisik yang membedakan kucing obat cacing untuk kucing menyusui. Dengan mengetahui hal ini, pemilik kucing dapat lebih memahami apa yang normal bagi hewan peliharaan mereka dan memberikan perawatan yang tepat.

Bagaimana Kucing Menunjukkan Perilaku Saat Menyusui

Perilaku Kucing obat cacing untuk kucing menyusui

Perawatan anak kucing adalah salah satu aspek yang unik dari perilaku kucing. Saat sedang menyusui, kucing menunjukkan perilaku yang berbeda dari biasanya. Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan saat kucing menyusui adalah memberikan obat cacing yang tepat. Infeksi cacing dapat terjadi pada kucing dan dapat ditularkan kepada anak-anaknya melalui proses menyusui.

Perilaku kucing saat menyusui yang terkena infeksi cacing dapat bervariasi. Beberapa tanda yang dapat diperhatikan termasuk penurunan selera makan, penurunan berat badan pada anak kucing, dan kelelahan pada kucing betina. Jika kucing induk terkena infeksi cacing, anak-anaknya juga berisiko terkena infeksi yang sama.

Untuk mengatasi masalah infeksi cacing pada kucing menyusui, penting untuk memberikan obat cacing yang aman dan efektif. Namun, sebelum memberikan obat cacing kepada kucing betina, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu. Dokter hewan akan memberikan dosis yang sesuai dengan kondisi kucing dan anak-anaknya.

Selain memberikan obat cacing kepada kucing betina, menjaga kebersihan lingkungan juga penting untuk mencegah penyebaran cacing. Pastikan kandang dan tempat makan anak-anak kucing tetap bersih. Rajin membersihkan bak kucing dan mencuci tangan setelah menyentuh tempat tidur anak-anak kucing juga dapat membantu mengurangi risiko infeksi cacing.

Peran pemilik sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kebersihan kucing saat menyusui. Mengamati perilaku kucing, melindunginya dari infeksi cacing, dan memberikan perawatan yang tepat akan membantu menjaga kesehatan kucing betina dan anak-anaknya. Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin saran yang lebih spesifik, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter hewan.

Makanan Yang Tepat Untuk Kucing Menyusui Mengatasi Cacing

gambar kucing menyusui

Pilihan Makanan Terbaik untuk Kucing yang Sedang Menyusui

Jika kamu memiliki kucing yang sedang dalam masa menyusui, sangatlah penting untuk memperhatikan jenis makanan yang diberikan kepadanya. Kucing yang sedang menyusui membutuhkan nutrisi yang kaya dan seimbang untuk membantu mereka menghasilkan cukup susu bagi anak-anak mereka. Salah satu aspek terpenting yang perlu diperhatikan adalah tingginya kandungan protein dalam makanan yang diberikan. Protein yang cukup dalam makanan sangat membantu kucing ibu dalam membangun dan merawat otot-otot mereka, sehingga mereka tetap bugar dan sehat selama menyusui.

Tidak hanya itu, pastikan makanan kucing juga mengandung lemak sehat. Lemak sehat ini akan membantu memberikan tambahan kalori yang dibutuhkan oleh kucing yang sedang menyusui. Hal ini sangat penting karena kucing menyusui membutuhkan kalori tambahan untuk menjaga kesehatan dan energi mereka saat merawat anak-anak mereka. Pastikan juga mencari makanan yang mengandung serat alami, sebab serat alami ini sangat penting dalam menjaga sistem pencernaan kucing tetap sehat dan mengurangi risiko masalah pencernaan seperti sembelit.

Pentingnya Memberikan Obat Cacing untuk Kucing Menyusui

Pemberian obat cacing adalah suatu keharusan bagi kucing yang sedang menyusui. Kucing ibu dapat menularkan cacing kepada anak-anak mereka melalui air susu. Oleh karena itu, penting untuk memberikan obat cacing yang aman dan efektif kepada kucing yang sedang menyusui. Sebelum memberikan obat cacing, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan Anda untuk mengetahui obat yang tepat dan aman untuk kucing menyusui. Dokter hewan akan memberikan dosis yang sesuai dan merekomendasikan obat pengobatan yang aman untuk digunakan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan dengan teliti serta memberikan dosis yang tepat agar obat dapat bekerja efektif tanpa membahayakan kesehatan kucing dan anak-anaknya.

Semua ini menjadi penting sebagai kesimpulan, memberikan makanan yang sesuai sangatlah krusial untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan kucing yang sedang menyusui. Pastikan makanan mengandung protein yang tinggi, lemak sehat, serta serat alami. Selain itu, jangan sampai melupakan pentingnya memberikan obat cacing yang aman dan efektif untuk mengatasi masalah penyebaran cacing pada kucing ini. Dengan cara yang tepat, Anda dapat membantu menjaga kesehatan kucing ibu saat menyusui serta memberikan cukup nutrisi bagi anak-anaknya.

Cara Merawat Kucing dengan Baik

Gambar Kucing yang Baik

Kucing merupakan hewan peliharaan yang sangat populer di Indonesia. Bagi para pemilik kucing, merawat mereka dengan baik adalah hal yang penting agar kucing kesayangan tetap sehat dan bahagia. Berikut ini beberapa tips untuk merawat kucing dengan baik:

Pertama, Berikan Makanan yang Optimal

Apa yang Anda berikan sebagai makanan sangat berpengaruh pada kesehatan kucing. Pilih makanan kucing yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Pastikan juga Anda memberikan porsi makanan yang sesuai dengan usia, aktivitas, dan berat badan kucing Anda.

Kedua, Jaga Kesehatan dengan Vaksinasi dan Obat Cacing

Untuk menjaga kucing tetap sehat, jadwalkan vaksinasi kucing sesuai rekomendasi dari dokter hewan. Vaksinasi akan melindungi kucing dari berbagai penyakit yang berbahaya. Selain itu, memberikan obat cacing secara teratur sangat penting, terutama jika kucing Anda sedang menyusui. Dengan memberi obat cacing, Anda dapat mencegah infestasi cacing yang dapat membahayakan kucing dan bayinya.

Ketiga, Ciptakan Lingkungan yang Nyaman

Kenyamanan lingkungan tempat tinggal sangat penting bagi kucing. Sediakan tempat tidur dan alas yang nyaman untuk kucing beristirahat. Jangan lupa juga sediakan pohon kucing atau papan pengasah kuku agar kucing dapat mengasah kuku mereka tanpa merusak tempat lain. Dengan memberikan lingkungan yang nyaman, kucing akan merasa lebih aman dan bahagia.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memberikan perawatan yang optimal bagi kucing kesayangan Anda. Jangan lupa juga untuk memberikan waktu dan perhatian yang cukup kepada mereka, karena kucing juga butuh kasih sayang dari pemiliknya. Nikmatilah setiap momen bersama kucing Anda dan jadikan merawat kucing sebagai salah satu tanggung jawab yang menyenangkan.

Kucing sebagai Teman Setia dan Pengobatan Cacing saat Menyusui

Gambar Kucing

Kucing kerap dijadikan hewan peliharaan yang populer di seluruh dunia. Selain menjadi sahabat setia, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari memelihara kucing. Salah satu manfaat yang penting adalah fungsinya sebagai pengobat cacing saat kucing sedang menyusui anaknya.

Ketika kucing menyusui, ia akan menyampaikan nutrisi penting kepada anak-anaknya melalui air susu. Sayangnya, kucing menyusui biasanya lebih rentan terinfeksi cacing, yang dapat menimbulkan masalah pada kesehatan dirinya dan anak-anaknya.

Penggunaan obat cacing saat kucing menyusui menjadi penting untuk melindungi mereka dari risiko tersebut. Obat ini membantu membersihkan saluran pencernaan kucing serta mencegah infestasi cacing yang bisa menimbulkan masalah kesehatan serius.

Pada umumnya, sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter hewan agar mendapatkan obat cacing yang tepat sesuai dengan usia dan kondisi kesehatan kucing menyusui Anda. Dokter akan memberikan dosis dan instruksi penggunaan yang sesuai demi keamanan sang kucing menyusui serta anaknya.

Jadi, jika Anda sedang memiliki kucing yang sedang menyusui, sangat penting untuk memberikan pengobat cacing yang tepat sebagai langkah pencegahan yang baik serta menjaga kesehatan mereka. Dengan perawatan yang baik, kita dapat memastikan kesehatan dan kebahagiaan kucing beserta keturunannya.

Perawatan Kesehatan Kucing: Pengobatan Cacing bagi Kucing yang Sedang Menyusui

Kucing Menyusui

Perhatian terhadap kesehatan kucing sangat penting untuk menjaga kebahagiaan dan kondisi fisik mereka. Salah satu aspek penting dalam perawatan ini adalah memberikan pengobatan cacing bagi kucing, terutama ketika mereka sedang menyusui. Kucing yang sedang menyusui rentan terhadap infeksi cacing, dan disarankan oleh para dokter hewan untuk memberikan mereka pengobatan cacing guna menjaga kesehatan mereka dan anak-anak kucingnya.

Pengobatan cacing menjadi penting bagi kucing yang sedang menyusui karena membantu membuang cacing dewasa serta larvanya. Infeksi cacing pada kucing dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti diare, muntah, penurunan nafsu makan, kekurangan berat badan, dan anemia. Selain itu, infeksi cacing dapat ditularkan kepada anak-anak kucing melalui air susu ibu, sehingga memberikan pengobatan cacing pada induk kucing menjadi hal yang sangat penting.

Sebelum memberikan pengobatan cacing pada kucing yang sedang menyusui, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter hewan. Dokter hewan akan menentukan dosis dan jenis obat cacing yang sesuai untuk kucing Anda. Beberapa jenis obat cacing yang aman untuk kucing menyusui antara lain pyrantel pamoate dan fenbendazole. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang diberikan oleh dokter hewan dan tidak memberikan obat cacing apa pun tanpa rekomendasi dokter.

Selain memberikan pengobatan cacing pada kucing yang sedang menyusui, penting juga untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal kucing. Rutin membersihkan kandang kucing, mengganti pasir kucing secara teratur, dan menghindari kontak dengan kotoran kucing atau hewan lain yang kemungkinan terinfeksi cacing. Langkah-langkah ini akan membantu mencegah infeksi cacing berulang pada kucing dan merawat kebersihan rumah.

Secara keseluruhan, memberikan pengobatan cacing pada kucing yang sedang menyusui merupakan bagian penting dari perawatan kesehatan. Dengan menjaga kesehatan induk kucing, kita secara langsung ikut menjaga kesehatan anak-anak kucing mereka. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan guna mendapatkan informasi yang sesuai mengenai pengobatan cacing yang tepat untuk kucing Anda.

Saat memiliki kucing yang sedang menyusui, penting untuk mempastikan bahwa kucing tersebut dalam keadaan sehat dan bebas terjangkit oleh cacing. Pemberian obat cacing menjadi langkah yang krusial dalam menjaga kesehatan kucing kita. Namun, melatih kucing untuk mengonsumsi obat cacing dapat menjadi tugas yang menantang. Untungnya, ada beberapa teknik yang dapat kita terapkan untuk mempermudah kucing dalam mengonsumsi obat cacing.

Pertama, pastikan obat cacing yang diberikan sesuai dengan arahan dokter hewan. Obat cacing tersebut umumnya tersedia dalam berbagai bentuk, seperti tablet, kapsul, atau suspensi. Beberapa kucing mungkin lebih suka tablet yang dihancurkan dan dicampurkan dengan makanan mereka. Namun, jika kucing tidak mau makan makanan yang mengandung obat cacing, kita dapat menggunakan teknik lain, seperti memberikan obat secara langsung dengan menggunakan jarum suntik tanpa jarum atau menyuntikkan suspensi obat melalui mulut kucing.

Kedua, penting untuk mengendalikan kucing dengan lembut dan tetap tenang saat memberikan obat cacing. Pastikan untuk memegang kepala kucing dengan lembut namun teguh agar tidak ada kecelakaan saat memberikan obat. Selain itu, perlu diingat bahwa pemberian obat cacing harus dilakukan dengan baik, tidak dalam keadaan terburu-buru atau cemas, karena hal ini dapat membuat kucing menjadi gelisah dan sulit diatasi.

Setelah memberikan obat cacing, berikan kucing waktu untuk mencerna obat dengan baik. Pastikan bahwa kucing memiliki akses ke air bersih dan makanan berkualitas sehingga dapat mengurangi kemungkinan efek samping dari obat cacing. Selain itu, ini juga akan memastikan bahwa kucing tetap sehat selama masa menyusui.

Dengan menerapkan beberapa teknik ini, Anda dapat melatih kucing yang sedang menyusui untuk lebih mudah mengonsumsi obat cacing dan memberikan perlindungan maksimal terhadap serangan cacing. Namun, jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan mengenai pemberian obat cacing, lebih baik berkonsultasi dengan dokter hewan terdekat untuk mendapatkan petunjuk yang lebih spesifik.

Pertanyaan Umum Mengenai Obat Cacing untuk Kucing Menyusui

Pertanyaan yang Sering Diajukan obat cacing untuk kucing menyusui

Apa Obat Cacing yang Aman untuk Kucing Menyusui?

Ketika kucing Anda sedang menyusui, penting untuk memilih obat cacing yang aman dan tidak membahayakan kesehatan mereka maupun anak-anak kucing. Sebaiknya, konsultasikan pada dokter hewan terlebih dahulu sebelum memberikan obat cacing apapun kepada kucing yang sedang menyusui. Dokter hewan dapat merekomendasikan obat cacing yang aman dan sesuai untuk kondisi kucing Anda.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memberikan Obat Cacing pada Kucing Menyusui?

Pada umumnya, dokter hewan akan menyarankan memberikan obat cacing pada induk kucing setelah anak-anak kucing mencapai usia tertentu. Biasanya, obat cacing dapat diberikan ketika anak kucing berusia sekitar tiga hingga enam minggu. Namun, tetaplah berkonsultasi dengan dokter hewan untuk menentukan waktu yang tepat dan dosis yang sesuai.

Apakah Obat Cacing Dapat Mempengaruhi Kualitas Air Susu Kucing?

Tidak semua obat cacing akan berdampak buruk pada kualitas air susu kucing. Namun, beberapa jenis obat cacing memiliki efek samping pada kucing menyusui. Oleh karena itu, hindarilah memberikan obat cacing tanpa berkonsultasi dengan dokter hewan. Dokter hewan akan memberikan obat cacing yang aman dan tidak membahayakan kesehatan kucing maupun anak-anak kucing.

Apakah Anak Kucing Juga Perlu Mendapatkan Obat Cacing Jika Induknya Telah Diobati?

Tentu saja, penting untuk memberikan obat cacing pada anak kucing setelah induknya mendapatkan pengobatan. Kucing yang sedang menyusui dapat menginfeksi anak-anak kucing dengan cacing, yang dapat berdampak buruk pada kesehatan mereka. Jadi, pastikan untuk memberikan obat cacing yang direkomendasikan oleh dokter hewan pada anak kucing setelah mereka mencapai usia yang sesuai untuk pengobatan tersebut.

Obat Cacing Untuk Kucing Menyusui

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements