KucingLucuNet – Kucing mampu mendengar suara dengan frekuensi jauh di atas kemampuan pendengaran manusia. Sehingga Ia mampu lebih peka mendengar apa yang tidak didengar manusia. Seperti dilaporkan kepada International Cat Care, setelah diperdengarkan jenis suara tertentu, beberapa Kucing mengalami kejang – kejang atau epilepsi. Hal yang cukup ganjil. Dan kebanyakan peristiwa tersebut dialami oleh Kucing dewasa dengan kisaran umur di atas 15 tahun.

“Suara-suara lazim dalam hidup manusia, seperti suara orang mengetik, meremas lembaran alumunium ataupun dentingan gelas, ternyata mengundang reaksi kejang-kejang pada kucing rumahan,” seperti tertulis dalam sebuah artikel yang dikutip dari Journal of Feline Medicine and Surgery, Minggu (31/5/2015).

Mark Lowrie dan kawan-kawan dalam artikelnya dengan judul ‘Audiogenic Reflex Seizures in Cats’, menyebut kejang-kejang tersebut feline audiogenic reflex seizures (FARS).

Meski demikian, setengah dari 96 ekor kucing dalam percobaan mungkin memang sudah kehilangan pendengaran, baik sebagian maupun sepenuhnya. Selain itu, kucing jenis Birman lebih peka kepada serangan itu daripada jenis lainnya. Untungnya, levetiracetam, yaitu obat antikejang yang sudah ada sekarang, mampu mengatasi hal tersebut.

==========================

Ikuti terus perkembangan KucingLucuNet di tautan berikut:

Facebook: https://facebook.com/KucingLucuNet

Twitter: https://twitter.com/KucingLucuNet

 

Pembaca juga boleh request artikel atau sekedar mengirimkan foto kucing kesayangannya.

Komentarmu Apa?