Kucing Belekan? Bisa Jadi ini Penyebabnya

839

Mata merupakan salah satu indera yang berfungsi untuk melihat keindahan didunia ini.
Sebagian besar makhluk hidup memiliki mata untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Seperti halnya kucing, hewan satu ini memiliki mata yang tajam bahkan dapat menyala dalam kegelapan, hebat kan catlovers ^_^ .

Tapi apa yang terjadi jika si puss yang kita sayang mengalami gangguan kesehatan matanya. Salah satu penyakit yang dapat menyerang mara si puss maupun kitten adalah “Belekan” . Awalannya pasti cat lovers hanya mengira penyakit belekan hanya dapat dialami oleh manusia saja. Tapi ternyata kitten kita juga bisa mengalaminya.

Jika cat lovers bertanya-tanya mengapa si kitten dapat belekan. Jawabannya adalah kotoran. Kotoran itu berasal dari debu yang menempel di bagian mata kucing. Kemudian jika didiamkan, kotoran tersebut akan menjadi kerak yang terlihat menghitam dan mengeras. Kemudian dari sini kucing bisa menjadi belekan. Karena kotoran yang menjadi kerak di bagian mata si kucing memiliki bakteri dan kumannya, yang kemudian akan masuk ke dalam mata si kucing yang ahirnya bisa membuat si kucing matanya berair dan menjadi belekan. Jika tidak segera di obati maka si kucing bisa sakit mata.

Baca juga: Whitey, kisah mengharukan bersama induknya. Kasih sayang ibu sepanjang masa

Kasian ya si kitten kita. Selain kotoran ada pula beberapa faktor penyebab yang dapat mengakibatkan si kitten menjadi Belekan lho antra lain :

Iritasi pada mata

Iritasi mata pada kucing, dapat menyebabkan mata belekan, pengobatannya gunakan obat tetes mata Alletrol, Propolis non alkohol, biasanya disebabkan oleh debu dan udara yang kotor.

Kekurangan air minum

Kurang minum pada kucing, dapat menyebabkan mata belekan, pencegahannya adalah berikan air gula atau madu pada kucing seminggu sekali. Pada kasus ini, cobalah memeriksa apakah ada bekas kencing pada kotak pasirnya, agar dapat menyimpulkan kebiasaan minumnya.

Baca juga: bagaimana membedakan kucing anggora dan kucing persia?

Kelainan pada mata

Kelainan pada mata kucing, karena terlalu terbuka lebar, jadi kantung matanya tidak dapat menampung air mata, sehingga mata selalu berair dan jika dibiarkan akan menjadi belekan.

Kemasukan air ketuban

Pada saat dilahirkan mata kemasukan air ketuban indukannya, pinggiran luar mata menjadi hitam kecoklatan, cukup basuh dengan kapas yang telah dibasahi dengan propolis yang telah dilarutkan ke dalam air hangat.

Baca juga: Apakah Anda terkena Toksoplasma? yuk kenali secara dini

Jika cat lovers bingung bagaimana cara mencegah belekan yang dialami si kitten, cat lovers baiknya membiasakan untuk memeriksa kebersihan tubuh si kucing setiap pagi dan sore hari, terutama bagian matanya. Jika terlihat ada kotoran bewarna kehitaman atau ada kerak lalu bersihkan saja kotoran tersebut.

Biasanya menggunakan kapas halus yang sudah dibasahi dengan air hangat. Kemudian usap secara halus kotoran yang menempel di mata kucing dengan perlahan. Alasan mengapa menggunakan kapas?  karena kapas sangat halus dan tidak berbahaya untuk mata si kitten.

Selalu perhatikan kesehatan si kitten mulai dari sekarang ya catlovers. Jangan lupa share yah, biar Kucing Lucu tambah semangat nulisnya ^_^

Komentarmu Apa?