5 Jenis Kucing Liar yang Hampir Jarang Didengar

696

Jika Anda bertanya pada orang-orang disekitar tentang kucing liar, Anda pasti akan mendapat jawaban seperti Jaguar, dan Cheetah. Itupun tidak bisa disebut sebagai benar benar kucing karena mereka hanya satu family.

Tapi tahu gak sih? ternyata ada banyak lho jenis-jenis kucing liar. Seperti yang Kucing Lucu rangkum dari Mother Nature Network, ada 5 jenis kucing liar di alam sana yang jarang kita dengar keberadaanya. Berikut ini kami sajika hanya untuk Anda:

1. Kucing Pallas

wpid wp 1453771463484 - 5 Jenis Kucing Liar yang Hampir Jarang Didengar

Kucing Palas atau dalam nama ilmiahnya Otocolobus Manul biasa juga disebut dengan kucing manul dikenalkan keberadaanya pertama kali pada tahun 1776 oleh Peter Simmon Pallas.

Kucing ini mempunyai ukuran seperti kucing domestik dengan berat badan 2,5 – 4,5 kg dan mempunyai bulu yang lebat yang membuatnya tampak gagah dan lebih besar dari ukuran aslinya. Kucing pallas mempunyai habitat di Asia Tengah, iran, Afganistan, Pakistan dan tersebar didataran tinggi dan lekukan intermountain serta padang rumput pegunungan Kyrgyztan dan Kazakhstan.

Saat ini keberadaan kucing Pallas terancam punah karena penurunan mangsa dan perburuan liar.

2. Kucing Triomote

wpid wp 1453771901946 - 5 Jenis Kucing Liar yang Hampir Jarang Didengar

Prionailurus Iriomotensis atau dikenal dengan kucing Iriomote merupakan Kucing endemik dari kepulauan Iriomote, Jepang. Itu sebabnya kucing ini mempunyai nama yang sama dengan tempat tinggalnya.

Kucing Iriomote mempunyai berat 3 – 5kg dengan karakteristik ekor tebal, leher gemuk, puncak daun telinga melingkar dan warna bulu abu-abu gelap dan coklat terang. Meski memiliki kemampuan meloncat seperti kucing kecil jebis lainnya, kucing Iriomote termasuk kucing jenis lemah karena mereka tidak dapat melengkungkan tulang belakangnya.

Saat ini Kucing Iriomote termasuk dalam katagori kritis karena populasinya yang terus menurun dan hanya tersisa sekitar 100 – 109 ekor pada tahun 2007.

3.  Kucing Jaguarundi.

wpid wp 1453773214743 - 5 Jenis Kucing Liar yang Hampir Jarang Didengar

Kucing Jaguarundi adalah kucing kecil asli Amerika Tengah dan Selatan dengan berat sekitar 3,5 – 9 kg. Kucing ini memiliki penampilan seperti penampilan seperti musang atau berang-berang dan dapat ditemukan di dataran rendah, wilayah tropis, padang rumput atau savana.

Jika kebanyakan kucing lain aktif pada malam hari sebagai hewan nokturnal, lain halnya dengan kucing ini yang menghabiskan waktunya untuk berburu pada siang hari.

4. Kucing Margay

wpid wp 1453795139727 - 5 Jenis Kucing Liar yang Hampir Jarang Didengar

Kucing Margay merupakan kucing tutul asli Amerika. Kucing ini beradaptasi dengan kehidupan di pohon-pohon dan bahkan bisa menghabiskan seluruh hidupnya tanpa menyentuh tanah sama sekali. Kucing Margay tersebar di wilayah hutan hujan Mexiko sampai Argentina dan banyak diburu karena keeksostisan bulunya.

5. Kucing Marbled.

wpid wp 1453795120130 - 5 Jenis Kucing Liar yang Hampir Jarang Didengar

Kucing Marbled atau dikenal juga dengan kucing batu merupakan kucing gesit terutama saat berada diatas pepohonan. Kucing ini memiliki ukuran tubuh kecil dengan berat sekitar 2 – 5 kg. Bulu tubuhnya didominasi oleh warna kecoklatan, abu-abu, kuning dan hitam dengan pola totol yang menyerupai macan dahan.

Kucing Marbled tersebar diwilayah Asia selatan dan Asia tenggara dan termasuk binatang yang dilindungi di Indonesia menurut PP no 7 1999 dengan nama “kuwuk” atau dalam nama ilmiahnya felis marmotus.

Nah, gimana aunty uncle? lucu-lucu yah kucingnya kaya Kucing Lucu 😀 . Setelah membaca jenis-jenis kucing liar, jangan lupa beritahukan teman-teman pecinta kucing lainnya yah dengan menekan tombol share. ^_^

Baca juga:

Komentarmu Apa?