Kebanyakan kucing suka dengan yang namanya susu. Dan kita sebagai pemiliknya pun tak pikir panjang memberi Kucing susu tanpa memperhatikan jenis dan merk. Tapi tahukah Anda? Tidak semua susu baik untuk kucing, terutama untuk kitten.

Susu pada umumnya mengandung laktosa atau gula yang merupakan salah satu komponen khas di dalamnya bersama trigliserida (lemak) dan kasein (protein). Untuk mencerna laktosa, pencernaan harus menggunakan enzim laktase. Kucing tidak dapat memproduksi laktase sehingga laktosa menjadi tidak terurai. Butiran laktosa laktosa tersebut akan tertinggal di muka lubang usus halus dan menyerap banyak air dari sekitarnya sehingga menimbulkan diare. Bakteri pun mudah menyerang usus dan menyebabkan fermentasi dalam jumlah besar untuk membentuk gas. Akibatnya kucing akan merasakan rasa sakit yang luar biasa pada perutnya. Efeknya kucing bisa menderita diare. Diare yang berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi pada kucing dan dapat berujung kematian.

wpid 20150704021926 - Tips Memilih Susu untuk Kucing
kitten sangat rentan sekali terhadap sembarang susu.

Susu yang baik untuk kucing yaitu susu KMR (kitten replace milk) dan susu non laktosa. Banyak yang menyediakan di toko atau pet shop. Contohnya baby cat milk dari Top Growth (kitten replace milk), Royal Canin Vet care nutrition, whiskas cat milk dan sebagainya.

Jika Anda tidak bisa mendapatkan susu khusus untuk kucing tersebut, Anda bisa juga menggantinya dengan susu bayi non laktosa seperti SGM LLM, SGM Soya, SINILAC, Nutrilon Soya, Vitalac BL, dan Bebelac FL. Meski sebenarnya susu bayi masih mengandung laktosa, tapi kandungannya hanya sedikit sehingga aman untuk Kucing, tentunya dengan pemberian takaran yang sesuai.

Untuk kucing bayi 0 – 1,5 bulan, usahakan mendapat ASI langsung dari induknya, karena asi induk kucing mengandung kolostrum yang dapat menambah daya tahan tubuh. Jika tidak ada berikan susu KMR atau susu non laktosa. Sedang untuk kucing dewasa, sebenarnya tidak terlalu memerlukan asupan susu, karena makanan kucing, dryfood maupun wetfood umumnya sudah memenuhi standar gizi yang diperlukan. Hentikan pemberian susu bila kucing mulai mengalami tanda-tanda diare.

 

=========

Jadilah teman KucingLucuNet di Facebook dan Twitter untuk terus mendapatkan update terbaru harian.

Facebook: https://facebook.com/kucinglucunet

Twitter: https://twitter.com/kucinglucunet

Komentarmu Apa?