Ingin Kucing Sehat ? “Ditelorin” aja

366

Memiliki kucing sehat adalah idaman bagi cat lovers. Namun bagaimana menjaga si dia agar tetap sehat ? “Ditelorin” aja.

jiu rf photo of cat eying broken raw egg 300x204 - Ingin Kucing Sehat ? "Ditelorin" aja

 

Kucinglucu.net – Seperti yang kita ketahui,  telur memiliki kandungan protein yang sangat bermanfaat. Selain di goreng, direbus, atau di masak dengan berbagai olahan menu masakan. Ternyata kandungan pada telur bermanfaat untuk menjaga kucing tetap sehat.

Para ahli gizi mengatakan bahwa telur adalah salah satu makanan paling padat nutrisi. Kandungan nutrisi telur utuh mengandung lebih dari 90% kalsium dan zat besi pada kuning telurnya dan satu telur mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi dan 9 asam amino esensial. Yang berarti telur memang makanan dengan keseimbangan yang baik untuk dikonsumsi.

Eiitss !! Tapi perlu diingat untuk kucing cukup berikan kuning telurnya saja yaa. Putih telur mengandung senyawa avidin yang dapat mengurangi vitamin B biotin atau B7 yang sangat penting untuk proses tumbuh kembang kucing.

Memang kandungan senyawa Avidin tersebut dapat dikurangi dengan cara memasaknya, namun itu berarti manfaat dari kandungan zat lain juga akan berkurang. Oleh karenanya sekali lagi cukup kuning telur saja, dan ini berlaku untuk semua jenis kucing.

Nah ini dia beberapa manfaat telur yang wajib kita ketahui :

Baca juga: Nggak Rugi Melihara Kucing: Ini Manfaat Berinteraksi dengan Mereka.

  1. Meningkatkan stamina

stamina kucing 300x225 - Ingin Kucing Sehat ? "Ditelorin" aja
Kuning telur bisa meningkatkan stamina kucing

Kuning telur memang sejak zaman dahulu dipercaya sebagai peningkat stamina untuk manusia, baik tua maupun muda. Nah, Kuning telur juga bisa meningkatkan stamina juga buat si kucing kita catlovers.

Jadi, kucing kesayangan kita bisa tetap ceria deh.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

daya tahan kucing 300x225 - Ingin Kucing Sehat ? "Ditelorin" aja

Selain membuat si kucing kita sehat, kuning telur juga bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh si kucing jika rajin mengkonsumsinya. Makannya kucing yang rajin diberi “jamu” kuning telur ini jadi jarang sakit.

  1. Menggemukkan badan kucing

kucing gemuk 300x193 - Ingin Kucing Sehat ? "Ditelorin" aja
Duh tembemnya.. 😀

Telur mempunyai kandungan lemak yang cukup tinggi. Jika kucing catlovers kurus dan tak berdaya, coba deh berikan kuning telur mentah, barangkali bisa buat si kucing jadi tambah tembem.  Meski begitu, inget ya pemberiannya sesuai porsi agar tidak obesitas. Cukup 2 – 3 butir saja seminggu.

  1. Memperindah bulu kucing.

bulu indah 300x223 - Ingin Kucing Sehat ? "Ditelorin" aja
jadi pengen elus-elus..

Yang satu ini pasti catlovers percaya. Yup, protein yang terkandung dalam kuning telur memang bagus buat menghaluskan bulu pada si kucing.

Layaknya rambut manusia, bulu pada kucing memang membutuhkan banyak protein agar tumbuh lebih halus dan lebat.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kerontokan pada Bulu Kucing.

  1. Mencegah kerontokan bulu pada kucing.

kucing rontok bulu 300x209 - Ingin Kucing Sehat ? "Ditelorin" aja
Kasian ya kalo rontok gitu.. 🙁

Selain mengindahkan bulu kucing, protein ini juga berguna sebagai anti rontok. Karena kandungan telur mampu memperkuat tumbuhnya bulu kucing.

cat egg2 300x200 - Ingin Kucing Sehat ? "Ditelorin" aja
Aku mau telur makk.

Nah, itulah manfaat telur atau tepatnya kuning telur untuk kucing. Sedikit catatan, dibanding telur biasa, cat lovers bisa memberikan telur ayam kampung atau telur bebek karena kandungan vitamin yang lebih banyak didalamnya.

Jika cat lovers bingung bagaimana caranya agar kucing kesayangan kita itu mau memakan kuning telur, catlovers boleh kok mencoba memberinya mentah langsung tanpa di rebus.

Mungkin cara tersebut gagal?, coba deh campurin ke makanan kesukaannya. Pasti gak bakal nolak.

 

 

 

Komentarmu Apa?