Kebiri Kucing Jantan ? Perlukah ?

196

kucing lucu – Dalam dunia kesehatan kucing, istilah kebiri secara umum dapat digunakan pada hewan betina maupun hewan jantan. Namun, dalam hal ini, penggunaan istilah kebiri lebih sering merujuk pada hewan jantan, termasuk kucing.

Kebiri merupakan sebuah prosedur operasi atau bedah ddengan tujuan untuk membuang testis pada hewan jantan yang dilakukan dalam keadaan tidak sadar atau terbius.

cat 2353131 1920 300x225 - Kebiri Kucing Jantan ? Perlukah ?

Waktu untuk melakukan kebiri

Yang harus dipastikan ketika akan melakukan kebiri pada si kucing jantan adalah memiliki kondisi yang sehat. Dalam hal umur, para ahli menyatakan bahwa usia yang dianjurkan untuk melakukan kebiri adalah 5-8 bulan. Usia tersebut adalah usia si kucing sebelum mengalami masa puber, hal ini ditujukan untuk mencegah perilaku kucing yang tidak diinginkan.

Namun, beberapa organisasi kucing bahkan melakukan kebiri lebih awal, yaitu usia sekitar 6-14 minggu. Yang harus diketahui adalah tindakan kebiri ini tidak akan mempengaruhi pertumbuhan si kucing.

Kebiri juga dapat dilakukan pada kucing yang berumur tua, namun sebelumnya harus melalui beberapa tes kesehatan seperti tes darah, tes urin dan x- ray untuk memastikan kondisi dan kelayakan si kucing untuk operasi.

Keuntungan kebiri

ketika kamu memutuskan untuk melakukan kebiri pada si kucing, tentu terdapat bebrapa manfaat untuk si kucing atau manfaat untuk anda sebagai pemiliknya.

Kamu dapat mempertimbangkan beberapa manfaat berikut ini :

  1. Kurang agresif

Seperti yang diketahui, kucing jantan cenderung memiliki produksi hormon testosteron yang lebih  banyak. Namun setelah dilakukan kebiri, maka prosuksi hormon testosteron akan berkurang sangat banyak yang mengakibatkan si kucing tidak terlali agresif terhadap kucing lain.

  1. Berkurangnya resiko gangguan prostat dan tumor

Meski kasus ini lebih sering terjadi pada anjing, namun hal ini dapat menjadi pertimbangan keuntungan bahwa kucing jantan yang dikebiri minim resiko untuk terkena penyakit terebut yang memiliki keterkaitan yang erat dengan hormon testosteron.

  1. Mencegah kelahiran anak kucing yang tidak diharapkan

Dalam hal ini, kamu dapat membantu mengendalikan populasi kucing, sehingga kamu dapat merawat kucing lainnya dengan maksimal tanpa terkendala oleh anak kucing yang baru lahir dan membutuhkan perhatian khusus.

Itulah beberapa keuntungan ketika memutuskan untuk melakukan kebiri pada kucing jantan kesayangan anda. Jika memang perlu untuk melakukannya maka lakukanlah, namun jika siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi, akan lebih baik untuk mempertimbangkannya kembali.

Komentarmu Apa?