Fobia merupakan suatu bentuk rasa takut yang kuat, terus – menerus tanpa atau  ada alasan yang rasional yang disebabkan oleh stimulus objek  tertentu. Salah satu contoh fobia yaitu Ailurophobia atau disebut juga fobia Kucing. Fobia satu ini cukup merepotkan karena kebanyakan orang beranggapan Kucing adalah binatang lucu. Dan seperti yang kita tahu, kucing bukanlah hewan langka. Situasi seperti ini adalah keadaan yang tidak menguntungkan dan sulit bagi mereka yang fobia terhadap kucing.

Tentu hal tersebut sangat mengganggu, karena rasa takut membatasi seseorang dalam bertindak dan beraktifitas, terlebih untuk kasus fobia ekstrim.

Banyak alasan mengapa seseorang bisa mengalami Ailurophobia. Bisa karena faktor trauma masa kecil, pernah digigit, atau pernah mengalami hal-hal menakutkan yang berhubungan dengan Kucing. Rasa takut yang begitu membekas, menumpuk, dan menjadi fobia.

Sama seperti jenis fobia lainnya, untuk fobia kucing cara menghilangkan rasa takut terhadap hewan satu ini butuh pengobatan secara teratur dan terus sampai fobia tersebut hilang. Orang yang mengalami fobia kucing, cenderung merasa kaku jika kucing ada di depan mereka dan begitu fokus memperhatikan setiap gerakan yang dilakukan oleh hewan ini, meskipun kucing tersebut hanya berjalan, duduk santai dan diam, namun bagi mereka yang takut akan kucing, perasaan tidak aman, secepatnya menghindar, dan keadaan ini bukanlah situasi yang santai, kepanikan akan segera datang menyerang pikiran mereka.

wpid 201507092007421 - Cara Mengatasi Ailurophobia, Penyakit Fobia Kucing

Berikut adalah langkah-langkah untuk yang mengatasi Ailurophobia atau ketakutan serius terhadap kucing :

  1. Gambarkan seekor Kucing pada selembar kertas. Apakah anda sudah merasakan penurunan intensitas rasa takut? Perhatikan perasaan anda.
  2. Lihat foto/ gambar Kucing bentuk hitam putih. Bisa dengan searching di google untuk contoh foto-foto kucing, apakah Anda merasakan nyaman nyaman saja ketika melihat foto hitam putih tersebut? jika nyaman dan merasakan tidak takut yang berlebih lagi, Anda bisa melewati langkah yang ke tiga dan langsung menuju langkah yang ke empat.
  3. Melihat foto kucing dalam tampilan foto berwarna. Apa yang anda rasakan? Nyamankan dengan foto tersebut?  jika anda merasakan perasaan yang baik saat melihat foto kucing dalam tampilan berwarna, selanjutnya Anda beralih melakukan langkah berikutnya.
  4. Menonton video/ gambar bergerak tentang Kucing yang menunjukan tingkah laku mereka. Anda melihat secara bertahap. Rasakan perasaan anda setelah melihat video itu,apakah anda merasakan intensitas rasa takut yang menurun? Yakinkan diri anda bahwa Kucing dalam hal ini tidak membahayakan.
  5. Lihat dan amati Kucing asli. Bisa dimulai melihat dari dalam jendela.  cara ini memastikan pikiran anda untuk tetap aman di balik jendela kaca.
  6. Ulangi langkah di atas sampai Anda merasakan fobia tersebut perlahan menghilang.
  7. Bila anda sudah yakin tidak takut, uji perasaan anda langsung. Apakah fobia tersebut sudah hilang? Caranya dengan melihat Kucing secara langsung. Jika anda merasa nyaman, anda bisa terus mendekat secara perlahan terus dan terus.

Ulangi langkah-langkah di atas sampai merasakan perubahan dan sepenuhnya bebas dari fobia Kucing.

Komentarmu Apa?