Kucing vs Air

225

Air merupakan musuh berat para kucing di dunia, tak diragukan lagi bila kucing sangat takut bila masuk kedalam air, dan rintikan hujan. Mengapa bisa begitu? Karena kucing tidak suka dengan kondisi badan yang basah, hal tersebut bisa membuat suhu tubuh kucing tidak stabil. Lebih jelasnya mari kita simak alasan-alasan kucing takut dengan air dibawah ini:

1. Alasan Kesehatan

Kesehatan kucing sangatlah rentan terserang oleh berbagai jenis penyakit. Dengan menjauhi air, kucing telah mengurangi dampak resiko terkena penyakit.

2. Air, Media Penularan Bakteri

Bulu-bulu kucing juga mudah terkena bakteri, karena kondisi air biasanya terdepat banyak kotoran yang membawa bakteri, oleh karena itu bakteri sangat mudah melekat pada bulu kucing.

3. Psikologis Kucing

Lain dengan manusia, kucing juga mempunyai psikologis yakni mudah terkena trauma, trauma kucing salah satunya yakni takut terhadap air seperti tercebur kedalam genangan air atau terkena rintikan hujan. Hal tersebutlah yang membuat tingkah laku kucing menjadi berubah.

4. Bisa Mandi Sendiri

Kucing merupakan hewan yang sangat mandiri dan suka merawat tubuhnya agar tetap bersih, contohnya yakni kucing dapat mandi sendiri dengan cara menjilati seluruh tubuhnya. Menurut para peneletih kucing, kucing mempunyai “lysozyme” yang terdapat pada lidah kucing, fungsi dari lysozyme adalah sebagai pembersih bakteri yang melekat pada kucing.

Itulah beberapa alasan mengapa kucing takut air, memelihara kucing juga dapat mencerminkan si pemelihara. Apabila hewan peliharaannya (kucing) dalam kondisi yang bersih dan sehat, maka si pemelihara pasti akan lebih bersi dan sehat. Jadi memelihara binatang itu tidaklah sembarangan, kita harus mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan benar agar kita dapat terjaga kesehatannya dan hewan peliharaan juga tumbuh dengan baik.

Komentarmu Apa?