8 Cara Mudah Memotret Kucing Agar Mendapatkan Hasil yang Sempurna

516

Memotret kucing tidaklah semudah yang kita duga. Butuh kesabaran tinggi untuk mengabadikan setiap moment dengan hasil yang sempurna.

o1 - 8 Cara Mudah Memotret Kucing Agar Mendapatkan Hasil yang Sempurna
cara memotret kucing dengan hasil yang menarik

Saat memotret kucing, entah itu untuk koleksi kesenangan pribadi atau untuk diunggah di social media seperti instagram & facebook kita pasti menginginkan hasil yang memuaskan. Sayangnya, seringkali hasil yang didapatkan sangat biasa dan mengecewakan. Dari si kucing yang bergerak terus menerus sehingga membuat gambar yang didapat blur, kualitas gambar yang jelek dan permasalahan lain yang umumnya dialami oleh photografer amatiran.

Kali ini kucinglucu.net berbagi informasi tentang bagaimana cara mudah mengambil photo kucing dengan mudah tetapi dengan mendapatkan hasil layaknya photografer profesional. Tidak harus menggunakan kamera DSLR, dengan smartphone pun bisa menghasilkan gambar yang berkualitas. Berikut beberapa cara yang dikutip dari moderncat magazine dan beberapa sumber lain.
1. Atur pencahayaan.

o2 - 8 Cara Mudah Memotret Kucing Agar Mendapatkan Hasil yang Sempurna
Tips 1: atur pencahayaan

Hal yang paling pertama dan utama adalah pencahayaan. Cahaya yang alami selalu lebih penting bila  dibandingkan dengan lokasi tempat pengambilan . Jika tempatnya bagus dan cerah, cukup gunakan pencahayaan indoor tersebut.

Jangan gunakan flash light karena kebanyakan kucing akan kaget dan lari saat diphoto. Jika penggunaan flash memang memerlukan, atur agar flash tidak mengarah langsung ke arah wajah si kucing. Atur ISO menjadi lebih tinggi agar hasil yang didapatkan lebih terang.
2. Berikan apa yang si Kucing suka.

o3 - 8 Cara Mudah Memotret Kucing Agar Mendapatkan Hasil yang Sempurna
Tips 3: Berikan apa yang kucing anda suka

Membawa permainan dan makanan yang disukai kucing akan memotivasi dirinya saat diphoto sehingga kucing akan menunjukan sisi manisnya. Selain itu hasil yang didapat juga akan terlihat natural.

Selalu hargai perilaku positive yang dilakukannya seperti duduk diam atau melihat ke arah lensa dengan memberi sepotong makanan. Perllu diingat, pemberian makan jangan sampai membuat si mpus kekenyangan loh yah, karena kenyang dapat membuat si kucing menjadi malas gerak dan memilih ambil posisi tiduran dan malas-malasan.

Selain makanan dan mainan, aunty uncle juga bisa memberi respon elusan. hal ini akan membuat kucing merasa nyaman saat pengambilan gambar.
3. Tempat pengambilan gambar.

tips 9 - 8 Cara Mudah Memotret Kucing Agar Mendapatkan Hasil yang Sempurna
Tips 3: Perhatikan Background tempat pengambilan gambar

Background yang berantakan, dapat mempengaruhi hasil gambar yang didapat. Gunakan back ground dengan warna solid dan tambahkan peralatan tambahan lain seperti bantal warna warni atau karangan bunga agar tempat terlihat stylish. Anda juga bisa menggunakan daya imaginasi sendiri dengan menambahkan dekorasi-dekorasi lain seperti selimut, bola, atau boneka.

Pengambilan gambar juga sebaiknya dilakukan di tempat yang berkesan dan disukai kucing seperti jendela, hal ini akan memberi makna yang mendalam untuk si kucing dan untuk kita.
4. Up Close dan personal.

bengal - 8 Cara Mudah Memotret Kucing Agar Mendapatkan Hasil yang Sempurna
Tips 4: Photo kucing secara up close

Pengambilan gambar secara up close akan mendapat hasil yang mendetail. Anda bisa memphoto detail telinga, bantalan kaki atau bulu-bulunya. Ikuti juga arah tatapan mata si kucing, Karena struktur mata kucing adalah hal yang indah. Dijamin hasil yang didapat akan terlihat keren !.

5. Buatlah kebisingan kecil.

o4 - 8 Cara Mudah Memotret Kucing Agar Mendapatkan Hasil yang Sempurna
Tips 5: Buatlah suara-suara yang dapat menarik perhatian si kucing

Suara lonceng atau kresek – kresek plastik akan menarik perhatian si kucing. Hal itu akan membuat ia tertarik dan mendapat hasil yang memuaskan dengan tampang yang ceria seperti kepalanya saaat dimiringkan. Jangan membuat suara terlalu bising karena dapat membuat ia terganggu dan tidak nyaman. Anda bisa juga dengan mengeong agar si kucing tertarik. Begitu ia memperhatikan segera ambil gambar, cepat!
6. Ubah sudut pandang.

tips 6 - 8 Cara Mudah Memotret Kucing Agar Mendapatkan Hasil yang Sempurna
Tips 6: Ubah angle pengambilan gambar.

Sudut pandang yang berbeda akan memberi hasil yang berbeda pula. Contohnya cat lovers bisa meletakan si kucing di atas kursi dan mengambil gambarnya dari bawah atau dari atas. Jikalau anda melakukan pengambilan gambar dari pandangan dunia mereka, maka hasil yang didapat akan menceritakan si kucing dari perspektif yang berbeda secara menarik dan kreatif.
7. Gunakan fokus manual.

Tips 7 - 8 Cara Mudah Memotret Kucing Agar Mendapatkan Hasil yang Sempurna
Tips 7: Atur fokus secara manual

Penggunaan auto fokus memang dapat memfokuskan kamera pada sebuah titik, tapi dengan menggunakan auto fokus titik-titik tersebut akan kurang sempurna. Ini yang sering dilupakan. Padahal mengatur fokus secara manual dapat menghasilkan gambar yang lebih sempurna.

8. Pilih waktu yang tepat.

Tips 8 - 8 Cara Mudah Memotret Kucing Agar Mendapatkan Hasil yang Sempurna
Tips 8: pilih waktu yang tepat

Cat lovers tidak harus terpaku pada satu moment yang diinginkan. Terkadang anda harus menunggu sampai mereka dalam keadaan mood bermain. Dan jangan jaim yah saat pengambilan gambar! karena semakin anda merebah dan merangkak maka peluang pengambilan gambar dari berbagai sudut si meong akan semakin besar.

Nah, demikian tips-tips untuk memotret dan mengabadikan gambar si meong dengan sempurna. Cat lovers bisa meninggalkan komentar bila cara diatas masih kurang jelas. Kami akan dengan senang hati membantu. Atau bisa juga mengirimkan hasil photo si meong ke fanspage kucing lucu, nantinya akan kami tampilkan dalam galeri kiriman teman-teman dari berbagai daerah.

Komentarmu Apa?