Daun Telinga Kucing Gatal: Penyebab, Gejala, dan Solusinya

Sekilas Mengenai Kucing Daun Telinga Gatal

Kucing Daun Telinga Gatal

Perkenalkan, ada satu jenis kucing yang mungkin belum banyak diketahui, yaitu kucing daun telinga gatal. Saat ini, kita akan membahas secara ringkas tentang hewan lucu ini. Kucing daun telinga gatal, atau yang juga dikenal sebagai kucing Sphynx, merupakan salah satu jenis kucing unik yang mampu menarik perhatian banyak orang.

Ciri khas yang membedakan kucing daun telinga gatal dari kucing lainnya adalah mereka tidak memiliki bulu seperti umumnya. Tubuh mereka mayoritas tidak ditutupi bulu, tapi ada lapisan kulit yang lembut dan halus, mirip seperti daun telinga. Oleh sebab itu, mereka diberi nama kucing daun telinga gatal.

Dalam hal kepribadian, kucing daun telinga gatal terkenal sebagai kucing yang pintar, ramah, dan penuh perhatian terhadap manusia. Mereka senang bermain dan berinteraksi dengan pemiliknya. Meski terlihat agak unik, kucing daun telinga gatal adalah hewan yang tetap menginginkan kasih sayang. Mereka dapat menjadi teman peliharaan yang setia dan penuh cinta.

Perawatan kucing daun telinga gatal pun berbeda sedikit jika dibandingkan dengan kucing berbulu. Karena tidak ada bulu yang melindungi kulit mereka, perlu menjaga kulit mereka dari sinar matahari langsung. Selain itu, mandi rutin, membersihkan telinga, dan memberi makan yang sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan mereka.

Jadi, jika Anda sedang mencari hewan peliharaan yang unik dan menarik, kucing daun telinga gatal bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan kepribadian ceria mereka dan perawatan yang tepat, mereka akan menjadi teman yang penuh kasih sayang dan menghibur di rumah Anda.

Kesan Sejarah Kucing yang Menarik dari Kucing Daun Telinga Gatal

Simbolisasi Kucing Daun Telinga Gatal

Semakin melihat kucing daun telinga gatal, kita tak dapat mengabaikan daya tarik mereka dengan telinga yang mirip daun yang besar dan berdiri tegak. Namun, asal-usul yang sebenarnya dari kucing ini masih menyimpan misteri yang belum terungkap.

Walaupun kita belum memiliki pengetahuan yang pasti tentang keberadaan kucing daun telinga gatal ini, diyakini bahwa mereka berasal dari beberapa jenis kucing peliharaan yang telah hidup selama berabad-abad. Banyak teori dan dugaan mengenai bagaimana ras ini bisa berkembang dengan bentuk telinga yang unik ini.

Beberapa teori mengusulkan bahwa ada kemungkinan terjadi mutasi genetik secara alami pada populasi kucing peliharaan. Mutasi itu kemungkinan mengakibatkan perubahan dalam pertumbuhan telinga mereka yang menjadi lebih besar dan menyerupai daun. Ada juga pendapat yang menyebutkan bahwa manusia dengan sengaja melakukan perkawinan silang antara kucing yang memiliki telinga melengkung untuk menciptakan ras yang unik dan menarik perhatian.

Kenampakan kucing daun telinga gatal semakin dikenal pada zaman modern dan kini menjadi susunan favorit bagi penggemar kucing di seluruh dunia. Pesona mereka yang menggemaskan dan karakteristik telinga yang istimewa membuat mereka mendapatkan perhatian lebih. Banyak orang yang memilih ras ini sebagai teman peliharaan mereka karena kecerdasan dan kepribadian yang ceria.

Akan tetapi, kenangan yang penuh tanda tanya tentang kucing daun telinga gatal tetap menjadi misteri yang menarik bagi para peneliti dan penggemar kucing. Sementara itu, kehadiran mereka yang unik dalam dunia kucing peliharaan tetap menjadi hadiah yang begitu berharga.

Ras Kucing yang Sering Mengalami Gatal pada Telinga

Gambar Ras Kucing yang Populer

READMORE

Masalah yang sering dialami oleh kucing adalah rasa gatal pada daun telinga mereka. Beberapa jenis ras kucing cenderung lebih sering mengalami masalah ini daripada yang lain. Beberapa ras kucing yang sering terkena gatal pada daun telinga antara lain kucing jenis Persia, Himalaya, dan Scottish Fold.

Ras kucing Persia memiliki bulu yang panjang dan tebal sehingga udara sulit masuk ke dalam telinganya. Kelembapan yang terperangkap di daun telinga dapat menyebabkan penumpukan kotoran, yang pada akhirnya menyebabkan rasa gatal dan iritasi. Pemilik kucing Persia harus rajin membersihkan telinga mereka dengan menggunakan kapas yang lembab dengan hati-hati, agar terhindar dari infeksi dan masalah kesehatan yang lebih serius.

Ras kucing Himalaya, memiliki bulu yang panjang dan tebal seperti kucing Persia, juga rentan terhadap masalah gatal pada daun telinga. Bulu yang panjang menyebabkan penumpukan kotoran dan kelembapan, sehingga memicu rasa gatal dan peradangan. Pemilik kucing Himalaya juga harus secara rutin memeriksa dan membersihkan telinga kucing mereka dengan teliti.

Ras kucing Scottish Fold juga memiliki kemungkinan mengalami masalah gatal pada daun telinga. Bentuk telinga mereka yang khusus, yang melipat, dapat menyebabkan penumpukan kotoran dengan lebih mudah. Kotoran yang terjebak ini menjadi penyebab rasa gatal bahkan infeksi pada telinga. Merawat kebersihan telinga Scotch Fold secara teratur sangat penting untuk mencegah masalah yang mungkin muncul di masa yang akan datang.

Selain perawatan rutin, pemilik kucing dengan jenis ras ini juga harus memeriksa telinga kucing secara berkala dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjaga kebersihan mereka. Menyediakan makanan yang sehat, menjaga kebersihan lingkungan, serta menjaga kebersihan bulu dan telinga ternyata penting untuk mencegah masalah gatal pada daun telinga kucing ini.

Karakteristik Fisik Kucing

Keunikan Tampilan Daun Telinga Kucing yang Menggoda

Kucing adalah makhluk yang memiliki berbagai macam ragam fisik. Salah satu ciri khasnya yang menarik adalah bentuk telinga kucing yang tak lazim dan membuat penasaran. Telinga kucing umumnya berbentuk memanjang dan meruncing, memberi kesan yang tak biasa bagi hewan ini. Selain itu, telinga kucing sering menjadi sorotan karena perubahan warna atau adanya gejala gatal yang muncul di bagian telinga tersebut.

Gambar kucing dengan telinga mengalami gatal

Kadang-kadang, kucing mengalami rasa gatal pada daun telinganya. Kondisi ini bisa timbul akibat infeksi atau alergi tertentu. Kucing yang merasakan gatal pada daun telinganya umumnya akan merasakan ketidaknyamanan dan kerap menggaruk-garuk telinganya. Jangan sampai kita sebagai pemilik kucing mengabaikan gejala ini. Sebab, jika tidak diatasi dengan baik, dapat berakibat serius dan berpotensi menyebabkan infeksi yang lebih parah.

Membiasakan diri untuk menjaga kebersihan daun telinga kucing merupakan langkah yang sangat penting. Membersihkan daun telinga kucing perlu dilakukan secara teratur dan dengan hati-hati. Gunakanlah kapas yang telah diberi cairan pembersih khusus untuk kucing. Namun, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan guna memperoleh nasihat yang tepat.

Sekilas, daun telinga kucing memang menjadi salah satu daya tarik fisik yang menarik dan menjadi ciri khas bagi hewan ini. Namun, perlu diingat untuk selalu memantau kondisi telinga kucing, terutama ketika ada gejala gatal atau tanda-tanda lainnya. Hal ini bertujuan agar dapat segera mengambil tindakan yang tepat dan menjaga kesehatan serta kenyamanan hewan peliharaan yang kita sayangi.

Kenapa Kucing Menggaruk Daun Telinga?

Gambar Kucing Menggaruk Telinga

Saat kucing kesayangan Anda seringkali terlihat menggaruk-garuk telinganya, itu bisa jadi pertanda bahwa kucing sedang merasa gatal pada daun telinganya. Perilaku ini sebenarnya dapat disebabkan oleh beberapa alasan yang perlu mendapatkan perhatian khusus.

Salah satu penyebab paling umum kucing menggaruk daun telinganya adalah adanya parasit kutu telinga. Kutu telinga bisa menyebabkan gatal yang sangat mengganggu, dan untuk mengurangi rasa gatal itu, kucing akan cenderung menggaruk telinganya. Kebanyakan para pemilik kucing juga akan melihat adanya tanda-tanda kutu telinga yang lain sehingga segera mengambil tindakan yang tepat dengan membawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Selain kutu telinga, infeksi jamur bisa menjadi penyebab lain dari gatal pada daun telinga kucing kesayangan Anda. Kelembaban yang tinggi atau kurangnya sirkulasi udara seringkali menjadi faktor pemicu munculnya infeksi jamur pada telinga kucing. Infeksi jamur ini akan membuat kucing merasa tidak nyaman dan akan sering menggaruk daun telinganya. Jika menemukan tanda-tanda infeksi jamur, sangat disarankan untuk segera membawa kucing ke dokter hewan agar dapat diberikan pengobatan yang sesuai.

Perilaku menggaruk daun telinga juga bisa menunjukkan adanya iritasi pada kulit kucing. Terkadang, ada benda asing atau alergen yang masuk ke dalam telinga kucing dan menyebabkan rasa gatal. Untuk menghilangkan rasa gatal ini, kucing akan cenderung menggaruk daun telinganya. Jika Anda melihat kucing dengan cara yang sangat terobsesi menggaruk daun telinganya, disarankan untuk mengunjungi dokter hewan agar dapat mengetahui penyebab iritasi dan memberikan penanganan yang tepat untuk kucing Anda.

Jadi, jika kucing Anda sering menggaruk telinganya, jangan anggap enteng. Perilaku ini dapat menunjukkan adanya masalah seperti kutu telinga, infeksi jamur, atau iritasi pada kulit. Pastikan Anda membawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan membantu mengurangi rasa gatal yang tidak nyaman.

Makanan yang Cocok untuk Mengatasi Gatal pada Daun Telinga Kucing

Makanan yang Cocok untuk Kucing daun telinga kucing gatal

Pengantar

Jika kucing kesayangan Anda mengalami gatal pada daun telinganya, makanan yang tepat dapat membantu mengurangi gejalanya. Pada artikel ini, kami akan membahas beberapa jenis makanan yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut dan memberikan nutrisi yang baik bagi kucing Anda.

Pertama, pilihlah makanan kucing yang kaya akan protein. Protein memberikan nutrisi penting untuk mempertahankan kesehatan sel-sel kulit, termasuk di daun telinga kucing. Pastikan makanan kucing yang Anda pilih mengandung bahan-bahan utama seperti daging ayam, ikan, atau sumber protein lainnya yang berkualitas.

Selanjutnya, tambahkan makanan yang mengandung lemak sehat, seperti minyak ikan. Lemak sehat ini dapat membantu memperbaiki kondisi kulit kucing dan mengurangi rasa gatal. Anda dapat mencari makanan kucing yang mengandung salmon, tuna, atau suplemen minyak ikan yang khusus dikemas dalam bentuk suplemen.

Terakhir, penting untuk memilih makanan yang bebas dari bahan tambahan dan pewarna buatan. Bahan-bahan tambahan ini tidak alami dan tidak akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh kucing Anda. Pilihlah makanan alami yang tidak mengandung bahan tambahan seperti itu.

Secara keseluruhan, pemilihan makanan yang tepat sangat penting untuk mengatasi masalah gatal pada daun telinga kucing. Protein tinggi, lemak sehat, dan makanan bebas bahan tambahan akan membantu memperbaiki kondisi kulit kucing dan memberikan nutrisi yang diperlukan bagi kesehatannya. Ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter hewan jika masalah gatal pada daun telinga kucing tetap berlanjut atau menjadi lebih parah.

Panduan Penting dalam Mengasuh Kucing dan Mengatasi Rasa Gatal pada Daun Telinganya

Kucing Menggaruk Telinga

Bagi para pencinta kucing, sangatlah penting untuk memberikan perawatan yang baik serta memperhatikan kesehatan mereka. Salah satu kekhawatiran yang sering timbul adalah masalah gatal pada daun telinga kucing. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan rasa gatal ini, seperti infeksi jamur atau parasit.

Kehigienisan daun telinga kucing perlu dijaga secara teratur. Membersihkannya dengan lembut menggunakan kapas dan pembersih yang disarankan oleh dokter hewan. Hindari kapas atau tisu yang memiliki tekstur kasar agar tidak menyakiti telinga si kucing. Jika sering kali kucing Anda menggaruk telinganya, sebaiknya periksakan ke dokter hewan agar penyebabnya dapat ditentukan dan dapat diberikan pengobatan yang tepat.

Selain itu, rutinitas perawatan secara teratur juga sangatlah penting, seperti menjaga kebersihan bulu, kuku, dan gigi kucing. Jangan lupa mengganti pasir kucing secara teratur untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan mereka. Pastikan untuk tidak memberikan makanan manusia kepada kucing Anda karena beberapa bahan makanan dapat berbahaya bagi mereka.

Tidak hanya itu, berikan juga perhatian dan kasih sayang yang cukup kepada kucing kesayangan Anda. Salah satu panduan penting dalam mengasuh kucing adalah memberikan makanan yang bergizi seimbang, menyediakan air yang bersih, serta menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi mereka. Pastikan juga untuk memberikan mainan dan waktu bermain yang cukup agar kucing tidak merasa bosan atau stres.

Secara keseluruhan, menjaga kesehatan dan kebahagiaan kucing membutuhkan komitmen dan perhatian yang serius dari pemiliknya. Dengan memberikan perawatan yang baik, mengatasi masalah rasa gatal pada daun telinga dengan hati-hati, serta memberikan perawatan rutin, Anda dapat memastikan bahwa kucing Anda tetap sehat, bahagia, dan nyaman dalam lingkungan tempat tinggal mereka.

Kucing sebagai Hewan Piaraan dan Tersiksa oleh Gatal di Daun Telinga

Kucing mengalami rasa gatal pada daun telinga

Kucing menjadi pilihan favorit sebagai hewan peliharaan di seluruh penjuru dunia. Mamalia kecil yang menggemaskan ini membawa banyak keuntungan dan menjadi teman yang setia bagi pemiliknya. Mereka memiliki sifat yang unik dan mampu memberikan hiburan di rumah. Namun, sebagai pemilik kucing, kita juga harus memperhatikan kesehatan hewan piaraan kita, termasuk masalah yang sering ditemui seperti rasa gatal pada daun telinga kucing.

Gatal pada daun telinga kucing bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu penyebab utamanya adalah parasit, seperti tungau telinga. Tungau ini sering kali bersarang di saluran telinga kucing, menciptakan rasa gatal yang sangat mengganggu. Selain itu, alergi juga bisa menjadi pemicu gatal di daun telinga kucing. Reaksi alergi dapat disebabkan oleh bahan kimia tertentu, makanan, atau lingkungan yang tidak bersih, dan semuanya bisa menyebabkan rasa gatal di daun telinganya.

Segera tangani masalah ini ketika kita melihat tanda-tandanya pada kucing kesayangan kita. Pertama-tama, kita dapat membersihkan daun telinga kucing menggunakan produk pembersih telinga yang khusus untuk binatang peliharaan. Namun, jika gatal tidak kunjung mereda atau semakin parah, segera bawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif. Dokter hewan akan melakukan diagnosis penyebab gatal di daun telinga dan memberikan pengobatan yang tepat.

Selain itu, menjaga kebersihan dan kesehatan kucing secara keseluruhan juga penting untuk mencegah masalah gatal di daun telinga. Melakukan mandi rutin, memberikan makanan sehat, dan menjaga kebersihan lingkungan rumah akan membantu mencegah infeksi dan alergi yang berpotensi menyebabkan rasa gatal di daun telinga kucing.

Dalam menjaga keselamatan dan kesehatan hewan piaraan kita, termasuk masalah gatal di daun telinga kucing, penting bagi kita untuk memahami penyebabnya dan cara mengatasi masalah tersebut. Dengan perawatan yang tepat dan kepedulian yang tinggi, kucing kita akan tetap sehat dan bahagia sebagai anggota keluarga kita.

Mengatasi Gatal pada Daun Telinga Kucing: Tips Perawatan Kesehatan Kucing

Perawatan Kesehatan Kucing

Gatal pada Daun Telinga Kucing: Potensi Masalah dan Solusinya

Terdapat beberapa tanda yang dapat menunjukkan bahwa kucing Anda sedang mengalami gatal pada daun telinganya. Jika kucing sering menggaruk-garuk telinganya dengan gairah yang tinggi, ini mungkin menjadi indikasi bahwa ada masalah dalam daun telinga mereka. Gatal pada daun telinga kucing dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi jamur, parasit seperti tungau telinga, atau alergi. Jika tidak diatasi dengan benar, gatal pada daun telinga kucing dapat menyebabkan infeksi telinga yang lebih serius. Oleh karena itu, perawatan yang tepat sangat penting untuk mengatasi masalah ini.

Perawatan Efektif untuk Mengatasi Gatal pada Daun Telinga Kucing

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan daun telinga kucing dengan hati-hati. Anda dapat menggunakan larutan pembersih khusus yang direkomendasikan oleh dokter hewan. Tuangkan sedikit larutan ke dalam telinga kucing dan berikan pijatan lembut di bagian dasar telinga agar larutan merata. Setelah itu, Anda dapat menggunakan kapas atau tisu lembut untuk membersihkan kotoran atau cairan yang keluar dari telinga.

Jika gatal pada daun telinga disebabkan oleh infeksi jamur atau parasit, dokter hewan kemungkinan akan meresepkan obat yang sesuai. Penting bagi Anda untuk tidak memberikan obat manusia pada kucing tanpa persetujuan dokter hewan. Pastikan Anda mengikuti instruksi penggunaan obat dengan teliti dan memberikan dosis yang sesuai seperti yang direkomendasikan oleh dokter hewan.

Pencegahan dan Perhatian Tambahan yang Perlu Diperhatikan

Untuk mengatasi gatal pada daun telinga kucing, Anda perlu menjaga kebersihan lingkungan dan perabotan kucing dengan baik. Bersihkan secara rutin tempat tidur, mainan, alas kandang, serta peralatan makan dan minum kucing. Hal ini akan membantu mencegah infeksi dan pertumbuhan parasit yang dapat menyebabkan gatal pada daun telinga kucing.

Jika masalah gatal pada daun telinga tetap berlanjut atau tidak membaik setelah beberapa waktu, segera konsultasikan dengan dokter hewan Anda. Mereka dapat memberikan perawatan lebih lanjut dan memeriksa apakah ada masalah kesehatan lain yang mendasarinya.

Heading: Teknik Mengatasi Kucing dengan Daun Telinga Gatal

Gambar Kucing Daun Telinga Gatal
Sub heading: Punya Kucing yang Sering Menggaruk Telinga? Berikut Teknik yang Dapat Anda Gunakan

Apakah kucing kesayangan Anda selalu terlihat menggaruk-garuk telinganya? Kemungkinan besar ada masalah yang membuat daun telinga kucing tersebut gatal. Beberapa faktor yang mungkin menyebabkan gatalnya daun telinga kucing seperti alergi, kutu, atau infeksi kulit. Untuk mengatasi masalah ini, pelajari beberapa teknik berikut.

Selain pemberian makanan dan kasih sayang, kebersihan telinga juga sangat penting untuk kucing kesayangan Anda. Rutinlah membersihkan telinga kucing dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan cairan pembersih khusus untuk hewan peliharaan. Dengan membersihkan telinga secara rutin, Anda dapat membantu menghilangkan kotoran dan minyak yang menjadi pemicu daun telinga gatal pada kucing.

Selain melakukan pembersihan secara rutin, Anda juga bisa menggunakan obat tetes telinga yang telah direkomendasikan oleh dokter hewan. Obat ini dapat membantu meredakan gatal dan mengurangi rasa tidak nyaman pada daun telinga kucing. Tetapi, pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan obat agar penggunaannya sesuai dengan dosis yang tepat.

Jaga kebersihan lingkungan tempat tinggal kucing dengan baik. Pastikan bahwa tidak ada kutu atau tungau yang dapat menginfeksi telinga kucing Anda. Apabila Anda mendapati keluarga kucing terinfeksi kutu telinga, segera konsultasikan hal ini kepada dokter hewan agar mendapatkan pengobatan tepat. Kutu telinga dapat menyebabkan gatal yang intens pada daun telinga kucing sehingga memberikan ketidaknyamanan bagi mereka.

Dengan menerapkan teknik-teknik yang telah disebutkan secara konsisten, Anda dapat membantu mengikis kebiasaan menggaruk-garuk daun telinga secara berlebihan pada kucing kesayangan Anda. Tetapi, bila masalah gatal pada daun telinga tidak kunjung berkurang atau bahkan semakin parah, disarankan untuk segera membawa kucing ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang sesuai.

Pertanyaan yang Sering Dilontarkan mengenai Gatal pada Daun Telinga Kucing

Kucing Mengalami Gatal pada Daun Telinga

Banyak pemilik kucing merasa khawatir ketika melihat kucingnya menggaruk atau menggeleng-gelengkan kepala dengan intensitas yang sering. Tanda-tanda tersebut bisa mengindikasikan bahwa mereka sedang menderita gatal pada daun telinga. Saat menghadapi masalah ini, pemilik kucing seringkali memiliki beberapa pertanyaan yang kerap diajukan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Apa penyebab gatal pada daun telinga kucing saya?

Gatal pada daun telinga kucing dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti infeksi jamur, serangan kutu telinga, reaksi alergi, atau gangguan pada kulit lainnya. Penting bagi pemilik untuk mengetahui penyebab pastinya agar dapat memberikan perawatan yang sesuai dengan kondisi kucing.

2. Bagaimana cara saya mengetahui apakah kucing saya terinfeksi kutu telinga?

Indikasi kucing terinfeksi kutu telinga antara lain diantaranya menggaruk daun telinga dengan keras, sering menggeleng-gelengkan kepala, produksi lilin yang berlebih, serta bau yang tidak sedap. Jika Anda mencurigai adanya kutu telinga pada kucing Anda, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

3. Apakah aman membersihkan daun telinga kucing sendiri?

Perlu diingat bahwa membersihkan daun telinga kucing dapat menjadi tugas yang rumit dan berisiko menyakiti kucing jika tidak dilakukan dengan tepat. Sebaiknya, biarkan dokter hewan yang berpengalaman yang melakukan pembersihan agar dapat mengurangi kemungkinan cedera atau infeksi pada daun telinga kucing.

4. Apakah gatal pada daun telinga kucing bisa menular kepada manusia?

Tidak semua infeksi pada daun telinga kucing dapat menular kepada manusia. Namun, beberapa kondisi seperti infeksi jamur dapat ditularkan antara kucing dan manusia. Oleh karena itu, menjaga kebersihan dan selalu mencuci tangan setelah berinteraksi dengan kucing yang menderita masalah pada daun telinga adalah hal yang penting.

Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering diajukan ketika kucing mengalami gatal pada daun telinga. Apabila Anda masih memiliki keraguan atau kekhawatiran, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang sesuai.

Daun Telinga Kucing Gatal

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements