Dekat Dengan Kucing Membuat Susah Hamil ? Benarkah ?

121

Kucing Lucu – Memiliki peliharaan kucing yang begitu manis pun kadang membuat beberapa pemiliknya resah. Isu mengenai si kucing yang membuat pemiliknya susah hamil terkadang memaksa si kucing lucu harus keluar dari rumah.

Lantas benarkah mememilhara kucing atau dekat kucing membuat susah hamil ?

Pernyataan yang menyebutkan bahwa si kucing membuat susah hamil adalah mitos. Sebenarnya si kucing tidak membuat susah hamil, yang mungkin menjadi penyebab susah hamil karena dekat dengan kucing adalah virus toxoplasma, bukan kucingnya.

Pernyataan ini dudukung  salah satu dokter hewan yaitu dr. Sa’id Rafah yang menyebutkan bahwa kucing merupakan hewan dengan tinggan higenitas yang tinggi dibandingkan hewan lainnya. hal ini terjadi karena kucing memiliki enzim lysozyme yang mampu membunuh bakteri maupun kuman yang berada pada permukaan kulitnya.

Apa itu toxoplasma ?

Toxoplasma adalah semacam parasit yang dapat berkembang biaak didalam tubuh kucing maupun hewan lainnya seperti kuda, tikus, burung dan juga anjing. Dalam tubuh kucing, toxoplasma ini mampu berkembangbiak dengan cara aseksual dan seksual (mikro dan makro gamet), sedangkan pada hewan lain, toxoplasma hanya mampu berkembangbiak dengan cara aseksual atau membelah diri.

Keterkaitan kucing dan toxoplasma

Dengan penjelasan singkat diatas, kamu sudah cukup mengerti bukan yang menjadi penyebab sulit hamil ?

Dalam hal ini, kucing akan terkenan parasit toksoplasma apabila diberi pakan berupa daging mentah atau daging setengah matang. Menurut beberapa penelitian, daging yang tidak dimasak dengan benar memiliki resiko yang besar terdapat kista toxoplasma.

Ketika daging yang terkena parasite toxoplasma termakan oleh kucing, maka parasite tersebut akan berkembang biak, kemudian menghasilkan kistanya yang dikeluarkan bersamaan dengan kotoran kucing.

Pencegahan

Tentu saja yang harus kamu lakukan adalah memberikan makanan yang aman untuk si kucing kesayangan dan juga pemiliknya. Hindari memberi makan kucing dengan daging mentah.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah ketika membersihkan kotoran kucing. jangan sampai kotoran kucing berserakan dimana- mana, bersihkan dengan baik. Jika perlu gunakan sarung tangan dan masker, setelah itu semprot dengan cairan anti bakteri dan cuci tangan dengan sabun.

Komentarmu Apa?