10 Kucing Terfavorit Di Indonesia Tahun 2017

2591

Tiap ras kucing memiliki karakter dan keunikannya masing-masing yang membuat cat lovers jatuh cinta. Kucing anda masuk dalam kategori 10 kucing idola di Indonesia tahun ini nggak ?

Kucing merupakan binatang yang cukup populer baik di luar negeri maupun di Indonesia. Wajahnya yang lucu dengan jenis dan karakteristik sifatnya yang bermacam-macam menjadikan binatang ini cocok menjadi binatang peliharaan. Dari ras persia, Maine Coon, Russian Blue, sampai Bengal mereka memiliki penggemarnya masing – masing. Namun tahukah cat lovers, ras kucing jenis apakah yang jadi idola di Indonesia tahun 2017 ?

Beberapa waktu lalu Mr. Cacang Effendi penulis buku “Kucing” mengadakan survei tentang kucing terfavorit pilihan  kepada member SBKR (Sukses Beternak Kucing Ras). Survei tersebut diikuti oleh 330 responden dari seluruh Indonesia. Menurut Mr Cacang sendiri banyak perubahan mengejutkan tentang kucing terfavorit tahun ini bila dibandingkan tahun lalu. Berikut hasil survei kucing terfavorit tahun 2017:

1 . Maine Coon.

20161229021048 - 10 Kucing Terfavorit Di Indonesia Tahun 2017
Maine Coon

Badannya yang besar dengan bobot lebih dari 8 kg serta karakter yang lincah dan aktif membuat kucing satu ini menjadi disukai semua kalangan baik tua atau muda. Selain bulunya yang lembut dan lebat, Maine coon juga senang bermain dengan pemiliknya. tak heran jika kucing asal Amerika ini memiliki banyak peminat.

“Kucing mainecoon di Indonesia mempunyai populasi paling banyak di bandingkan yang ada di negara lain di dunia, bahkan dari negara asal nya Amerika. Tetapi yang perlu di perhatikan adalah bagaimana meningkatkan kwalitas kucing asli amerika ini di negara tropis kita indonesia”. Ucap Mr. Cacang.

2. Scootish Fold.

scootish - 10 Kucing Terfavorit Di Indonesia Tahun 2017
Scootish Fold

Kucing ras scootish fold merupakan kucing ras alami dari Scotlandia. Telinganya yang melipat merupakan ciri khas dari kucing ini meski begitu ada juga kucing Scootish yang terlahir dengan telinga lurus atau disebut juga Scootish Stright.

Karakternya yang ramah tenang, cerdas, mudah beradaptasi serta telinga bulat dan wajahnya yang imut -imut  membuat kucing ini banyak disukai wanita wanita anak anak. Tak heran jika kucing ini berada di urutan nomer 2 kucing terfavorit.

3. Persian

20161001164805 - 10 Kucing Terfavorit Di Indonesia Tahun 2017
Persian

Umumnya kucing ras persian terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu peaknose, flatnose, persia medium dan persia himalayan. Bulunya yang panjang  dengan tingkat perawatan yang tidak mudah membuat kucing persian harus puas menduduki peringkat ketiga dibawah Maine coon dan Scootish.

4. British Short Hair (BSH).

British 1024x749 - 10 Kucing Terfavorit Di Indonesia Tahun 2017
British Short hair. Gambar: Ternakkucing.blogspot.com

Seperti namanya, kucing BSH merupakan kucing asal Inggris. Posturnya yang gempal berotot dan pipi bulat penuh membuat orang menjadi gemas dengannya.

Kucing British Short hair dengan Pedigree CFA memiliki harga yang lebih tinggi di bandingkan dengan Kucing BSH pedigree lain, karena CFA sangat menjaga kemurnian Ras ini sehingga warna BSH yang berasal dari keturunan warna color point tidak bisa ditransfer ke CFA.

5. Exotic Short Hair.

exotix - 10 Kucing Terfavorit Di Indonesia Tahun 2017
Kucing Exotic

Kucing Exotic short hair merupakan versi kucing persian bulu pendek. Perawatannya yang tinggi karena rentan terkena gangguan pernafasan ini membuat kucing exotic harus puas menduduki peringkat ke 5. Meski begitu jika anda menginginkan kucing berkarakter lembut dan bersahabat serta bisa beradaptasi diberbagai tempat, anda bisa mempertimbangkan kucing jenis ini.

Baca juga:

6. Kucing Domestik.

P 20160824 094129 1 794x1024 - 10 Kucing Terfavorit Di Indonesia Tahun 2017
Kucing domestik

Perawatan yang mudah dan murah meriah dengan fisik yang kuat menjadikan kucing domestik masuk di urutan 10 kucing terfavorit. Meski tak edikit pula yang mengecap sebelah mata, faktanya kucing ini memiliki banyak kelebihan. Dan yang pasti kucing domestik tidak kalah cantik dengan kucing ras lain jika kita mau merawatnya dengan baik.

7. Bengal.

bengal - 10 Kucing Terfavorit Di Indonesia Tahun 2017
Kucing bengal

Anda yang tertarik memelihara macan versi mini, cobalah kucing jenis satu ini. Karakternya yang aktif dan pattern yang eksotis membuat kucing ini banyak digemari kalangan pria. Nggak salah jika kucing ini berada diurutan ke 7 kucing terfavorit.

8. American Short Hair.

Ash - 10 Kucing Terfavorit Di Indonesia Tahun 2017
American Short Hair.

Meski belum banyak cattery yang memelihara kucing jenis ini, faktanya karena kualitas kucing yang diternakan baik, kucing ASH menjadi banyak digemari di Indonesia. Karakteristiknya yang mudah beradaptasi, cerdas dan dengan bentuk tubuh yang kuat serta kesehatan yang baik menjadikan kucing ini cocok untuk dipelihara. Biasanya kucing jenis ini menyukai makanan basah seperti ikan, daging ayam yang segar.

9. Munchkin.

munhkin - 10 Kucing Terfavorit Di Indonesia Tahun 2017
Munchkin cat.

Bentuknya yang lucu dengan kaki pendek membuat banyak orang gemas dengan kucing Munchkin, terutama anak-anak dan wanita. Menurut Mr. Cacang sendiri di Indonesia belum ada peternak kucing Munchkin yang menghasilkan anakan kucing dengan sertifikat, kucing yang beredar di pasaran Indonesia hampir semua nya non Pedigree.

10. Ragdoll.

20161017060733 - 10 Kucing Terfavorit Di Indonesia Tahun 2017
Ragdoll

Tahun ini sepertinya Ragdoll harus puas berada di peringkat terakhir 10 kucing terfavorit di Indonesia. Sulitnya mendapatkan Ragdoll ras murni di pasaran membuat popularitas kucing satu ini menurun, kalah jauh dari kucing domestik. Namun jika anda sedang mencari kucing yang mudah ditangani dan suka ketenangan, anda bisa mempertimbangkan kucing satu ini karena Ragdoll sangat cocok dipelihara indoor dan sangat menyayangi pemiliknya.

Nah demikianlah hasil survei 10 kucing terfavorit di Indonesia. Kalau anda suka kucing jenis yang mana nih ?? Yukk coret – coret di kolom komentar ^-^) .

Source: ternakkucing.blogspot.com

 

 

 

Komentarmu Apa?