Di dalam telinga kucing terdapat dua lusin otot, yg digunakan untuk melakukan exorcist semacam 180 derajat berputar maju, mundur, naik, dan turun. Saat telinga kucing berputar menjelajah seperti piring radar mereka tidak hanya mendengar tetapi juga mengecek suara.

Telinga merupakan bagian penting dari bahasa tubuh kucing, dan interpretasi yg tepat bisa membantu Anda untuk memahami mood Fluffy dengan lebih baik dan dalam beberapa kasus, menghindarkan diri Anda dari cedera.

wpid 218057 186452991400967 6271340 n - Arti Bahasa Tubuh Kucing:  Telinga

Seperti yang terlihat pada gambar:

  1. Kucing yg sedang santai/biasa: telinga kucing yang akan mengarah sedikit ke samping dan ke depan
    Hal ini menunjukan rasa puas dan nyaman. Dia tidak sedang merasa takut atau agresif.
  2. Kucing yg sedang waspada dan tertarik pada sesuatu: ketika kucing Anda sedang waspada dan sesuatu telah menarik perhatiannya, telinganya akan mengarah lurus ke atas, dengan postur tubuh ke depan. Dia biasanya akan menyambut Anda dengan telinga tegak, menawarkan sapaan yang ramah.
  3. Kucing yg sedang gugup / gelisah: jika telinga kucing Anda berkedut-kedut, berarti dia gelisah dan gugup. Bisa jadi pertanda bagi anda untuk memberinya rasa aman dan pelukan hangat. Kedutan yang terus menerus bisa juga pertanda adanya masalah medis.
  4. Ketika telinga rata sejajar kepalanya dengan posisi defensive / bertahan: berarti kucing Anda sedang ketakutan dan siap menyerang. Secara naluriah dia meratakan telinganya sejajar kepala dengan posisi siap menyerang untuk melindungi telinganya dari cakar dan gigi selama perkelahian berlangsung. Telinga yang mengarah ke belakang bisa berarti antara posisi waspada dan defensive yang menandakan seekor kucing agresif yang tiba-tiba bisa saja menyerang.

Dengan memahami kapan saat seekor kucing bisa tiba-tiba saja menyerang, Anda bisa menghindarkan diri dari cedera.

Ketika telinganya ke belakang (tanda-tanda agresi), anda jangan pernah mencoba untuk menyentuh atau mengangkatnya karena Anda sedang berada dalam resiko tinggi untuk digigit atau dicakar. Anda bisa saja harus masuk rumah sakit untuk menangani cedera tersebut.

Tanda-tanda keagresifan–gerakan telinga kucing dari arah depan ke belakang menandakan adanya agresi yang meningkat. Sementara gerakan dari posisi tegak lurus menjadi mendatar penuh menandakan adanya peningkatan rasa takut, terganggu/ jengkel –peringatan bagi Anda untuk meninggalkannya sendiri.

Jika Anda mendapati telinga kucing Anda sering dalam posisi mendatar, dia bisa jadi menderita infeksi telinga atau ear mites, dan sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan.

Kucing yang sedang merasa ragu–telinga kucing juga bisa bergerak bebas terpisah satu sama lain. Saat masing-masing berada dalam posisi berbeda, berarti si kucing sedang ragu dan tidak yakin harus merespon seperti apa. Dia lebih menarik diri untuk menilai situasi terlebih dulu. Dan saat melakukannya, telinganya bergerak-gerak menafsirkan situasi dan mempertimbangkan bagaimana harus bereaksi.

Baca juga keunikan pendengaran kucing 

Komentarmu Apa?