Kandang Kucing Unik: Solusi Nyaman untuk Peliharaan Kesayangan Anda

Siapakah yang tidak menyukai kucing? Selain menjadi hewan peliharaan yang populer, terdapat jenis kucing yang sangat lucu yaitu kucing kandang. Kucing kandang, dikenal juga sebagai kucing ras, merupakan hasil persilangan antara kucing domestik dengan spesies kucing tertentu. Pada artikel ini, kita akan mencoba mengenal lebih jauh tentang kucing kandang yang unik ini.

Gambar Kucing Kandang

Spesies kucing ras memiliki fitur yang istimewa dan berbeda dari kucing biasanya. Mereka memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan berat dibandingkan dengan kucing domestik. Selain itu, bulu kucing kandang juga memiliki berbagai warna dan pola menarik, seperti abu-abu, hitam, cokelat, dan pola belang-belang.

Salah satu keunggulan kucing kandang adalah sifat mereka yang ramah dan tenang. Mereka lebih dekat dengan manusia dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Selain itu, kucing kandang juga terkenal cerdas dan mudah dilatih dibandingkan dengan kucing biasa. Mereka seringkali menjadi bintang dalam pertunjukan atau kompetisi kucing karena kemampuan mereka yang luar biasa.

Untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup kucing kandang, sebagai pemilik diperlukan perhatian khusus pada makanan dan perawatan mereka. Kucing kandang membutuhkan makanan yang mengandung protein dan Vitamin D yang cukup, serta menjaga kebersihan bulu dan gigi mereka secara rutin.

Secara keseluruhan, kucing kandang adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang menginginkan hewan peliharaan dengan kepribadian unik dan kemampuan yang fu. Rawatlah dan berikan kasih sayang kepada mereka, dan kucing kandang akan menjadi teman yang setia dan anggota keluarga yang tak tergantikan.

Sejarah Kucing Kandang: Kucing yang Istimewa

Kucing Kandang

Kucing merupakan binatang piaraan yang amat terkenal di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa kucing yang ada di kandang juga punya riwayat yang unik?

Sejak zaman dahulu, kucing belum dijadikan hewan piaraan seperti sekarang. Mereka ialah hewan liar yang hidup di alam bebas dan biasa mengejar mangsanya sendiri. Tagapaganggu seiring dengan bertambahnya manusia, kucing-kucing mulai dijinakan serta dirawat buat menjaga rumah dari hama dan tikus.

Sejarah penjinakan kucing kandang ini bermula sekitar 4.000 tahun yang silam di Mesir Kuno. Kucing dihormati sebagai binatang yang suci serta dilihat sebagai pelindung rumah. Bahkan mereka diberikan upacara pemakaman serupa seperti manusia bila telah meninggal. Kucing Mesir Kuno memiliki penampilan yang agak berbeda dari kucing modern sekarang ini.

Populasi kucing kandang makin meluas waktu manusia mulai melakukan pelayaran ke berbagai pelosok dunia. Kucing-kucing ini dibawa bersama untuk mengejar tikus di atas kapal dan menjaga suplai makanan tetap aman. Negara-negara serupa China, Jepang, dan Eropa memiliki kucing yang menjadi bagian yang penting dalam kehidupan sehari-hari.

Hingga saat ini, kucing kandang tetap menjadi hewan piaraan yang diidamkan oleh banyak orang di tiap belahan dunia. Mereka tidak sekedar dijadikan kawan setiap hari, melainkan juga mengemban peran penting dalam menjaga kesehatan rumah dan meredakan stres. Sejarah yang unik menjadikan kucing kandang jadi istimewa dan selalu menarik buat digeluti.

Ras Kucing yang Populer: Menakjubkannya kandang kucing yang Unik

Ras Kucing yang Populer: Kandang Kucing Unik
Keberagaman Ras Kucing yang Populer

Also read:
Kandang Kucing Stainless: Tempat Hunian Nyaman dan Tahan Lama untuk Kucing Anda
Kandang Kucing Semarang: Tempat Nyaman untuk Kucing Peliharaan Anda

Dalam lingkup penggemar kucing, kita menemukan beragam ras kucing yang sangat populer. Alasan utama popularitas kucing-kucing ini adalah desain kandang unik yang memenuhi kebutuhan kucing tersebut. Kandang-kandang ini didesain khusus untuk memberikan tingkat kenyamanan dan pengalaman hidup yang lebih baik bagi kucing peliharaan kita.

Salah satu ras kucing yang sangat terkenal adalah ras Persia, yang dikenal karena bulu panjangnya, wajah datar, dan hidung pesek. Dalam rangka mengakomodasi keindahan bulu panjang mereka, kita akan menemukan bahwa kandang-kandang kucing Persia didesain dengan luang yang memadai sehingga kucing-kucing ini bisa bermain dan beristirahat dengan nyaman. Kucing-kucing Persia cenderung mencari tempat yang tenang ketika mereka membutuhkan ketenangan, maka dari itu kandang-kandang mereka akan dilengkapi dengan ruangan-ruangan terbatas yang dapat membuat mereka merasa nyaman dan tenang.

Kandang Unik yang Menyenangkan

Selain Persia, ras kucing Siamese juga memiliki banyak penggemar. Kandang-kandang Siamese didesain dengan elemen-elemen yang memungkinkan mereka bermain dan beraktivitas dengan bebas. Kucing-kucing Siamese dikenal aktif dan hiperaktif, maka dari itu kandang-kandang mereka biasanya dilengkapi dengan beragam mainan dan rintangan seperti tangga atau pohon mainan tinggi yang dapat membuat mereka terus bergerak dan berkembang.

Ras kucing Sphynx juga tidak kalah populer dengan ras-ras lainnya. Sphynx adalah kucing tanpa bulu yang unik. Mengingat mereka tidak memiliki bulu untuk melindungi tubuh mereka, kandang-kandang Sphynx didesain dengan penutup atau pemanas agar mereka tetap nyaman. Selain itu, kandang-kandang ini dilengkapi dengan bantalan-bantalan yang lembut untuk memberikan kenyamanan ekstra bagi kulit mereka yang sensitif.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih kandang yang tepat untuk ras kucing peliharaan kita agar mereka dapat hidup dengan nyaman. Desain kandang yang unik dan disesuaikan dengan karakteristik ras kucing tertentu dapat membantu mereka merasa aman, nyaman, dan bahagia. Dengan demikian, hubungan antara manusia dan kucing dapat terjalin dengan lebih harmonis dan cinta kasih tak terhingga dapat terpancar di antara mereka.

Karakteristik Fisik Kucing Kandang: Kucing Yang Unik

Karakteristik Fisik Kucing Kandang

Lincah dan Cepat

Kucing kandang memiliki ciri-ciri fisik yang unik. Salah satunya adalah kemampuan mereka yang luar biasa dalam bergerak dengan cepat dan lincah. Meskipun memiliki kaki yang pendek, mereka mampu melompat dengan gesit dan bergerak dengan kecepatan tinggi saat berburu atau bermain dengan mainan kesukaan mereka.

Bulu yang Lebat

Ciri lainnya adalah bulu yang tebal. Bulu yang lebat ini berguna sebagai perlindungan alami bagi kucing kandang dari cuaca dingin. Bulu mereka akan mengembang saat mereka kedinginan atau merasa terancam. Selain itu, bulu yang lebat juga memungkinkan mereka untuk menyamar di sekitar lingkungan alaminya.

Mata Menawan

Mata kucing kandang juga memiliki daya tarik yang khas. Mata mereka memiliki bentuk bulat dan jarang terlalu besar atau kecil. Warna mata kucing kandang sangat beragam, ada yang hijau cerah, biru, emas, atau bahkan merah. Selain itu, mata mereka memiliki fokus yang kuat dan mampu melihat dengan jelas dalam kondisi cahaya rendah. Penglihatan tajam kucing kandang juga memudahkan mereka dalam berburu.

Cakar Tajam

Tidak ketinggalan, kucing kandang juga memiliki cakar yang tajam. Cakar tersebut dapat ditarik masuk saat tidak digunakan, dan digunakan saat mereka membutuhkannya untuk memanjat atau berpegangan saat bertarung. Cakar yang tajam ini memungkinkan kucing kandang untuk mendaki dengan cepat dan lincah. Selain itu, cakar tajam juga berfungsi sebagai bentuk pertahanan dari ancaman yang mungkin mereka hadapi.

Jadi, karakteristik fisik kucing kandang memang mengagumkan dan menarik untuk dipelajari. Kecepatan dan kelenturan mereka, bulu lebat, mata yang memikat, dan cakar tajam adalah beberapa hal yang membuat kucing kandang menjadi spesies yang istimewa. Hal-hal ini menjadikan mereka indah dan menarik di mata banyak orang.

Perilaku Istimewa Kucing di Kandang

Perilaku Istimewa Kucing di Kandang

Pemilik kucing yang menjaga hewan peliharaan mereka di dalam rumah sering kali menyaksikan perilaku yang luar biasa dan menarik dari kucing kesayangan mereka. Kucing yang tinggal di dalam kandang memiliki kebiasaan dan karakteristik yang berbeda dengan mereka yang menjelajahi luar ruangan. Berikut beberapa perilaku istimewa yang umum terlihat pada kucing di kandang.

Hal pertama yang menonjol, kucing di kandang cenderung lebih tenang dan santai dibandingkan dengan kucing yang berkelana di luar rumah. Mereka lebih terlatih untuk menikmati waktu di dalam ruangan dengan bermain dengan mainan mereka atau tidur di tempat yang nyaman. Kucing di kandang juga terkenal dengan keheningannya dan jarang terlibat dalam pertengkaran dengan kucing lainnya.

Kedua, kucing di kandang seringkali menunjukkan perilaku perhatian atau pengawasan terhadap rumahnya. Mereka memiliki naluri untuk melindungi dan menjaga wilayah di sekitar mereka. Saat ada tamu yang datang, kucing di kandang mungkin akan bersembunyi atau memperhatikan dari jarak yang aman. Mereka bisa menjadi penjaga yang baik dalam memberikan peringatan ketika terjadi situasi berbahaya atau mencurigakan di sekitar rumah.

Ketiga, kucing di kandang biasanya lebih bergantung pada pemiliknya. Mereka menghabiskan waktu yang lebih lama berdekatan dengan pemiliknya dan sering kali mencari perhatian dan kasih sayang. Kucing di kandang terbiasa dengan rutinitas harian pemiliknya dan mampu menyesuaikan diri dengan situasi baru yang mereka hadapi. Mereka dapat menjadi sahabat yang setia dan membentuk ikatan yang kuat dengan pemiliknya.

Sebagai kesimpulan, perilaku kucing yang ada di kandang merupakan hal yang unik dan menarik untuk diamati. Dalam lingkungan yang terbatas, kucing di kandang mengembangkan gaya hidup yang lebih tenang dan santai. Mereka juga dapat menjadi penjaga rumah yang baik dan menjadi sahabat yang setia bagi pemiliknya. Oleh karena itu, memahami dan menghormati kebutuhan dan perilaku kucing di dalam lingkungan kandang mereka sangatlah penting bagi kita sebagai pemilik kucing.

Makanan yang Sesuai untuk Kucing Kandang yang Istimewa

Gambar Kucing

Bagi para pemilik miaw-miaw kesayangan, makanan jelas menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaan si kucing yang tinggal di dalam kandang atau apartemen. Tentunya sebagai pemilik, pilihan makanan yang pas sangat diperhatikan agar kucing dapat memenuhi kebutuhan nutrisi mereka dengan baik.

Makanan yang pertama adalah kibble, atau yang biasa disebut makanan kering. Kibble ini memiliki kelebihan dalam menjaga kebersihan gigi si kucing dan lebih mudah disimpan. Pastikan saja makanan kering yang kamu pilih ini mengandung protein tinggi seperti ikan atau daging, dan jangan lupa untuk menghindari penggunaan bahan pengawet buatan atau pewarna.

Selain itu, makanan basah juga bisa menjadi alternatif lain untuk si kucing yang tinggal di kandang. Makanan basah ini sangat baik untuk memenuhi kebutuhan cairan harian si kucing dan membantu menjaga kesehatan saluran kemih mereka. Pastikan untuk memilih makanan basah yang mengandung bahan-bahan alami dan tentunya bebas dari bahan kimia berbahaya.

Ketika si kucing kandang mengalami masalah kesehatan tertentu, seperti alergi atau sensitivitas makanan, kamu dapat mencoba memberikan makanan khusus yang telah direkomendasikan oleh dokter hewan. Makanan spesial ini biasanya mengandung bahan hypoallergenic yang dapat membantu mencegah reaksi alergi atau gangguan pencernaan pada kucing kesayangan kamu.

Yang tak kalah penting adalah pastikan selalu memberikan air segar dan bersih setiap hari untuk si kucing kandangmu. Usahakan agar mereka punya akses mudah ke tempat minum yang selalu terisi penuh. Air yang mencukupi sangat penting agar si kucing tetap sehat dan fungsi tubuhnya berjalan dengan lancar.

Agar si kucing kandangmu mendapatkan makanan yang tepat dan berkualitas, kamu perlu memperhatikan jenis makanan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kucingmu. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter hewan agar mendapatkan saran yang lebih lengkap tentang makanan yang cocok untuk si miaw-miaw kesayanganmu.

Pemeliharaan Kucing yang Baik: kandang kucing yang Unik

Kucing dalam kandang yang unik

Ketika kita memilih untuk memelihara kucing, hal yang penting bagi kita adalah memberikan tempat tinggal yang nyaman bagi mereka. Kandang kucing bukan hanya sekadar tempat perlindungan, tetapi juga menjadi rumah kedua bagi si kucing yang kita sayangi. Dengan demikian, penting bagi kita untuk memilih dan merawat kandang dengan baik agar kucing dapat hidup bahagia dan nyaman.

Salah satu hal penting dalam pemeliharaan kucing adalah memastikan kandangnya memiliki ukuran yang memadai. Kandang yang luas akan memberikan ruang gerak yang cukup bagi kucing. Kucing senang menjelajah, maka ada baiknya jika kandang dilengkapi dengan area bermain yang menyenangkan. Selain itu, pastikan bahwa kandang memiliki sirkulasi udara yang baik. Ventilasi yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan kucing kita.

Selain itu, perhatikan juga kenyamanan tempat tidur di dalam kandang. Kucing sangat suka tempat tidur yang lembut dan hangat. Maka, Anda dapat menambahkan alas tidur yang empuk di dalam kandang agar kucing merasa nyaman dan senang. Jangan lupa untuk membersihkan tempat tidur secara rutin agar kucing tetap sehat dan nyaman.

Selalu jaga kebersihan kandang dan buang limbah kucing secara teratur. Kebersihan yang terjaga akan membantu menjaga kesehatan kucing kita. Pastikan pula selalu menyediakan makanan dan air bersih di dalam kandang agar kucing tidak kekurangan nutrisi dan tetap terhidrasi dengan baik.

Dengan memberikan kandang yang baik untuk kucing kesayangan kita, kita dapat memastikan bahwa mereka hidup dengan bahagia dan sehat. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebutuhan kucing dan memberikan perawatan yang terbaik agar mereka dapat hidup bahagia bersama kita.

Kucing sebagai hewan peliharaan yang Unik

Gambar kucing menggemaskan

Siapa yang bisa hidup tanpa kucing di dalam keluarga?

Kucing adalah salah satu binatang peliharaan yang sangat terkenal dan banyak disukai di seluruh dunia. Selain memiliki penampilan yang menggemaskan, kucing juga memiliki beragam keunikan yang membuatnya sangat istimewa. Salah satu keunikan khas kucing adalah perilaku mereka yang independen. Mereka dikenal karena kemampuannya menjaga kebersihan diri sendiri dan kebiasaan hidup mandiri.

Si petualang tak kenal lelah

Pernahkah Anda melihat kucing berkeliling dengan rasa penasaran yang besar? Itulah yang membuat mereka sangat menghibur. Kucing seringkali menjadi sumber hiburan bagi pemiliknya dengan aktivitas petualangannya yang tak pernah bosan. Mereka bisa bermain dengan bola, mengejar burung atau serangga, bahkan berusaha memasuki tempat-tempat yang sulit dijangkau. Keaktifan kucing ini membuatnya selalu pantas untuk ditonton.

Kucing, teman setia yang menyenangkan

Kucing juga dikenal sebagai hewan peliharaan yang bisa menjadi penghibur yang fantastis. Kehadiran mereka di rumah dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Mereka juga memiliki kebiasaan suka berinteraksi dengan manusia, terutama dengan pemiliknya. Kucing sering menunjukkan kasih sayang dengan cara unik, seperti menjilat tangan atau wajah pemiliknya. Rasanya selalu menyenangkan memiliki kucing yang menjadi sahabat dan pendamping setia dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun memiliki banyak keunikan dan keistimewaan tersebut, kucing tetap membutuhkan perhatian yang baik dari pemiliknya. Mereka memerlukan makanan yang seimbang, tempat bermain yang aman, serta perhatian dan kasih sayang dari anggota keluarga. Sebelum memutuskan untuk mengadopsi kucing sebagai hewan peliharaan, penting untuk memastikan bahwa Anda dapat memberikan segala kebutuhan yang mereka perlukan.

Perawatan Kesehatan Kucing: Kandang Kucing yang Unik

Perawatan Kesehatan Kucing - Kandang Kucing Unik

Manfaat Kandang Kucing yang Unik

Bagi pemilik kucing, menjaga kesehatan kucing kesayangan adalah hal yang sangat penting. Salah satu hal terkait dengan kesehatan kucing yang perlu diperhatikan adalah tempat tinggal kucing itu sendiri. Kandang kucing yang memiliki desain yang unik dan kreatif bisa menjadi solusi yang tepat untuk menjaga kucing agar tetap sehat dan nyaman.

Kebersihan Kandang yang Wajib Dipertahankan

Salah satu faktor terpenting dalam memelihara kesehatan kucing adalah menjaga kebersihan kandang. Kandang kucing yang memiliki desain yang unik dan inovatif akan memudahkan pemilik kucing dalam membersihkannya. Hal ini sangat penting untuk mencegah kucing terkena penyakit yang disebabkan oleh kondisi kandang yang kotor dan menjaga kucing agar tetap sehat.

Kandang Kucing sebagai Tempat Perlindungan

Kandang kucing yang unik juga memiliki peran penting dalam memberikan perlindungan bagi kucing kesayangan. Desain yang unik dan terperinci akan memastikan bahwa kucing tetap aman di dalam kandang dan terhindar dari bahaya di lingkungan sekitarnya. Hal ini sangat penting agar kucing tetap terlindungi dan terjaga keselamatannya.

Kenyamanan yang Lebih Baik

Selain menjaga kebersihan dan memberikan perlindungan, kandang kucing yang unik juga dapat memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi kucing. Desain yang cerdas dengan adanya ruang pribadi, tempat tidur yang nyaman, dan berbagai mainan akan membuat kucing merasa aman, senang, dan betah di dalam kandang. Hal ini dapat membantu mengurangi stres dan menjaga kesehatan emosional kucing.

Dengan demikian, perawatan kesehatan kucing bukanlah hal yang bisa dianggap remeh oleh pemiliknya. Menggunakan kandang kucing yang unik bisa menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kucing tetap sehat, aman, dan bahagia.

Melatih Kucing di Kandang

Kucing adalah hewan peliharaan yang diminati oleh banyak orang. Tetapi, ada beberapa kucing yang harus tinggal di dalam rumah. Untuk pemilik kucing kandang, melatih kucing mereka dapat menjadi suatu tantangan tersendiri. Berikut ini merupakan beberapa teknik yang bisa Anda gunakan untuk melatih kucing kandang dengan cara yang unik.

Memanfaatkan Targetting

Salah satu teknik yang efektif dalam melatih kucing kandang adalah dengan memanfaatkan targetting. Anda dapat menggunakan tongkat targetting yang memiliki ujung berbentuk bola atau bintang kecil. Letakkan tongkat targetting di depan kucing dan beri pujian serta hadiah saat kucing menyentuh ujung tongkat itu dengan hidung atau kaki. Dengan cara ini, kucing tersebut akan belajar mengikuti perintah Anda dengan mengejar tongkat targetting yang diarahkan.

Penerapan Metode Clicker Training

Clicker training merupakan teknik melatih hewan dengan menggunakan bunyi klik sebagai tanda komunikasi positif. Anda dapat menggunakan clicker untuk memberitahu kucing bahwa mereka melakukan perilaku yang tepat. Misalnya, saat kucing menggunakan tempat pembuangan kotoran, tekan clicker dan berikan hadiah seperti camilan kesukaan mereka. Lama kelamaan, kucing akan mampu menghubungkan bunyi klik kliker dengan perilaku yang diinginkan.

Mengenalkan Berbagai Enrichment dalam Kandang

Kandang yang memiliki beragam kesempatan bermain dan berinteraksi juga sangat penting untuk melatih kucing kandang. Tambahkan mainan, gantungan, atau papan pencakar di dalam kandang. Sediakan juga tempat bersembunyi seperti kotak-kotak karton atau rumah kecil. Tingkatkan kemampuan melatih kucing kandang Anda dengan memberikan variasi dalam mainan dan enrichment dalam kandang mereka, sehingga mereka tetap aktif dan terlibat dengan lingkungan di sekitar mereka.

Melatih kucing kandang membutuhkan waktu dan kesabaran. Dengan menerapkan beberapa teknik unik seperti targetting, clicker training, dan memberikan enrichment dalam kandang, Anda dapat membantu kucing Anda agar tetap aktif dan bahagia di dalam kandang mereka. Jangan lupa untuk selalu memberikan pujian dan hadiah sebagai bentuk penghargaan ketika kucing berhasil melaksanakan perilaku yang diinginkan. Selamat mencoba melatih kucing kandang Anda!

Pertanyaan Umum seputar Kandang Unik untuk Kucing

Foto Kandang Kucing Unik

Apa yang membuat kandang kucing unik?

Kandang kucing unik memiliki ciri khas desain yang inovatif dan berbeda dari kandang biasa. Mereka bisa memiliki bentuk yang tidak lazim atau menggunakan material yang tidak konvensional. Di samping itu, kandang kucing unik juga sering dilengkapi dengan fitur menarik seperti tempat tidur yang nyaman, mainan interaktif, atau pencahayaan kreatif. Keunikan kandang ini dapat mencerminkan kepribadian pemiliknya dan memberikan suasana yang menyenangkan bagi kucing kesayangan.

Apakah kandang kucing unik aman digunakan?

Ya, umumnya kandang kucing unik didesain dengan memperhatikan aspek keamanan kucing. Mereka menggunakan material yang awet dan tidak berbahaya. Selain itu, kandang ini dilengkapi dengan sirkulasi udara yang baik dan memberikan ruang gerak yang cukup bagi kucing. Namun, sangat penting bagi pemilik kucing untuk memilih kandang yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhan kucing mereka. Pastikan juga untuk membaca petunjuk perawatan dan pemeliharaan yang diberikan oleh produsen.

Apakah kucing akan senang dengan kandang yang unik?

Setiap kucing memiliki selera dan kepribadian yang berbeda, jadi tidak bisa dipastikan apakah setiap kucing akan menyukai kandang yang unik. Namun, banyak kucing yang menikmati kandang unik karena menyediakan stimulasi mental dan fisik. Dalam kandang ini, kucing bisa bermain dengan fitur-fitur menarik dan mainan yang ada di dalamnya. Untuk memastikan kucing senang, penting untuk memperkenalkan kandang baru secara perlahan dan memberikan waktu agar kucing beradaptasi dengan lingkungannya yang baru.

Berapa harga untuk memiliki kandang kucing unik?

Harga kandang kucing unik bervariasi tergantung pada desain, material, dan ukuran. Ada kandang yang sangat terjangkau, dengan harga mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Namun, ada juga kandang dengan desain yang lebih mewah atau dilengkapi fitur khusus yang harganya lebih tinggi. Sebelum membeli kandang kucing unik, penting untuk melakukan riset dan membandingkan harga agar sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Kandang Kucing Unik

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements