Halo aunty dan uncle pecinta kucing dan pembaca setia Kucing Lucu, udah tau belum sih kalau kita di Indonesia punya kucing ras? kerennya, kucing ras ini gak kalah cantik dan ganteng sama kucing ras dari luar negeri. Ya, kucing ras ini bernama Indonesian Shorthair.

Pengertian Ras sendiri berasal dari bahasa Prancis race, yang sendirinya dari bahasa Latin radix, “akar”. Ras adalah suatu sistem klasifikasi yang digunakan untuk mengkategorikan makhluk hidup dalam suatu populasi.

Salah satu alasan kenapa cat lovers harus memiliki kucing ras Indonesian Shorthair adalah karena jenis ini asli dari Indonesia, dimana tidak perlu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Selain itu ada alasan lain gak sih kenapa kita harus memilikinya? yuk simak alasan kita harus memelihara kucing jenis ini:

Lucu

Kucing Indonesian Short hair adalah kucing yang lucu, bisa menjadi pelipur lara saat duka bahkan bisa menemani kita saat kesepian.

Tingkah lakunya yang lucu itu bisa dilihat dari gerak-geriknya yang lincah. Bulu pendek yang terdapat pada sekujur tubuhnya membuat detail gerakannya tak terhalang sama sekali. Selain, kucing ini juga sangat penurut dan bersahabat dengan manusia.

Jika si kucing gemuk atau gendut akan sangat terasa gendutnya, bukan keliatan gendut akibat bulu yang gondrong atau tebal. Kalo gendut berasa daging atau ototnya, gendut berisi gitu.

baca: bagaimana cara menggemukkan kucing

Punya kedekatan emosional

Berbanding terbalik dengan kucing ras luar negeri yang seringnya di Indonesia dipelihara untuk hiasan rumah atau bahkan untuk bisnis, kucing Indonesian short hair berbeda. Si pemilik tidak akan pernah ingin menjual kucing ini, karena dia adalah sahabat sejati. Kedekatan emosional inilah yang membuat hubungan antara pemilik dan kucing menjadi erat, tak jarang si pemilik akan menangis jika kucingnya hilang atau mati.

Enggak pesek

Maaf yah buat aunty dan uncle, jangan merasa tersinggung dengan poin ini. Kucing Indonesia short hair hidungnya mancung alias enggak pesek kaya aunty dan uncle :p

Mudah dikasih makan

Inilah keunggulan kucing Indonesian Shorthair, gampang dikasih makan apa aja seperti ikan dan tulang-tulangnya. Biasanya kalau ngasih makan cukup sediakan ikan ditabur dengan campuran nasi, pasti makannya lahap banget, pokoknya dikasih apa saja mau. Tips ini bisa juga digunakan sebagai cara agar gemuk.

Berbeda dengan kucing Persia, Anggora, dan jenis lainnya yang agak sedikit pilih-pilih makanan, pemberian makanan untuk Indonesian Short hair cenderung lebih mudah. Namun tidak menutup kemungkinan kita memberi dry food juga untuknya seperti whiskas, Friskies, Proplan, Royal Canin agar agar semakin gemuk dan lebat bulunya.

Baca: Jangan berikan makanan ini pada kucing

Predator hama yang baik

Kucing Indonesias Short hair merupakan predator hama yang baik, kita bisa mengandalkannya untuk membasmi tikus di rumah atau bahkan binatang lainnya yang mengganggu. Walaupun terkadang agak sedikit menjijikkan karena tikus yang diburu tersebut kadang-kadang disantap oleh kucing kesayangan kita, seringnya sih tikusnya dikasih ke kita juga. :-p

Nah, kalau kucing ras lain gimana? Umumnya kucing ras selain ini cenderung lebih suka bermalas-malasan dan naluri berburunya tidak setajam kucing ras Indonesian Shorthair. Bahkan tidak menutup kemungkinan bakalan lari kalo dia liat tikus.

Tidak khawatir saat pergi keluar rumah

Karena termasuk kucing lokal, jenis ini saat pergi jauh pasti bisa kembali ke rumah (kecuali sudah dapat mami papi baru yang lebih sayang 😀 ). Sudah sering terbukti saat orang yang membenci kucing ini dan membuangnya, pasti akan kembali juga ke rumah si pembuangnya. Ketika lapar, si mpus pasti akan kembali ke rumah minta makan.

Namun, meskipun yakin dia akan kembali pulang ke rumah, cat lovers jangan sembarangan mengijinkannya pergi keluar rumah karena banyak kendaraan lewat.

Baca: Surat dari seekor kucing liar

Tidak gampang sakit

Ketahanan bodi yang tinggi terhadap segala cuaca membuatnya tidak cengeng dan tidak gampang sakit.

Lincah dan gesit

Kegesitan kucing ini tidak perlu diragukan lagi karena semua pemiliknya pun sudah mengakuinya. Meskipun ada yang suka tidur pun, dari sananya dia sudah terlahir lincah. Saat dia mengajak bermain, kita bakalan kewalahan sendiri melayani tingkahnya.

Gak ribet

Kita tidak harus melakukan perawatan yang neko-neko dengan kucing ini seperti kucing yang lainnya. Tanpa grooming di salon pun dia akan tetap cantik dan ganteng dari sananya. Jika aunty dan uncle mau melakukan itu, tentu ini akan menjadi nilai lebih.

Asli Indonesia

Alasan terakhir harus memiliki kucing ini karena dia asli dari Indonesia. Tentunya kalau kita cinta tanah air, kita harus memilih kucing jenis ini.

Nah, setelah tau alasannya, segeralah memlihara kucing ras Indonesian Short Hair dan cintailah dengan sungguh-sungguh. Berikut ini Kucing Lucu sertakan beberapa foto yang dikirim oleh penggemar fanpage Kucing Lucu

 

wpid wp 1448751748677 576x1024 - Indonesian Short Hair, Kucing Cantik nan Lincah yang Wajib Anda Miliki
Po, salah satu kucing peliharan admin. Digedein buat jadi profesor malah kelayaban mulu jadi preman -_-
kucing ras indonesia 1 - Indonesian Short Hair, Kucing Cantik nan Lincah yang Wajib Anda Miliki
Kucing-kucing yang dipelihara oleh Aunty Andiena. Sangat terjaga kebersihannya dan terawat
umeng dan simba 1024x768 - Indonesian Short Hair, Kucing Cantik nan Lincah yang Wajib Anda Miliki
Aunty Siezka: “Bahagia itu sederhana melihat mereka tidur pules,sehat… Kiri: Ibu (umeng) & kanan: anak (simba)
kucing ras indonesia 3 - Indonesian Short Hair, Kucing Cantik nan Lincah yang Wajib Anda Miliki
Kucingnya Aunty Vera, Kucing ras Indonesian Short Hair sangat pintar menjaga anak
kucing ras indonesia 4 - Indonesian Short Hair, Kucing Cantik nan Lincah yang Wajib Anda Miliki
“Ciko sangat senang sekali berpose bak foto model”, Aunty Hosnia
kucing ras indonesia 5 1024x576 - Indonesian Short Hair, Kucing Cantik nan Lincah yang Wajib Anda Miliki
Ochan peliharaan aunty Sulis,,, mancung kann???
kucing ras indonesia 6 - Indonesian Short Hair, Kucing Cantik nan Lincah yang Wajib Anda Miliki
Dum. kucingnya uncle Rizki.. manja kalo lagi laper doang 😀

Komentarmu Apa?