Alasan Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya

10666

Sering Cat Lover bertanya apa alasan induk kucing tidak mau menyusui. Saat baru melahirkan, induk kucing berperan penting untuk mengurus dan memberi air susu. Namun ada sebagian induk yang menolak melakukan hal tersebut, mengapa?

FB IMG 14723416407554984 - Alasan Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya
Mengapa induk kucing tidak mau menyusui anaknya ?

Saat baru lahir, anak kucing tidak mampu berjuang sendirian. Mereka membutuhkan makanan serta gizi yang cukup yang mereka dapatkan dari induknya dalam bentuk susu. Tanpa induk kucing mereka akan kelaparan dan tidak bisa mengurus dirinya sendiri, Itulah mengapa peran induk kucing sangat dibutuhkan dalam masa tumbuh mereka.

Dan perlu diketahui semakin lama induk kucing mengasuh dan menyusui anaknya, maka akan semakin sehat anak kucing tersebut. Hal ini dikarenakan susu induk kucing mengandung nutrisi terbaik yang berfungsi sebagai daya tahan tubuh pasif sampai mereka berusia 6 sampai 14 minggu. Namun terkadang beberapa induk kucing tidak mau atau secara mendadak berhenti menyusui anak anaknya.  Tentunya hal ini bisa membahayakan nyawa anak kucing atau sebagai pertanda induk kucing  sedang mangalami masalah kesehatan. Induk kucing yang tidak mau menyusui juga natinya akan mengalami pembengkakan pada area payudaranya yang disebabkan terjadi penumpukan air susu.

Untuk cat lovers yang bingung kenapa hal ini bisa terjadi, simak selengkapnya beberapa faktor berikut alasan induk kucing tidak mau menyusui. Cekidot !

#1. Induk kucing tidak mengenali anaknya.

FB IMG 14723416879228237 - Alasan Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya
Alasan 1: Induk kucing tidak mengenali anaknya.

Hal ini biasa terjadi pada anak kucing yang terlalu sering dipegang atau disentuh oleh kita sebelum mereka dewasa. Karena kucing mengenali sesamanya dengan menandai bau, si induk akan merasa asing dan lupa dengan anaknya yang baunya sudah tercampur dengan bau kita. Cat lovers hati hati yah, minimalkan kontak dengan anak kucing. Jika memang keadaan darurat, cat lovers bisa menggunakan alas kain yang lembut atau tissue untuk memegang mereka.

#2. Induk kucing sakit.

FB IMG 14582180971776842 - Alasan Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya
Alasan: Induk kucing sakit.

Masitis merupakan salah satu contoh penyakit yang dapat menghentikan produksi susu si induk kucing sehingga si induk tak lagi mampu menyusui anak-anaknya. Kucing yang terindikasi Masitis, akan sering menjilati area payudaranya yang membengkak. Cat lovers bisa memberikan kompres hangat untuk meringankan rasa sakit induk kucing.

#3. Induk kucing kelaparan.

PhotoGrid 1440055724815 300x290 - Alasan Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya
Alasan 3: Induk kucing kelaparan.

Saat menyusui, induk kucing akan membutuhkan porsi makan yang ekstra. Karena untuk menghasilkan susu kucing, si induk akan membutuhkan makanan dengan nutrisi yang cukup. Jadi jangan kaget saat induk kucing pergi meninggalkan anaknya, kemungkinan dia sedang kelaparan dan mencari makan karena makanan yang anda berikan tidaklah cukup.

#4. Induk kucing terlalu muda.

kucing lucu princess - Alasan Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya
Alasan 4: Induk kucing terlalu muda.

Usia ideal untuk mengawinkan kucing betina adalah ketika usianya sudah mencapai 10 bulan sampai 1 tahun dan sudah menandakan masa birahi yang berat. Kucing yang dikawinkan terlalu muda biasanya rawan mengalami keguguran dan belum memiliki naluri keibuan untuk menyusui anaknya.

Baca juga:

#5. Anak kucing sakit.

anak kucing sakit - Alasan Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya
Alasan 5: Anak kucing sakit.

Selain faktor kesehatan yang dialami oleh sang induk, kasus anak kucing yang tidak menyusu lagi bisa terjadi karena si anak kucing terinfeksi viral atau bakteri yang membuat insting menyusunya tidak normal.

#6. Anak kucing memiliki masalah genetik.

lil bub - Alasan Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya
Alasan 6: Anak kucing mengalami kelainan genetik.

Ketika induk kucing merasa anaknya mengalami kelainan genetik atau masalah kesehatan yang cukup parah, maka si induk tidak mau menyusui anaknya dan membiarkannya kelaparan. Bahkan beberapa induk kucing akan membunuh anaknya saat  ia merasa harapan hidup anaknya sangatlah kecil.

Nah, demikianlah artikel alasan induk kucing tidak mau menyusui anak anaknya. Faktor lain yang menyebabkan kitten tidak mendapat air susu bisa juga disebabkan anak kucing terlalu banyak dan dia kalah bersaing dengan saudaranya yang lain atau karena anak kucing memiliki masalah pada indranya sehingga dia tidak mampu menemukan puting induknya.

Komentarmu Apa?