Cara Membuat Kucing Muntah dengan Aman dan Efektif

Pengetahuan Tentang Kucing dan Cara Membantu Kucing Untuk Muntah

Gambar Kucing Lucu

Kucing, Si Pemikat yang Lucu

Kucing adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang sangat diminati di seluruh dunia. Mereka memiliki keanggunan dan kemandirian yang membuat mereka menjadi teman yang menyenangkan bagi banyak orang. Memiliki kucing juga membawa manfaat baik, baik itu dari segi kesehatan maupun emosional bagi pemiliknya.

Alasan Mengapa Kucing Terkadang Mengalami Muntah

Muntah pada kucing adalah hal yang wajar dan sering terjadi. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan kucing muntah, seperti makan dengan terlalu cepat, mengkonsumsi makanan yang tidak cocok, stres, atau masalah kesehatan tertentu. Muntah pada kucing sebenarnya dapat menjadi indikator adanya masalah tertentu pada kucing tersebut.

Cara Aman Membantu Kucing Ketika Mengalami Muntah

Bagi pemilik kucing, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi masalah muntah pada kucing. Pertama, pastikan bahwa kucing memiliki akses ke air bersih dan segar setiap saat. Apabila kucing cenderung makan dengan cepat, pemberian makanan dalam porsi kecil dan sering dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya muntah. Jika perlu, pertimbangkan untuk mengubah jenis makanan kucing dengan yang lebih cocok untuk kebutuhan kucing Anda. Namun, bila masalah muntah terus berlanjut atau disertai dengan gejala lain yang mengkhawatirkan, segera konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Agar kucing Anda tetap sehat dan bahagia, penting untuk memahami tentang kucing dan bagaimana menghadapi masalah muntah pada hewan peliharaan tersebut. Selalu perhatikan perilaku kucing Anda dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter hewan jika ada kekhawatiran atau masalah kesehatan yang timbul.

Sejarah dan Fakta Menarik tentang Kucing serta Tips Membantu Kucing Muntah

Gambar Kucing

Kucing, baik yang menjadi sahabat setia di rumah maupun yang berkeliaran di alam liar, telah lama menjadi makhluk yang menarik dan memiliki hubungan yang erat dengan manusia. Sejarah kucing dimulai ribuan tahun yang lalu di era Mesir kuno. Ketika itu, kucing dipuja hampir sebagai dewa dan dianggap menjadi hewan yang penuh dengan kecerdasan dan misteri. Pada masa itu, orang Mesir percaya bahwa kucing memiliki kekuatan magis yang dapat membawa keberuntungan.

Also read:
Cara Membuat Kucing Betina Birahi: Panduan Lengkap!
Cara Membuat Dot Kucing dengan Mudah di Rumah

Terkadang kita sebagai pemilik kucing perlu tahu juga cara membantu kucing muntah. Ada banyak faktor yang bisa membuat kita ingin membuat kucing muntah, seperti ketika kucing kita menyantap sesuatu yang berbahaya atau terjadi keracunan makanan. Namun, sangat penting untuk berbicara terlebih dahulu dengan dokter hewan sebelum mengambil tindakan apa pun. Dokter hewan akan memberikan arahan yang tepat dan memberi tahu apakah perlu atau tidak membuat kucing kita muntah.

Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk membangkitkan muntah pada kucing. Salah satunya adalah memberikan larutan garam pada kucing. Teknik ini biasanya digunakan ketika kucing telah menelan benda asing yang berpotensi berbahaya. Garam akan merangsang perut kucing sehingga bisa memancing kucing untuk muntah dan mengeluarkan benda yang tidak seharusnya ada di dalam tubuhnya. Namun, perlu diingat bahwa metode ini hanya boleh dilakukan berdasarkan saran dari dokter hewan yang profesional dan harus diberikan dalam dosis yang tepat agar tidak membahayakan kesehatan kucing kesayangan kita.

Sejarah yang panjang dan menarik mengiringi kehidupan kucing, menjadikannya hewan peliharaan yang unik dan menawan. Meskipun membuat kucing kita muntah bukanlah hal yang biasa dilakukan, namun keselamatan dan kesehatan kucing tetap menjadi prioritas utama. Sebagai pemilik yang bertanggung jawab, penting untuk berkonsultasi dengan dokter hewan tentang segala tindakan yang berkaitan dengan kesehatan kucing kita, untuk memastikan bahwa langkah yang kita ambil benar dan aman bagi mereka.

Ras Kucing yang Terkenal & Cara Membuat Kucing Menguarkan

Ras Kucing yang Terkenal cara membuat kucing muntah

Kucing Menguarkan

Apakah Anda punya kucing peliharaan yang kerap kali muntah? Jangan khawatir, muntah pada kucing adalah masalah yang umum dan biasanya tidak terlalu serius. Namun, jika gejala itu terus berlangsung atau sering terjadi, sangat penting untuk memperhatikan penyebabnya. Ada beberapa ras kucing yang populer dan cenderung lebih rentan mengalami kucing yang menguarkan.

Ras Kucing yang Terkenal

Ini adalah beberapa ras kucing yang terkenal dan mungkin lebih rentan terhadap masalah kucing yang menguarkan:

1. Persia: Kucing dengan bulu panjang ini cenderung mengalami masalah pencernaan yang mengakibatkan kucing yang menguarkan.

2. Siam: Kucing Siam terkenal sebagai ras yang sensitif dan rentan alergi makanan, yang bisa menyebabkan kucing yang menguarkan.

3. Maine Coon: Kucing ini memiliki perut yang sensitif dan mudah mengalami kucing yang menguarkan jika makanan atau diet tidak tepat.

Cara Membuat Kucing Menguarkan

Jika kucing Anda terus-menerus menguarkan dan Anda khawatir, ada beberapa langkah yang bisa Anda coba:

1. Pertahankan pola makan yang sehat: Pastikan kucing Anda mendapatkan makanan yang sehat dan sesuai untuk rasnya. Hindari memberikan makanan manusia yang berpotensi berbahaya bagi kucing.

2. Atasi kecepatan makan: Berikan makanan dalam porsi kecil dengan frekuensi makan yang lebih sering daripada memberikan makanan berlebihan dalam satu waktu.

3. Amati perubahan dalam kebiasaan makan: Jika kucing Anda menunjukkan penurunan nafsu makan atau perubahan pola makan, segera kunjungi dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

4. Segera konsultasikan ke dokter hewan: Jika kucing Anda terus menguarkan dalam jangka waktu lama atau disertai dengan gejala lain seperti diare, kehilangan nafsu makan, atau kelemahan, segera bawa kucing Anda ke dokter hewan untuk pemeriksaan dan perawatan medis yang tepat.

Jadi, meskipun menguarkan pada kucing adalah hal yang umum, sangat penting untuk mengetahui ras kucing yang lebih rentan mengalami masalah tersebut serta mengenali tanda-tanda ketika kasusnya tidak normal. Dengan menjaga pola makan dan memberikan perhatian kesehatan yang baik, Anda dapat membantu kucing Anda hidup lebih sehat dan bahagia.

Karakteristik Fisik Kucing

Seekor kucing memiliki atribut fisik yang unik dan menarik. Mulai dari ukuran tubuh yang kecil hingga bentuk wajah yang menggemaskan, kucing menjadi hewan peliharaan yang paling diminati. Karakteristik fisik kucing yang istimewa meliputi telinga yang tajam, mata yang menawan, serta cakar yang berfungsi untuk melindungi dirinya.

Salah satu cara umum yang sering dilakukan oleh pemilik kucing adalah membuat kucing muntah apabila mereka mengalami masalah pencernaan. Beberapa langkah yang dapat diambil, misalnya memberikan rumput kucing, merangsang muntah melalui konsumsi makanan tinggi serat, atau menggunakan peralatan khusus yang tersedia di pet shop.

Namun demikian, perlu diingat bahwa membuat kucing muntah harus dilakukan dengan hati-hati dan hanya saat dibutuhkan saja. Jika kucing muntah secara berlebihan atau menunjukkan gejala yang tidak biasa, sebaiknya segera menghubungi dokter hewan untuk mendapatkan saran yang sesuai.

Dalam mengurus kucing peliharaan, sangat penting untuk memahami karakteristik fisik mereka dan tahu cara merawat mereka dengan benar. Dengan memberikan perhatian yang memadai kepada kucing kesayangan Anda, Anda dapat memastikan bahwa mereka tetap sehat, bahagia, dan merasa nyaman di lingkungan mereka. Jaga kebersihan kucing, berikan makanan yang bernutrisi, dan pastikan mereka mendapatkan perawatan medis yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mereka dengan baik.

Dalam membangun hubungan yang baik dengan kucing Anda, penting untuk memahami dan menghormati atribut fisik serta kebutuhan mereka. Dengan memberikan perawatan yang tepat dan kasih sayang yang tulus, Anda dapat memastikan bahwa mereka tetap bahagia dan sehat sepanjang hidup mereka yang penuh kebahagiaan.

Perilaku Kucing cara membuat kucing muntah

Perilaku Kucing: Tips Mengatasi Muntah pada Kucing

Mungkin Anda pernah melihat kucing mengalami muntah. Kucing memiliki kebiasaan tertentu yang bisa menyebabkan mereka muntah. Sebagai pemilik kucing, perlu diingat bahwa ada banyak faktor yang perlu diperhatikan terkait kesehatan dan perilaku kucing Anda.

Salah satu cara kucing membuat dirinya muntah adalah dengan menjilati bulu mereka terlalu sering. Fenomena ini biasanya muncul ketika kucing merasa cemas atau tertekan. Menjilat bulu secara berlebihan dapat membuat kucing menelan banyak rambut, yang nantinya akan terkumpul di dalam perut mereka. Muntah adalah cara alami tubuh kucing untuk mengeluarkan rambut yang tidak bisa dicerna.

Permasalahan pencernaan juga bisa menjadi pemicu perilaku muntah pada kucing. Kucing yang makan terlalu cepat atau mengkonsumsi makanan yang tidak cocok bagi mereka berisiko lebih tinggi untuk mengalami muntah. Selain itu, penggunaan obat-obatan tertentu atau adanya masalah pada ginjal juga dapat menyebabkan kucing mengalami muntah.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mengatasi masalah muntah pada kucing:

  1. Merawat bulu kucing dengan rutin melalui menyisirnya. Ini akan membantu mengurangi jumlah rambut yang tertelan oleh kucing saat menjilati bulunya.
  2. Sesuaikan makanan kucing dengan jenis yang sesuai dan hindari makanan yang bisa memicu alergi atau gangguan pencernaan pada mereka.
  3. Beri makan kucing secara teratur dan dalam porsi kecil. Hindari memberikan makanan terlalu banyak sehingga kucing tidak makan terlalu cepat dan berisiko muntah.
  4. Jika kucing Anda terus muntah secara rutin atau menunjukkan gejala lain yang mengkhawatirkan, penting untuk segera membawa mereka ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Mempertahankan perilaku dan kesehatan yang baik pada kucing adalah tanggung jawab kita sebagai pemilik. Tindakan pencegahan dan memberikan perhatian ekstra pada kucing dapat membantu mengurangi risiko muntah yang tak diinginkan

Makanan yang Cocok untuk Kucing agar Tidak Muntah

makanan kucing

Penting bagi pemilik kucing untuk memilih makanan yang tepat agar kucing tetap sehat dan terhindar dari muntah. Membuat kucing muntah bisa disebabkan oleh makanan yang tidak cocok dengan sistem pencernaan mereka. Beberapa jenis makanan tertentu, seperti susu sapi, keju, dan makanan berlemak tinggi dapat menyebabkan kucing muntah.

Untuk menjaga kesehatan kucing, pilihlah makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh mereka. Makanan kucing yang sehat biasanya mengandung protein berkualitas tinggi, lemak sehat, serat, serta vitamin dan mineral penting untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Contohnya, makanan kering berbahan dasar daging ayam atau ikan segar dapat menjadi pilihan yang baik. Makanan kaleng yang mengandung daging dalam saus alami juga bisa menjadi variasi pada menu makanan kucing. Pastikan untuk memilih makanan yang dirancang khusus untuk kucing dan telah melalui uji klinis untuk memastikan nutrisi yang tepat bagi kucing Anda.

Jangan pernah memberikan makanan manusia yang tidak cocok dengan sistem pencernaan kucing. Pemberian makanan yang tidak tepat dapat berdampak buruk pada kesehatan kucing dan menyebabkan masalah pencernaan seperti muntah. Oleh karena itu, hindarilah memberikan makanan yang tidak sesuai dan pilihlah makanan yang tepat demi kesehatan dan kesejahteraan kucing kesayangan Anda.

Pentingnya Mengasuh Kucing dengan Baik: Cara Menyebabkan Muntah pada Kucing

Kucing muntah

Merawat kucing peliharaan dengan baik sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka. Salah satu aspek yang tidak boleh diabaikan dalam pengasuhan kucing adalah menjaga sistem pencernaan mereka tetap sehat. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah menginduksi muntah pada kucing dengan sengaja.

Mungkin terdengar sedikit aneh bahwa kita sengaja membuat kucing muntah, tetapi kita perlu memahami bahwa dengan muntah, kucing dapat membantu mengeluarkan benda asing, bola bulu, atau makanan yang tidak dapat dicerna dengan baik. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk membantu kucing kita dalam mengalami muntah:

1. Menggunakan Rumput Kucing

Rumput kucing adalah jenis tanaman yang dapat dimakan oleh kucing dan membantu merangsang muntah. Kucing secara naluriah akan mencari rumput atau gulma untuk memperlancar sistem pencernaan mereka. Oleh karena itu, kita bisa memberikan rumput khusus untuk kucing atau menanam rumput kucing di dalam pot di rumah.

2. Merawat Bulu dengan Baik

Kucing secara rutin menjilati bulunya sendiri, dan seringkali mereka akan menelan bola bulu saat menjaga kebersihan diri. Untuk memfasilitasi muntah dan membantu mengeluarkan bola bulu yang tertelan, kita bisa memberikan makanan khusus yang dapat membantu mengatasi masalah bola bulu ini, atau menggunakan pasta penghilang bola bulu yang diberikan sesuai petunjuk dokter hewan.

3. Pemilihan Makanan yang Tepat

Kualitas makanan adalah salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan pencernaan kucing. Pastikan kita memberikan makanan yang sesuai dan berkualitas untuk kucing peliharaan kita agar mereka dapat mencerna makanan dengan baik. Jika kucing mengalami masalah pencernaan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mendapatkan saran lebih lanjut mengenai jenis makanan yang cocok.

Untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan kita, kita perlu memahami bahwa pengetahuan dan perhatian terhadap kebutuhan individu kucing sangatlah penting. Menginduksi muntah pada kucing dalam situasi tertentu dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan mereka. Tetapi, selalu pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan sebelum melakukan langkah-langkah ini agar dapat memberikan penanganan yang sesuai dengan keadaan kucing tersebut.

Kucing Sebagai Hewan Piaraan yang Menarik

Kucing Sebagai Hewan Peliharaan yang Menarik

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak diminati oleh banyak orang. Mereka merupakan makhluk yang lincah, menggemaskan, dan membawa kebahagiaan di setiap rumah. Namun, tidak jarang kucing juga mengalami masalah kesehatan, salah satunya adalah muntah.

Ada beberapa alasan yang bisa menjadi penyebab kucing Anda muntah. Salah satu faktornya adalah makanan yang tidak cocok dengan sistem pencernaannya. Jika kucing Anda makan terlalu cepat atau mengonsumsi makanan yang tidak biasa bagi mereka, hal ini dapat menyebabkan terjadinya muntah. Untuk mengatasi hal tersebut, sangat penting untuk memberikan porsi makan yang tepat secara teratur serta memilih jenis makanan yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan kucing Anda.

Stres juga dapat menjadi faktor penyebab muntah pada kucing. Kucing yang mengalami tingkat stres yang tinggi, misalnya karena perubahan lingkungan atau kehadiran hewan peliharaan lain yang membuatnya tidak nyaman, seringkali merasakan mual dan muntah. Untuk mengurangi stres pada kucing, berikan mereka tempat yang aman dan nyaman untuk beristirahat, serta upayakan untuk mempertahankan rutinitas yang konsisten dalam kehidupan sehari-hari.

Jika kucing terus muntah atau menunjukkan gejala lain seperti diare atau kehilangan nafsu makan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter hewan. Dokter hewan akan memberikan diagnosis yang tepat dan perawatan yang diperlukan demi menjaga kesehatan dan kebahagiaan kucing kesayangan Anda.

Perawatan Kesehatan Kucing: Langkah Menangani Muntah pada Kucing

Gambar kucing yang muntah

Pengenalan

Kucing adalah hewan penuh pesona yang kerap menjadi teman setia kita di rumah. Namun, seperti manusia, mereka juga bisa mengalami masalah kesehatan. Salah satu masalah umum yang dapat terjadi pada kucing adalah gangguan pencernaan. Jika kucing mengalami mual dan tidak mampu membuang isi perutnya yang mengganggu, penting bagi kita untuk mengetahui cara yang aman dan tepat untuk membantu kucing muntah.

Cara Merawat Kucing yang Muntah

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk membantu kucing agar dapat muntah dengan mudah. Pertama-tama, pastikan bahwa kucing berada dalam keadaan nyaman dan aman. Ciptakan suasana yang tenang di sekitar mereka dan pastikan tidak ada gangguan yang dapat membuatnya stres. Kemudian, perhatikan makanan yang mereka konsumsi. Anda bisa memberikan makanan yang tinggi serat atau bahkan memberikan rumput khusus bagi kucing yang dapat merangsang muntah.

Tidak hanya itu, lakukan juga pijatan lembut pada perut kucing. Caranya adalah dengan mengelus perut kucing dengan lembut dan secara perlahan dengan gerakan memutar searah jarum jam. Hal ini dapat merangsang refleks muntah. Apabila melakukan pijatan ini, pastikan Anda melakukannya dengan hati-hati agar kucing tidak terluka.

Pencegahan dan Perhatian Khusus

Meskipun langkah-langkah di atas bisa membantu kucing untuk muntah, ingatlah bahwa hal ini hanya bersifat sementara. Apabila kucing terus saja mengalami masalah pencernaan atau muntah, segera hubungi dokter hewan untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan perawatan yang tepat. Mengingat bahwa kucing yang sering muntah dapat mengalami dehidrasi atau masalah kesehatan serius lainnya, penting untuk kita segera melakukan langkah yang tepat.

Membantu kucing untuk muntah adalah langkah yang penting untuk menjaga kesehatan mereka. Namun, perlu diingat bahwa ini hanya menjadi solusi sementara dan tidak menggantikan perawatan medis yang memadai apabila kucing terus mengalami masalah ini. Jaga kesehatan kucing Anda dengan memberikan makanan seimbang dan berkonsultasilah dengan dokter hewan jika Anda memiliki kekhawatiran mengenai kesehatan mereka.

Trik Mendidik Kucing agar Membuat Kucing Mulas

Ilustrasi kucing yang sedang muntah

Muntah pada kucing merupakan hal yang umum terjadi. Namun, terdapat beberapa alasan mengapa pemilik kucing ingin melatih kucing agar bisa muntah, misalnya untuk mengeluarkan rambut yang tertelan atau mengatasi masalah pencernaan. Berikut adalah beberapa teknik yang dapat digunakan untuk melatih kucing agar bisa muntah.

1. Memberikan Obat Pemuntah

Pertama-tama, Anda dapat mencoba memberikan obat pemuntah atau drup yang direkomendasikan oleh dokter hewan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang disarankan oleh dokter, serta perhatikan dosis yang diberikan.

2. Memberikan Makanan yang Membuat Mulas

Alternatif lainnya adalah memberikan makanan khusus yang bisa membuat kucing muntah. Misalnya, Anda bisa mencampurkan rumput kucing atau tumbuhan yang memiliki efek muntah, seperti daun selada, dengan makanan kucing biasa. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan untuk memastikan tumbuhan yang aman bagi kucing.

3. Merangsang Refleks Muntah

Jika kucing Anda tidak merespons obat pemuntah atau makanan muntah, Anda bisa mencoba merangsang refleks muntah secara manual. Caranya adalah dengan menggunakan jari atau bola kapas yang dibasahi dengan cairan hangat, lalu merangsang daerah tenggorokan kucing. Namun, perlu diingat bahwa teknik ini harus dilakukan dengan hati-hati dan dalam kondisi yang steril untuk menghindari cedera atau infeksi.

Ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter hewan sebelum melatih kucing agar bisa muntah. Dokter hewan akan memberikan panduan terbaik berdasarkan kondisi kesehatan dan kebutuhan kucing Anda. Demikianlah beberapa teknik sederhana yang dapat Anda coba untuk melatih kucing agar dapat membuat kucing muntah.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan tentang Cara Membuat Kucing Muntah

Pertanyaan yang Sering Diajukan cara membuat kucing muntah

Bagi pemilik kucing, melihat hewan peliharaan mereka muntah dapat menjadi suatu kekhawatiran yang serius. Muntah pada kucing bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti gangguan pencernaan, pola makan yang tidak tepat, atau kecepatan makan yang berlebihan. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai cara mengatasi muntah pada kucing:

1. Apa yang harus dilakukan jika kucing sering mengalami muntah?

Jika kucing Anda sering mengalami muntah, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil. Pertama, pastikan kucing memiliki akses yang memadai ke air bersih dan makanan berkualitas. Selain itu, perhatikan makanan mana yang menyebabkan reaksi negatif pada kucing Anda. Jika masalah terus berlanjut, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan agar mendapatkan diagnosis yang akurat dan perawatan yang sesuai untuk kucing Anda.

2. Apakah muntah pada kucing merupakan tanda penyakit serius?

Tidak selalu demikian. Terkadang, muntah pada kucing hanya merupakan reaksi normal tubuh terhadap gangguan saluran pencernaan atau makanan yang tidak cocok. Namun, muntah juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang serius, seperti infeksi, gangguan ginjal, atau masalah hati. Jika kucing Anda muntah secara rutin atau jika muntahnya disertai dengan gejala lain seperti diare atau kehilangan nafsu makan, penting untuk membawa kucing ke dokter hewan untuk evaluasi lebih lanjut.

3. Apakah diperbolehkan memberikan obat kepada kucing untuk mengatasi muntah?

Tidak disarankan memberikan obat manusia kepada kucing tanpa rekomendasi dokter hewan. Beberapa obat manusia bahkan dapat membahayakan kucing. Jika kucing sering mengalami muntah, sebaiknya Anda tidak memberikan obat sebelum berkonsultasi dengan dokter hewan. Dokter hewan akan melakukan pemeriksaan menyeluruh dan memberikan rekomendasi pengobatan yang aman dan efektif sesuai dengan kondisi kucing Anda.

Memahami penyebab muntah pada kucing dan cara mengatasinya akan membantu menjaga kesehatan dan kenyamanan hewan peliharaan Anda. Jika Anda memiliki kekhawatiran atau pertanyaan lebih lanjut, lebih baik untuk meminta saran dari dokter hewan yang berpengalaman.

Cara Membuat Kucing Muntah

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements