Catnip, Tumbuhan yang Sangat disukai Kucing

732

Hi cat lovers. Butuh hiburan karena lagi bosen, galau, suntuk atau depresi? Si meow bisa jadi salah satu solusinya. Alami dan tanpa efek samping loooh ? Hanya dengan melihat keatraktifan si meow kita dapat mengalihkan fokus kita dan tertawa tanpa beban, Hahaha… (Ups.)

Masalahnya tidak semua dan tidak selalu si meow ini atraktif dan enerjik, ya ga? Nah untuk ini kamu bisa memberikan si meow akar dari tumbuhan semak yang sering kali muncul liar disekitar rumahmu. Nama ilmiah dari tumbuhan ini adalah Acalypha Australis atau lebih dikenal nengan nama anting-antingan, akar kucing, tie xian, lelatang, dll.

Baca juga: Walaupun karnivora, kucing tetap harus makan rumput

Acalypha Australis ini termasuk ke dalam catnip atau lebih dikenal dengan heroin untuk kucing (terdengar menakutkan ya..?) tapi catnip ini tidak beracun dan tidak membahayakan kucingmu. Bahkan bagi manusia tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat dari diare berdarah, karena mengandung Astringen yang dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan (Hemostatik). Selain itu tumbuhan ini juga mengandung asam karbonat yang dapat memberikan efek antidiabetik, antioksidan, anti aging, glucoronidase inhibitor. kandungan Tanin dapat memberikan efek xamthin oxidase inhibitor, dan antioksidan. Zat kaemperol berfungsi sebagai lipoxygenase inhibitor.

Sayangnya tidak semua meow merespon terhadap catnip ini. Semakin tua meow kamu, si tumbuhan catnip hanya akan dipandangi tanpa respon. Beda halnya dengan kucing yang berusia 6-8 bulan, mereka akan menggigit dan menendangi tumbuhan tersebut dengan kaki belakangnya.

Tingkah laku lainnya yang ditimbulkan si meow adalah berperilaku seperti predator, yaitu mendeteksi dan berlarian seperti hendak menangkap mangsa, mencakar-cakar, mengais, mendekap/ menggenggam, dan berguling-guling. Sebenarnya bukan hanya meow saja yang akan terkena efek ini, tetapi 80-90 % keluarga kucing termasuk inga, puma, dan leopard.

Berdasarkan penelitian para ahli, ditemukan terdapatnya nepetalactone mimics feromon pada urin kucing jantan yang dikaitkan dengan tingkah laku courtship (birahi) lah yang memungkinkan kucing menjadi sangat atraktif terhadap tumbuhan tersebut.

Komentarmu Apa?