Kucing Berguling Guling: Tingkah Lucu dan Menggemaskan yang Mengundang Tertawa

Pengetahuan tentang Si Manis Kucing yang Senang Berguling-Guling

Kucing Berguling Guling

Siapa yang tak terpesona dengan aksi lucu kucing yang suka berguling-guling? Gerakan menggemaskan ini sering dilakukan oleh kucing sebagai bentuk ekspresi mereka. Entah itu dalam keadaan bermain atau mengundang perhatian pemiliknya dengan menggelindingkan tubuhnya di lantai. Aktivitas ini selalu mengundang tawa melihat kelucuan tingkah kucing tersebut.

Biasanya, kucing suka berguling-guling untuk menunjukkan betapa bahagianya mereka dan kenyamanan yang dirasakan. Ketika merasa nyaman di sekitar, kucing akan dengan lincah meluncur ke lantai, melengkungkan tubuhnya dengan anggun. Gerakan unik seperti ini terlihat seperti kucing sedang bermain atau sekadar ingin menarik perhatian pemiliknya.

Ternyata, kucing dapat dengan mudah mengekspresikan emosi mereka melalui gerakan tubuh. Baik meletakkan kaki di bawah tubuhnya, bersandar dengan manja, hingga berputar-putar di atas lantai! Setiap kucing memiliki gaya dan karakter yang berbeda, sehingga aktivitas berguling-guling ini tidak bisa dijadikan acuan hanya untuk satu kucing saja.

Meskipun demikian, terkadang perilaku berguling-guling juga bisa menjadi tanda adanya ketakutan, stres, atau cedera pada kucing. Jika melihat kucing mencurigakan dalam berguling-guling dengan cara yang tidak biasa, perhatikan lebih lanjut apakah ada masalah yang mengganggu kucing tersebut. Jika ada perubahan perilaku yang mencurigakan, segera berkonsultasilah dengan dokter hewan agar kucing bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain sebagai penampilan lucu dan menggemaskan, aksi berguling-guling kucing adalah perwujudan kebahagiaan dan kenyamanan yang mereka rasakan. Dalam merawat kucing di rumah, pastikan memberikan lingkungan yang aman dan menyenangkan bagi mereka agar mereka dapat terus menunjukkan aksi lucu ini!

– Selesai –

Also read:
Kucing Bergetar: Keunikan dan Fenomena yang Mengagumkan
Kucing Berdasi: Kehadiran yang Serba Elegan dan Menggemaskan

Sejarah Kucing-Kucing Berguling-guling

Ilustrasi Kucing Berguling-guling

Kucing sering kali menjadi binatang kesayangan yang menyenangkan dan menggemaskan. Mereka memiliki berbagai perilaku yang unik, salah satunya adalah kebiasaan berguling-guling. Walaupun kita sering melihat kucing melakukannya dengan lincah dan lincah, tidak banyak yang mengetahui tentang sejarah di balik tingkah laku ini.

Memandang ke masa lalu, berguling-guling adalah hal yang dipelajari dan diwariskan dari leluhur kucing. Dalam kehidupan liar, kucing menggunakan gerakan ini sebagai teknik berburu yang efektif. Dengan berguling-guling di rumput tinggi, mereka dapat menyembunyikan diri dari mangsanya dengan menyelimutkan diri mereka dengan aroma rumput.

Seiring waktu, kucing domestikasi terjadi dan perilaku ini terus ada pada hewan kesayangan kita. Namun, selain digunakan untuk tujuan berburu, kucing juga berguling-guling sebagai tanda kasih sayang dan kepuasan. Gerakan ini umumnya dilakukan saat mereka merasa nyaman, seperti setelah makan lezat atau ketika berada di dekat pemilik yang mereka sukai.

Dalam beberapa situasi, kucing juga berguling-guling sebagai cara untuk membersihkan diri. Jika mereka merasa ada yang mengganggu pada tubuh mereka, mereka akan memutar diri mereka di atas tanah untuk mencoba menghilangkan segala hal yang tidak diinginkan atau menempel pada bulu mereka.

Jadi, berguling-guling kucing memiliki sejarah yang menarik. Awalnya digunakan sebagai teknik berburu dalam kehidupan liar, perilaku ini terus ada pada kucing yang dipelihara dan diwariskan dari generasi ke generasi. Berguling-guling kucing juga menjadi tanda kasih sayang dan kepuasan yang ditunjukkan oleh kucing kepada pemiliknya. Tidak heran jika binatang peliharaan Anda suka berguling-guling, karena ini adalah salah satu hal unik dan kebiasaan yang dimiliki oleh hewan kesayangan ini.

Gambar kucing berguling guling

Kucing-kucing yang Terkenal dengan Berguling-guling

Pernahkah Anda menyaksikan kucing yang lincah dan cerdik ketika ia berguling-guling? Kelucuan ini sering dilakukan oleh kucing-kucing dari ras tertentu yang memiliki keahlian dalam melakukannya. Simaklah beberapa ras kucing yang populer dengan kebiasaan menggemaskan ini.

Kucing Scottish Fold

Salah satu ras kucing yang paling dikenal dengan gerakan berguling-guling adalah Scottish Fold. Ras kucing yang memiliki telinga melipat ini memiliki tubuh yang sangat fleksibel. Mereka mampu dengan mudah membentuk tubuh mereka dalam posisi-posisi unik, termasuk melakukan gerakan berguling-guling dengan lancar dan elegan.

Kucing Munchkin

Kucing Munchkin memiliki ciri khas kaki yang pendek, yang membuat mereka tampak unik. Meskipun memiliki kaki pendek, Munchkin adalah kucing yang sangat lincah dan atletis. Mereka sering melakukana gerakan berguling-guling dengan tingkah lucu dan ceria, yang menjadi daya tarik unik dari ras ini.

Kucing Manx

Kucing Manx adalah salah satu ras kucing tanpa ekor yang berasal dari Pulau Man di Laut Irlandia. Mereka dikenal sebagai kucing yang aktif dan lincah, dan seringkali mereka melakukan gerakan berguling-guling dengan gesitnya. Sekalipun tidak memiliki ekor, hal ini tak menghalangi mereka untuk melakukan gerakan menggemaskan seperti berguling-guling.

Walaupun kemampuan berguling-guling ini tidak dimiliki oleh semua individu dalam ras ini, setiap kucing memiliki kebiasaan dan kepribadian unik mereka sendiri. Ada kucing yang lebih suka menjelajah atau bermain dengan mainan, sementara yang lain lebih tertarik dengan gerakan berguling-guling. Meskipun demikian, tak bisa dipungkiri bahwa ras-ras kucing ini memiliki daya tarik tersendiri, terutama bagi pecinta kucing yang gemar dengan tingkah laku lucu dan menggemaskan.

Karakteristik Tubuh Kucing yang Menyebabkan Mereka Suka Berguling-guling

Karakteristik Fisik Kucing kucing berguling guling

Serigala sering kali menemui kucing yang suka bermain dengan jig-jig dan gulung-gulungan. Perilaku ini kerap membuat kita tertawa karena kelucuannya. Tetapi pernahkah Anda bertanya mengapa mereka menggemari aktivitas ini? Terdapat beberapa sifat fisik kucing yang menjelaskan kecenderungan ini.

Pertama-tama, karakteristik tubuhnya memungkinkan kucing melakukan gerakan-gerakan ala berguling-guling. Kucing memiliki tulang punggung yang lentur, memungkinkan mereka melengkung dengan fleksibel. Selain itu, kucing juga memiliki otot-otot kuat, terutama di kaki dan perut, yang mendukung aktivitas semacam ini.

Tidak hanya itu, kucing juga memiliki keseimbangan yang menakjubkan. Mereka memiliki telinga yang bisa bergerak secara bebas berkat adanya otot-otot kecil di dalamnya. Kemampuan ini memungkinkan kucing menjaga keseimbangan saat berguling-guling.

Lebih lanjut, perilaku berguling-guling pada kucing juga bisa menjadi cara mereka meregangkan otot-otot. Aktivitas ini membantu menjaga kebugaran fisik mereka dan mencegah kekakuan otot setelah tidur atau istirahat yang lama.

Jadi, saat Anda melihat kucing kesayangan berguling-guling, ingatlah bahwa hal tersebut adalah perilaku alami bagi mereka. Dengan karakteristik fisik unik yang mereka miliki, kucing bisa melakukan gerakan ini dengan lincah dan lembut. Ayo biarkan mereka mengeksplorasi dunia mereka sesuai keinginan!

Perilaku Menarik Kucing yang Senang Berguling-guling

Kucing kalong

Pernahkah Anda melihat kucing bermain dengan cara yang unik? Salah satu perilaku menarik kucing adalah berguling-guling. Meskipun terdengar aneh, perilaku ini sebenarnya umum terjadi di antara kucing. Berguling-guling adalah salah satu bentuk komunikasi mereka dengan lingkungan sekitarnya.

Ketika kucing merasa senang atau santai, mereka sering kali melakukannya. Mereka mungkin berguling-guling di atas rumput, karpet, atau permukaan yang lembut lainnya. Kegiatan ini memungkinkan mereka merasakan sentuhan pada tubuh mereka dan disertai dengan menggerakkan kaki seolah memijat diri sendiri. Selain itu, mereka juga dapat membersihkan bulu mereka dan menyesuaikan posisi tidurnya.

Perilaku berguling-guling juga bisa menjadi tanda bahwa kucing merasa aman dan nyaman di sekitar Anda. Dalam hal ini, mereka menggunakan perilaku ini sebagai cara untuk menunjukkan kepercayaan dan kasih sayang kepada pemiliknya. Jadi, ketika Anda melihat kucing Anda berguling-guling di sekitar Anda, itu menandakan bahwa mereka merasa bahagia dan nyaman di lingkungan yang Anda ciptakan.

Perlu diketahui bahwa berguling-guling juga dapat dilakukan oleh kucing ketika mereka mengeksplorasi atau bermain. Ketika mereka menemukan objek baru atau bermain dengan mainan favorit mereka, mereka dapat berputar dan melakukannya sebagai bentuk permainan atau eksplorasi lingkungan sekitar mereka. Ini adalah cara kucing berinteraksi dengan lingkungan mereka yang menarik dan penuh kegembiraan.

Manfaat Menarik dari Berguling-guling pada Kucing

Berguling-guling adalah perilaku alami bagi kucing dan memiliki beberapa manfaat. Pertama, perilaku ini dapat membantu merangsang sirkulasi darah mereka sehingga menjaga tulang dan otot mereka tetap sehat. Kedua, melalui kegiatan ini, kucing dapat membersihkan bulu mereka dengan membuang kotoran dan kelebihan minyak dari kulit mereka. Terakhir, berguling-guling juga bisa menjadi cara mereka mengekspresikan kegembiraan atau kenyamanan mereka.

Jadi, jika Anda melihat kucing Anda berguling-guling, tidak perlu khawatir. Ini adalah perilaku alami yang menunjukkan bahwa kucing Anda senang dan rileks. Di samping itu, memberikan lingkungan yang aman dan menyenangkan juga membantu mereka melanjutkan perilaku alami ini dan tetap sehat dan bahagia.

Menu Kesukaan untuk Kucing yang Berseluncur hebat

Makanan Lezat untuk Kucing yang Berseluncur

Tentunya kita berharap memberikan yang terbaik untuk kucing kesayangan kita, termasuk dalam hal makanan. Ketika kucing kita dengan lihai berguling-guling, tentu kita ingin menyajikan makanan yang mengutamakan kesehatannya sekaligus memberikan kenikmatan bagi lidahnya.

Makanan Cair yang Nikmat

Makanan dalam bentuk kalengan atau pouch menjadi pilihan terbaik bagi kucing yang gemar berguling-guling. Selain kelembutannya yang menggugah selera, makanan jenis ini juga mengandung banyak air, membantu menjaga kecukupan hidrasi bagi kucing kesayangan kita. Pastikan memilih makanan dengan kandungan protein hewani yang mencukupi, seperti daging atau ikan, untuk memenuhi kebutuhan gizi kucing.

Makanan dengan Manfaat Kesehatan Gigi

Kucing yang sering berguling-guling biasanya memerlukan perhatian khusus untuk menjaga kesehatan giginya. Pilihlah makanan yang dikhususkan untuk menjaga gigi kucing agar tetap sehat. Jenis makanan ini umumnya memiliki tekstur lebih keras atau mengandung bahan-bahan tertentu yang membantu membersihkan gigi kucing saat mengunyahnya.

Makanan Kering yang Menyehatkan

Makanan kering menjadi alternatif yang baik untuk memberikan asupan nutrisi yang lengkap bagi kucing. Pilihan ini mengandung berbagai zat gizi penting, seperti protein, lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh kucing. Sementara itu, tekstur makanan kering juga bisa membantu membersihkan gigi kucing saat mengunyah. Pastikan memilih makanan berkualitas yang sesuai dengan usia dan kebutuhan kesehatan kucing kita.

Sebaiknya, konsultasikan juga dengan dokter hewan dalam memilih makanan untuk kucing yang suka berguling-guling, guna mendapatkan saran yang lebih spesifik sesuai dengan keadaan dan kebutuhan kucing kita. Dengan memberikan makanan yang tepat, kucing yang sehat dan bahagia akan semakin ceria saat mereka berguling-guling dengan penuh kegembiraan!

Pengasuhan yang Tepat untuk Kucing: Kesenangan Kucing Bermain Berguling-guling

kucing berguling-guling

Jika Anda tengah mengasuh seekor kucing dan melihatnya bersuka cita berguling-guling, itu berarti Anda telah memberikan perawatan yang tepat. Sebagai pemilik kucing, terdapat beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan guna memastikan kesejahteraan dan kebahagiaan kucing peliharaan Anda.

Pertama, pastikan Anda memberikan makanan yang teratur dan berkualitas tinggi kepada kucing Anda. Sebaiknya, pilihlah makanan yang kaya akan nutrisi lengkap dan seimbang untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka. Jangan lupa untuk senantiasa menyediakan air bersih dalam jumlah yang cukup untuk menghindari dehidrasi.

Tak hanya makanan, penting juga untuk menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan kucing, termasuk kandang atau area tempat mereka bermain. Lakukan pembersihan secara teratur guna menyingkirkan kuman dan melindungi kucing dari penyakit. Selain itu, pastikan bahwa kucing Anda mendapatkan perawatan kesehatan yang memadai, seperti vaksinasi serta kunjungan rutin ke dokter hewan.

Kucing adalah makhluk yang sangat sosial, oleh karena itu, berikanlah mereka perhatian dan interaksi yang cukup. Mainkan kucing Anda setiap hari agar tetap aktif dan sehat. Sediakanlah mainan yang aman dan menarik agar kucing tidak mudah merasa bosan dan terhindar dari perilaku merusak.

Terakhir namun tak kalah penting, sediakanlah ruang dan tempat istirahat yang nyaman bagi kucing Anda. Disediakanlah tempat tidur yang empuk serta perangkat seperti tangga atau pohon kucing guna membantu menjaga kesehatan fisiknya.

Dengan memberikan pengasuhan yang baik kepada kucing Anda, Anda akan dapat melihatnya bahagia dan berguling-guling dengan sukacita yang memenuhi. Ingatlah untuk selalu mencintai dan menjaga kucing Anda dengan penuh tanggung jawab.

Kucing Sebagai Hewan Peliharaan dengan Kebiasaan Menggemaskan

kucing berguling guling

Kucing dikenal sebagai salah satu hewan peliharaan yang sering dipilih oleh manusia. Selain memiliki penampilan lucu dan menggemaskan, kucing juga memiliki berbagai kebiasaan unik yang menarik perhatian, termasuk kebiasaan mereka yang suka berguling-guling. Meskipun terlihat sekadar tingkah lucu, sebenarnya ada alasan kuat mengapa kucing sangat menyukai aktivitas ini.

Salah satu alasan utama mengapa kucing senang berguling-guling adalah karena dengan cara ini mereka dapat membersihkan tubuh mereka. Melalui aktivitas berguling-guling, kucing bisa meluruhkan kotoran dan sisa makanan yang menempel di bulu-bulunya. Selain itu, gerakan ini juga membantu menjaga kebersihan dan sirkulasi darah di dalam tubuh mereka.

Berguling-guling juga sering menjadi ekspresi kegembiraan dan kepuasan yang ditunjukkan oleh kucing. Ketika kucing berguling-guling di dekat pemiliknya, hal itu bisa menjadi pertanda bahwa kucing merasa aman dan nyaman berada di sekitar orang tersebut. Tidak hanya itu, aksi tersebut juga berhasil menarik perhatian manusia dan sering kali mendapatkan respon positif dari pemiliknya.

Terkadang, kucing menggunakan gerakan berguling-guling sebagai cara untuk membangunkan pemiliknya. Walaupun sikap ini terlihat menggemaskan, sebenarnya itu adalah salah satu usaha kucing untuk mendapatkan perhatian dan mungkin meminta makanan atau bermain bersama pemiliknya. Dengan berguling-guling, kucing memberikan sinyal kepada pemiliknya untuk menciptakan hubungan yang lebih hangat dan erat.

Secara keseluruhan, aksi berguling-guling yang dilakukan oleh kucing menandakan bahwa hewan tersebut merasa senang dan bahagia. Hal ini mencerminkan kenyamanan kucing dalam lingkungan dan kondisi yang diberikan oleh pemiliknya. Jadi, jika kucing peliharaan Anda suka berguling-guling, itu merupakan tanda yang baik bahwa Anda telah menciptakan tempat yang nyaman dan aman bagi kucing kesayangan Anda.

Perhatikan Kesehatan Kucing yang Berguling-Guling

Perawatan Kesehatan Kucing

Tips Mengenai Makanan yang Tepat

Bagi pemilik kucing, memperhatikan kualitas makanan yang diberikan sangatlah penting agar kucing tetap sehat dan aktif. Pastikan makanan yang diberikan mengandung nutrisi yang dibutuhkan, seperti protein, lemak, serta vitamin dan mineral yang berguna. Selain itu, kucing juga harus diberikan akses terhadap air bersih setiap harinya. Berhati-hatilah untuk tidak memberikan makanan manusia yang dapat membahayakan kucing, seperti bawang, cokelat, atau minuman yang mengandung kafein.

Jaga Kesehatan dengan Kontrol Rutin

Sebagai pemilik kucing, sangat penting untuk membawa kucing kesayangan Anda secara rutin ke dokter hewan untuk diperiksa kesehatannya. Dokter hewan dapat melakukan pemeriksaan dan memberikan vaksinasi jika diperlukan, serta memberikan perawatan apabila kucing mengalami gangguan kesehatan. Perawatan rutin ini sangat penting untuk menghindari penyakit-penyakit yang dapat merugikan kucing.

Kebersihan Adalah Kuncinya

Kucing yang senang berguling-guling cenderung lebih rentan terhadap infeksi kulit dan penyakit lainnya. Oleh karena itu, menjaga kebersihan kucing adalah hal yang sangat penting. Perawatan kebersihan secara teratur, seperti membersihkan kandang, tempat tidur, dan peralatan kucing, dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan parasit. Selain itu, menjaga kebersihan bulu dan kuku kucing juga merupakan bagian dari perawatan yang penting.

Jaga Aktivitas Fisik dan Mental Kucing

Kucing yang aktif berguling-guling membutuhkan stimulasi fisik dan mental agar tetap sehat dan bahagia. Berikan kesempatan kepada kucing untuk bermain dan bergerak bebas di lingkungan yang aman. Disediakanlah beragam mainan dan alat permainan yang dapat menggugah minat kucing, seperti bola mainan atau papan kuku. Latihlah kucing dengan permainan seperti memancing atau menyembunyikan makanan untuk menjaga kesehatan pikiran dan tubuh mereka.

Jaga Lingkungan agar Aman

Memastikan lingkungan tempat tinggal kucing tetap aman adalah tindakan penting dalam merawat kucing berguling-guling. Hindari keberadaan benda-benda yang berbahaya atau tajam yang dapat melukai kucing. Pastikan juga agar kucing tidak dapat mengakses area di luar rumah yang tidak terkendali, yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan atau hilangnya kucing. Jika kucing diberikan akses ke luar rumah, perhatikan mereka dengan cermat.

Dengan memberikan perawatan kesehatan yang tepat, termasuk memberikan makanan seimbang, melakukan kunjungan ke dokter hewan secara rutin, menjaga kebersihan, memberikan stimulasi fisik dan mental yang cukup, serta menjaga keamanan lingkungan, kucing yang berguling-guling dapat menikmati hidup yang panjang dan sehat.

Trik Melatih Kucing Supaya Terampil Berguling-guling

Kucing yang Mahir Berguling-guling

Pengantar

Apakah kamu ingin kucing kesayanganmu memiliki kemampuan berguling-guling yang menggemaskan? Tentunya sangat menghibur melihat kucing dapat melakukan gerakan lucu ini. Nah, dalam artikel ini akan dibahas beberapa trik yang ampuh untuk melatih kucingmu agar mahir berguling-guling.

Metode Melatih Kucing

Pertama-tama, pastikan lingkungan sekitar aman dan nyaman bagi si kucing. Bersihkan area dari benda-benda yang dapat menjadi bahaya atau menghalangi gerakannya. Selain itu, berikan ruang yang luas agar kucing bebas bergerak dalam proses latihan.

Selanjutnya, gunakan rangsangan menarik seperti mainan atau camilan kesukaannya untuk menarik perhatiannya. Ketika kucing tertarik, tawarkan camilan di sampingnya dan berikan perintah “berguling”. Tunjukkan gerakan tersebut terlebih dahulu, lalu arahkan kucing untuk menirunya.

Jika kucing tidak terlalu berminat atau kesulitan melakukannya, berikan hadiah berupa camilan saat berhasil melakukan setengah gerakan berguling. Lakukan latihan secara bertahap, meningkatkan tingkat kesulitan setiap kali dengan memberikan instruksi lebih terperinci.

Simpulan

Dengan menggunakan beberapa trik melatih yang tepat, kucing kesayanganmu dapat belajar berguling-guling. Berikanlah kesabaran dan dukungan positif kepada kucing saat melakukan latihan. Dengan latihan yang konsisten, kucingmu akan dapat melakukannya dengan lancar dan menggemaskan.

Kucing Berguling-guling: Pertanyaan yang Sering Diajukan

Kucing Berguling-guling yang Menggemaskan

Pernahkah Anda mengamati kucing berguling-guling dengan penuh kelucuan dan menggemaskan? Mungkin Anda sering bertanya-tanya mengapa kucing melakukan gerakan tersebut. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai perilaku kucing ini.

1. Mengapa kucing gemar berguling-guling?

Perlu diketahui bahwa ketika kucing berguling-guling, sebenarnya mereka sedang memantrai wilayahnya. Pada saat itu, kucing meninggalkan jejak aroma mereka pada benda atau permukaan yang mereka sentuh. Hal ini merupakan tanda bahwa kucing tersebut mengklaim wilayah tersebut sebagai miliknya. Selain itu, aktivitas ini menunjukkan bahwa kucing merasa nyaman dan aman di sekitar lingkungan mereka.

2. Apakah berguling-guling menandakan kebahagiaan pada kucing?

Tentu saja! Ketika kucing Anda berguling-guling, ini adalah salah satu caranya untuk menunjukkan kegembiraan, rasa nyaman, dan keamanan yang mereka rasakan. Perilaku ini menandakan bahwa kucing merasa senang bersama pemiliknya atau di dalam lingkungan di sekitar mereka.

3. Apakah ada alasan medis di balik perilaku ini?

Selain alasan perilaku dan emosional, terdapat pula alasan medis mengapa kucing suka berguling-guling. Beberapa kondisi medis seperti alergi kulit atau infestasi parasit dapat menyebabkan rasa gatal pada tubuh kucing. Dalam hal ini, berguling-guling mungkin menjadi cara kucing untuk meredakan rasa gatal atau ketidaknyamanan yang mereka rasakan. Namun, jika Anda melihat perubahan drastis dalam perilaku kucing Anda, disarankan untuk membawa mereka ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Jadi, ketika Anda menyaksikan kucing berguling-guling dengan penuh keceriaan, tidak perlu khawatir! Hal ini merupakan perilaku alami bagi mereka dan menunjukkan kebahagiaan serta kenyamanan yang mereka rasakan. Pastikan untuk memberikan perhatian, kasih sayang, serta menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman agar kucing tetap bahagia.

Kucing Berguling Guling

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements