Flu Kucing dan Cara Mengobatinya. Kamu Perlu Tahu !

1888

Bersin, hidung & mata merah berair, kucing jadi pendiam adalah gejala awal dari flu kucing. Kamu perlu tahu apa dan bagaimana gejala, serta cara mengobatinya sebelum terlambat.

flu kucing - Flu Kucing dan Cara Mengobatinya. Kamu Perlu Tahu !
Kamu perlu tahu apa itu flu kucing dan bagaimana cara mengobatinya.

Kucinglucu.net – Flu atau pilek adalah salah satu penyakit yang umum ditemukan pada kucing. Terlebih di musim penghujan, kucing dengan daya tahan tubuh rendah rentan terkena penyakit ini.

Seperti halnya flu pada manusia, Flu kucing juga menyerang saluran pernafasan dan dapat menyebabkan hidung & mata meler, serta sakit tenggorokan. Biasanya flu kucing menyerang anak kucing dan kucing yang belum di vaksin. Kucing dewasa juga bisa terkena flu, namun dampaknya tidak terlalu parah. Meski begitu jika tidak segera diobati, kucing tersebut dapat menularkan ke kucing lain melalui air liur, makanan, minuman, bahkan kandang.

(Baca juga : Yuk Kenali Toxoplasmosis, Biar Tau Pencegahannya ).

Sebelum mengatasinya, kamu harus tahu nih apa sih dan bagaimana gejala dan ciri-ciri flu kucing serta cara mengobatinya.

Apa penyebab flu kucing ?.

Flu kucing - Flu Kucing dan Cara Mengobatinya. Kamu Perlu Tahu !
Virus dan bakteri jahat adalah penyebab penyakit ini.

Umumnya flu pada kucing disebabkan oleh salah satu dari 2 virus yaitu Feline Herpes virus (FHV) atau Feline Calici Virus (FCV). Bisa juga disebakan oleh bakteri seperti Chlamydophila felis.

Virus tersebut nantinya akan terkonsentrasi di air mata, air liur, dan cairan hidung serta tersebar melalui udara.  Oleh karenanya penting untuk memisahkan kucing yang sakit dan sehat agar tidak tertular.

Gejala flu kucing.

 

flu kucing 2 - Flu Kucing dan Cara Mengobatinya. Kamu Perlu Tahu !
Sering bersin adalah salah satu tanda kucing kamu terkena cat flu.

Gejala awal flu kucing biasanya baru akan muncul setelah satu minggu terinfeksi. Tanda-tandanya antara lain :

  • Bersin.
  • Perilaku kucing menjadi pendiam.
  • Suhu badan tinggi.
  • Sariawan.
  • Nafsu makan berkurang
  • Mata merah dan berair.
  • Batuk dan kehilangan suara.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ?.

18581753 1729216350426998 7309908550237739583 n - Flu Kucing dan Cara Mengobatinya. Kamu Perlu Tahu !
Ingat qaqa ~ mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Ada beberapa cara untuk mencegah kucing terkena flu, diantaranya adalah dengan memberikan madu atau vitamin C. Pemberian vaksin secara rutin juga adalah pilihan bijak karena vaksin berfungsi memperkuat daya tahan tubuh agar tak mudah sakit. Pasti pening kan kalo tau-tau si dia lemes sakit nggak mau makan ?.

Hingga saat ini belum ada obat khusus untuk menangani kucing terkena flu, meski begitu kucinglucu.net telah rangkumkan cara merawat kucing terkena flu atau pilek yang bisa kamu lakukan sendiri.

  • Karantina. Pisahkan kucing yang sakit agar tidak menular ke kucing sehat.
  • Tempatkan kucing di tempat yang hangat dan nyaman agar ia tidak kedinginan. Kondisi dingin dapat menyebabkan flunya semakin parah.
  • Sesering mungkin bersihkan ingus yang terdapat di hidung dan matanya.
  • Berikan vitamin C dan suplemen. Meski sedang sakit, vitamin ini nantinya dapat menjadi booster bagi daya tahan tubuhnya sehingga kucing bisa cepat sembuh.
  • Cobalah untuk menjemur kucing pada terik matahari pagi. ketika terpapar sinar matahari, tubuh kucing menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang membantu menangkal infeksi dan berbagai penyakit akibat bakteri, jamur, dan virus.
  • Jika ada, penguapan dengan bantuan alat nebulizer dapat mempercepat proses penyembuhannya. Cara lain yang lebih tradisional , kucing dapat ditempatkan didalam ruangan yang beruap panas selama beberapa saat. Jangan lupa pula untuk mengeringkan kucing segera dengan blower atau hair dryer setelah melakukan pengobatan.

Yang perlu diingat adalah, jangan pernah memberikan obat flu manusia ke kucing karena efeknya berbahaya. Konsultasikan dahulu obat-obatan yang akan kita berikan untuk kucing kepada dokter hewan. Jika dalam beberapa hari kondisi kucing memburuk bahkan disertai dengan muntah dan diare, segera mungkin bawa kucing kesayanganmu ke dokter hewan terdekat.

Semoga kucing cat lovers sehat selalu ya. Jangan lupa pula untuk vaksin ketika kucing sehat, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. 🙂

Komentarmu Apa?