Bahaya Kucing bagi Kesehatan Manusia

1205

Secara umum, Kucing bukanlah hewan yang berbahaya. Namun ada beberapa orang yang takut memelihara kucing dirumahnya. Ada yang beranggapan bahwa bulu kucing dapat membuat wanita menjadi mandul, ada pula yang beranggapan kucing dapat membuat penyakit asma atau gangguan pernafasan.

Sebenarnya bulu kucing dapat membuat penyakit asma hanya mitos. Kucing memiliki kutu yang sangat kecil dan sering berganti kulit, kulit itulah yang terhirup oleh manusia.

Kenyataannya, Untuk orang sehat menghirup kotoran kecil ini tidak akan mengakibatkan dampak buruk apapun. Namun, untuk orang yang sudah menderita asma, kotoran tersebut dapat menyebabkan sesak napas. Jadi bukan kucing yang menyebabkan penyakit asma pada seseorang.

Bagi kaum wanita, kucing sering dituding menyebabkan kemandulan  padahal sebenarnya semua hewan berdarah panas dapat terinfeksi dan menularkan toksoplasma kepada manusia, seperti sapi, kuda, tikus, domba, anjing, ayam, burung, babi, dan lain-lain.

O iya Toksoplasmosis adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit Toksoplasma gondii yang dapat menyerang hewan maupun manusia. Sebenarnya, penyakit ini tidak membahayakan tubuh manusia sehat dengan sistem imunitas (kekebalan tubuh) yang baik. Akan tetapi, jika mengenai ibu hamil bisa berakibat fatal karena dapat masuk lewat plasenta (ari-ari) menuju janin. Janin akan terkena dampak dari penyakit ini karena janin belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang sempurna.
Selama bulu dan liur kucing tidak mengandung penyakit kita tidak akan tertular toksoplasma atau penyakit lain dari bulu kucing.

Sebenarnya kesehatan seseorang dapat dijaga dengan menjaga kebersihan hewan yang dipelihara. Seperti memandikannya dengan baik dan benar, serta mencuci tangan dengan rutin agar terhindar dari kuman.

Kita tidak perlu khawatir jika menyukai atau memelihara kucing selama kita bisa menjaga kebersihan dan kesehatannya.

Jadi intinya, Kucing tidak pernah membahayakan kesehatan kita selama kita merawatnya dengan benar ya catlovers ^_^

Komentarmu Apa?