Enam Kondisi Halaman Rumah Berikut Dapat Membahayakan Nyawa Kucing Kesayangan

240

Tidak semua halaman rumah yang hijau baik untuk kesehatan kucing kesayangan. Ada beberapa kondisi halaman yang ternyata justru berbahaya.

p 20160419 165443 hdr picsay - Enam Kondisi Halaman Rumah Berikut Dapat Membahayakan Nyawa Kucing Kesayangan
kondisi halaman rumah yang berbahaya bagi kucing.

Memiliki halaman rumah atau pekarangan yang hijau pasti menjadi dambaan setiap pemilik rumah. Bila dibandingkan dengan tanah yang dibeton atau disemen, tanaman yang hijau akan memberikan rasa sejuk dan ketenangan yang dapat menciptakan oasis baru bagi penghuninya.

Namun ternyata tidak semua kondisi halaman hijau dapat membuat si kucing kesayangan merasa nyaman lho teman-teman !. Cat lovers yang sedang berencana menata halaman rumah ada baiknya memperhatikan hal berikut agar si kucing kesayangan bisa bermain dengan leluasa dan tumbuh ceria.

Seperti dilansir dari CNN Indonesia, ada enam kondisi halaman yang dapat membuat kucing merasa tidak nyaman dan bahkan membahayakan nyawanya.

  1. Tidak memiliki tempat berteduh.

kucing dehidrasi - Enam Kondisi Halaman Rumah Berikut Dapat Membahayakan Nyawa Kucing Kesayangan
Tidak adanya tempat berteduh dapat menyebabkan kucing dehidrasi.

Kucing juga seperti manusia yang membutuhkan tempat berteduh dari teriknya sinar matahari. Cat lovers yang ingin kucing kesayangan bisa main leluasa di halaman rumah sebaiknya menanam beberapa pohon rindang agar kucing tidak mengalami dehidrasi.

Jangan lupa pula untuk menyediakan akses air bersih yang mudah agar kucing bisa minum dengan leluasa.

2. Penggunaan Mulsa.

Mulsa adalah bahan seperti jerami (serbuk gergaji, dedaunan, dan sebagainya) yang disebarkan pada permukaan tanah untuk melindungi akar tanaman dari pengaruh air hujan (pemadatan tanah dan sebagainya) dapat menjadi pemicu hewan peliharaan mengalami keracunan. Kandungan Theobromine di dalamnya dapat mengganggu pernapasan, aritmia jantung, hiper aktif hingga kejang.

Untuk cat lovers yang ingin menggunakan mulsa dihalaman, sebaikya perhatikan dulu kandungan pewarna didalamnya sehingga tidak khawatir kucing akan tersedak.

3. Tanah yang merangsang kutu.

baby caracal8 - Enam Kondisi Halaman Rumah Berikut Dapat Membahayakan Nyawa Kucing Kesayangan
Tanah yang merangsang kutu

Bermain-main di tanah dapat menularkan dan merangsang pertumbuhan kutu. Sebagai solusi, catlovers bisa menyebarkan cacing gilig (nematoda)  yang bisa membunuh kutu tanah.

4.  Penggunaan pestisida.

kucing domestik - Enam Kondisi Halaman Rumah Berikut Dapat Membahayakan Nyawa Kucing Kesayangan
Penggunaan pestisida

Pestisida memang sangat ampuh membasmi organisme sasaran, namun ia juga beracun untuk organisme lain. jika cat lovers baru selesai menggunakan pestisida, jangan biarkan dulu si kucing bermain di halaman sampai pestisida tersebut benar-benar kering dan terserap oleh  gulma

Baca juga:

5.  Kenali tanaman yang berbahaya untuk kucing.

bunga lili - Enam Kondisi Halaman Rumah Berikut Dapat Membahayakan Nyawa Kucing Kesayangan
Bunga Lili berbahaya untuk kucing.

Bunga lili dan pohon palem adalah contoh tanaman yang berbahaya untuk kucing. Meski bunga lili terbilang cantik, namun Kucing dapat mengalami muntah dan gagal ginjal meski hanya sedikit saja menggigit bagian tanaman tersebut.

6. Jalan yang dilewati.

jalan setapak juga dapat membahayakan kucing - Enam Kondisi Halaman Rumah Berikut Dapat Membahayakan Nyawa Kucing Kesayangan
jalan setapak yang terbuat dari kerikil atau aspal dapat membahayakan kaki kucing.

Tidak hanya tanaman dan tanah yang dapat membahayakan, jalan setapak di halaman yang terbuat dari kerikil atau aspal  juga memiliki resiko yang sama. Ujung batu kerikil yang tajam dapat menusuk paw kucing sedang aspal dapat membakar kaki kucing saat panas.

 

Komentarmu Apa?