Bahaya Obesitas pada Kucing

658

Memiliki kucing gemuk, lucu, dan menggemaskan pasti sangat menyenangkan ya catlovers. Oleh sebab itu banyak catlovers melakukan berbagai cara agar si kucing menjadi gemuk. Namun tidak semua orang berhasil menggemukkan kucing menjadi sehat, ada juga yang membuat kucingnya menjadi obesitas atau kelebihan berat badan.

Ada beberapa penyebab kucing terkena obesitas yang bisa membahayakan untuk kesehatan kucing itu sendiri, antara lain :

  1. Overfeeding ( kelebihan makanan). Banyak para catlovers yang sembarangan dalam memberikan makan. Bukannya diatur porsinya, malah memberikan makan dalam jumlah porsi yang besar.
  2. Kurang olah tubuh dan latihan. Kucing yang selalu tidur dan bermalas-malasan sangat berpotensi terkena obesitas.
  3. Metabolisme tubuh menurun. Metabolisme yang menurun dapat menyebabkan makanan yang masuk ke dalam tubuh kucing kesayangan kita tidak dapat diserap dengan sempurna. Periksakan kucing tersebut ke dokter hewan segera jika menujukkan tanda-tanda aneh pada tubuhnya.
  4. Hormon yang tidak seimbang.  Pada beberapa kasus, beberapa kucing mengalami gangguan yang tidak seimbang yang dapat menyebabkan obesitas.

Namun catlovers dapat mencegah si kucing terkena obesitas dengan cara-cara berikut ini :

  1. Timbang berat badan kucing tiap mingguan.
  2. Mengatur jadwal makan secara teratur
  3. Kurangi konsumsi karbohidrat berlebihan
  4. Pembatasan konsumsi kalori pada kucing
  5. Awasi kegiatan kucing
  6. Lakukan program penurunan berat badan dengan benar dan tidak berlebihan.

Jika catlovers ingin membuat kucing kesayangan kita sehat dan tidak terkena obesitas, perhatikan dan awasi kucing agar tidak sembarangan memakan makanan yang tidak sesuai. Meskipun kucing menjalankan program penurunan badan namun mereka harus tetap makan makanan yang sehat.

Komentarmu Apa?