Cara mengatasi kucing yang terkilir

1221

Berlari, bermain pasti menyenangkan bagi kucing. Namun jika terkilir kakinya. Dia pasti akan susah melakukan kegiatan yang disukai.

radamenes - Cara mengatasi kucing yang terkilir
Cara mengatasi kaki kucing yang terkilir.

Kucinglucu.net – Kucing adalah hewan yang lincah dan cepat apalagi dalam berlari. Berjalan, berlari, bermain pasti menyenangkan untuk kucing.  Namun apa jadinya jika si empus yang kita sayangi terkilir kakinya. Dia pasti akan susah melakukan kegiatan yang disukai.

(Baca juga ; Welia Iyah : Wanita Pemelihara 500 Ekor Kucing Asal Amuntai ).

Si empus yang terkilir pasti juga merasakan sakit dan sedih karena hal tersebut. Ingatlah aktivitas terakhir yang kucing lakukan, apakah berkelahi, terinjak atau jatuh dari ketinggian. Bisa jadi hal tersebut menyebabkan terkilir bahkan patah tulang.

Ada 4 jenis patah tulang pada kucing, antara lain :

1. Closed Fractures

Patah tulang yang tidak menyebabkan robeknya kulit/ luka/ kulit terbuka

2. Greenstick Fractures

Trauma pada tulang yang mungkin lebih ringan, karena yang terjadi hanya retakan pada tulang (tidak 100% patah)

3. Compound Fractures

Patah tulang yang mengakibatkan perlukaan pada kulit karena patahan menonjol keluar. Lebih beresiko karena bisa mengakibatkan infeksi karena kontaminasi benda-benda asing

4. Epiphyseal Fractures

Lebih sering terjadi pada empus karena dalam masa pertumbuhan dan tulangnya masih “lunak”.

Setelah mengetahui penyebab dari terkilir tersebut, segeralah tangani dan jangan khawatir yang berlebihan, catlovers bisa mengatasi masalah yang terjadi pada si empus dengan cara-cara ini:

  1. Tetap tenang dan berikan asupan makan dan minum yang cukup agar tidak memperburuk kesehatan si empus. Pastikan makanan yang berprotein tinggi seperti daging.
  2. Jika ada luka terbuka, maka bersihkan luka dengan sangat hati-hati dengan menggunakan air bersih (bukan antiseptik).
  3. Jika ingin mencoba obat alami, catlovers dapat memarut jahe dan sereh, balurkan pada bagian yang keseleo dan bungkus dengan kain.

Namun jika catlovers khawatir dan empus memang sangat parah, ada baiknya membawanya ke dokter hewan agar dapat diatasi dengan baik.

Share tulisan ini ya ^_^

Komentarmu Apa?