Jangan Mengurung Kucing dalam Kandang!

4835

Memiliki kebebasan dalam melakukan aktivitas yang kita sukai memang menyenangkan ya catlovers. Apalagi jika setiap hal yang ingin kita kerjakan selalu bisa dicapai. Ada kebahagiaan tersendiri jika kita memiliki sebuah kebebasan.

Selain kita, kucing juga ingin merasakan arti sebuah kebebasan lho catlovers. Entah itu berlari, makan makanan yang disukai, atau apa saja yang bisa mereka kerjakan.
Namun terkadang karena kita merasa khawatir akan keselamatan kucing itu sendiri, kita akan sering memaksa kucing agar tidak melakukan hal-hal yang disukainya dan memaksanya agar tidak keluar dari rumah.

Memaksanya agar selalu berada didalam rumah tentunya akan membuat kucing merasa sedih. Namun biasanya pada awal memelihara kucing kebanyakan orang lebih memilih akan mengurung kucingnya di dalam kandang untuk beberapa minggu. Mengurungnya untuk sementara memang boleh namun akan berdampak buruk jika terlalu sering mengurungnya

Ada beberapa dampak buruk yang akan dialami si kucing jika dikurung dalam kandang terlalu lama, antara lain:

1. merasa stres

Saat kucing berada dikandang mereka akan merasa kesepian. Merasa dikekang dan dipaksa untuk berdiam diri. Hal tersebut malah akan membuat kucing menjadi stres. Jangan salah lho catlovers, stres juga dapat menimbulkan gejala penyakit.

2. rentan terkena penyakit

Jika catlovers jarang membersihkan kandang si kucing. Akan timbul berbagai bakteri seperti jamur, kutu, bahkan penyakit kulit. Tidak dipungkiri jika kucing terlalu lama dikandang, dia akan membuang kotorannya dalam kandang pula.

3. Pertumbuhan kucing tidak dapat maksimal

Sama seperti manusia, kesehatan bukan hanya didapat dari makanan namun dari lingkungan sekitar juga. Saat kucing berada diluar dia akan merasakan sinar hangat matahari yang menyehatkan.

Jika di kandang terus bulu kucing akan lebih sering kotor dan menyebabkan bulu kucing terlihat kurang sehat. Selain itu pertumbuhan tangan dan kakinya juga akan terhambat lho catlovers.

Kucing yang sering dikurung akan memiliki kaki dan tangan yang pendek atau cebol. Sebailiknya jika kucing dapat merasakan kebebasan diluar kaki dan tangannya juga akan tumbuh lebih kuat mungkin karena mereka berlari dan berjalan sehingga otot mereka berjalan dengan baik.

Jangan terlalu sering mengurungnya ya catlovers, karena mereka juga punya kesempatan hidup di dunianya yang bebas  ^_^

Komentarmu Apa?