Enam bulan sudah Barney tinggal bersama keluarga kami.

Kami begitu menyayanginya. Khusus untuknya, kami memberinya makanan yang bermerk biar nggak rontok bulunya. Meski untuk itu, kami harus merogoh kocek yang lumayan besar jumlahnya. Belum lagi untuk suntik vaksin plus pemberian vitamin dan shampo madi khusus.

Sigh … sungguh ribet.

Tapi aku melihat kegembiraan dan kebahagiaan di wajah emakku. Emak sepertinya kian sehat dan bugar setelah ada Barney di rumah. Sudah setahun ini emak didiagnosa menderita penyakit jantung. Aku pernah membaca di artikel online bahwa memelihara hewan di rumah adalah salah satu terapi untuk orang-orang yang menderita penyakit jantung. Sentuhan pada hewan, anjing atau kucing ternyata bisa menenangkan jiwa kita.

Jadi uang untuk pemeliharaan Barney tidak menjadi masalah. Lebih baik buat memberi makan kucing daripada buat bayar rumah sakit.

*

Malam itu aku melihat Barney berkelakuan aneh.

Dia terlihat marah. Matanya merah, tak mau di dekati dan berlaku beringas saat kami ingin memeluknya. Aku dan emak heran, apa yang membuatnya begitu. Padahal sudah kami rayu dengan memberinya makanan yang enak, mainan yang lucu bahkan menggodanya dengan joke-joke yang alay.

Dia tak bergeming.

barney masih pelit senyum.
Dia masih menunjukkan kemarahannya.
Dia masih liar dan beringas.
Dia sama sekali tak mau didekati.
Honey, please give me an explanation!

Apa salah kami padamu, sayang?

Aku menelpon Awan yang sudah biasa menangani kucing. Dan penjelasan Awan di telepon sungguh membuatku geleng-geleng kepala Semula aku menduga Barney menderita Rabies. Setahuku, hewan yang kena rabies itu pasti bertindak setengah gila, marah-marah nggak jelas, galau nggak penting dan cuek dengan sekelilingnya. Itu yang kutahu. Tapi apa jawaban Awan?

“Dia pengen kawin, JO!”

Ya Tuhan … apa ini tingkah makhluk yang kepengen kawin? Sumpah, aku baru tahu perilaku kucing jenis ini. Kalau kucing lokalku mau kawin, kan langsung minggat, nggak pulang-pulang, entah kemana. nanti pulang kalau hasrat seksualnya sudah terpenuhi.

Hhhh …

Kawin – Kawin – Kawin.

Kemana harus kucarikan jodoh untuk my lovely cat?

 

===============

Disalin sepenuhnya tanpa ada perubahan dari kiriman Uncle Jojo

Komentarmu Apa?