Jangan bingung antara beda kucing ras persia dan angora.

kucing angora dan persia - Membedakan Kucing Ras Persia & Angora
Coba tebak mana yang angora, mana yang persia ?.

Kucinglucu.net – Cat lovers masih ada yang belum tau nih perbedaan jenis kucing ras persia dan jenis Angora?.  Bingung karena hampir mirip- mirip gimana gitu?. Sebenarnya nggak mirip sih, banyak perbedaan antara keduanya.

(Baca juga: Mengenal Kucing Turkish Angora).

Nah biar nggak bingung, berikut kucinglucu.net jelaskan tentang cara Membedakan Kucing persia dan kucing angora. Simak ya !.

1. Daerah asal kucing.

Kucing angora berasal dari daerah Angora, turki atau sekarang lebih dikenal sebagai Ankara. Konon menurut cerita, kucing ini sudah dikenal sejak tahun 1600an.

Kucing persia berasal dari daerah Persia atau sekarang lebih dikenal sebagai Iran. Asal-usul kucing ini masih penuh kontroversial tapi yang paling populer adalah kucing persia diperkenalkan pertama kali oleh pietro della Valle ke Italia pada tahun 1620 M. dan akhirnya bisa sangat terkenal ke Indonesia seperti sekarang ini.

2. Bentuk wajah kucing.

Kucing angora atau disebut juga Turkish angora memiliki moncong wajah yang sedikit mirip kucing domestik. Kepala berbentuk seperti segitiga terbalik dengan bagian atas kepalanya yang lebih lebar serta semakin mengerucut ke bagian dagu. Hidung mancung. Mata berbentuk almond. Dan telinga besar mengerecut ke bagian ujung telinga seperti segitiga.

kucing angora vs persia2 - Membedakan Kucing Ras Persia & Angora
Beda bentuk wajah Angora dan Persia.

Kucing persia memiliki bentuuk wajah yang bulat dengan rahang yang besar dan kuat. Hidungnya kebanyakan pesek (untuk persia peak nose) dan tidak terlalu mancung (untuk persia flat nose). Matanya bulat dan biasanya warnanya sesuai warna bulunya. Kalau kita amati dari samping maka dari hidung, dahi, dagu kucing persia terlihat seperti garis tegak lurus.

3. Bentuk tubuh kucing.

Kucing angora memiliki ukuran badan sedang, dengan tubuh besar, langsing dan kaki panjang. Ototnya juga tidak terlalu menonjol. Bisa dikatakan kucing angora memiliki bentuk tubuh yang ideal. Ekornya juga tebal dan bisa mengembang bak ekor musang

angora vs persia3 - Membedakan Kucing Ras Persia & Angora
Beda bentuk tubuh Angora dan persia.

Kucing persia memiliki bentuk tubuh yang sedikit kelihatan membulat. Bentuk tubuhnya juga tidak setinggi angora. Ini bisa dilihat dari kakinya yang pendek serta ditopang dengan tulang kaki yang besar. Cakarnya bila dibanding angora juga lebih besar dan bulat.

4. Bulu kucing.

Kucing angora memiliki bulu yang panjang dan lebat. Namun tidak selebat kucing persia. Persian memiliki bulu yang panjang menutupi seluruh badannya dari wajah, leher sampai ekor sehingga nampak mengkilap dengan bulu panjangnya.

5. Karakter sifat.

Kucing angora sekalipun terkenal dengan gaya anggun dan lemah gemulainya, namun ia tetap aktif dan enerjik. Kucing ini juga pintar berinteraksi dengan pemilik ataupun binatang lain. Selain itu angora juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Kucing persia umumnya lebih banyak diam dan kalem. Sangat berbanding terbalik dengan angora. Persian lebih senang malas dan manja-manjaan.

6. Harga kucing.
turkish angora - Membedakan Kucing Ras Persia & Angora
Turkish Angora memiliki harga yang mahal.

Harga kucing angora jelas lebih mahaal dari pada kucing persia. Karena harus mendatangkan langsung dari negara aslinya, Turki. Disanapun, pemerintah melarang adanya aktivitas export kucing angora. Hal ini ditujukan agar keaslian breednya terjaga. Itulah mengapa kucing angora sangat-sangat langka di Indonesia. Jadi kalau ada yang nawarin kucing angora dengan harga murah ke kamu, maka kamu wajib curiga.

Jadi jangan salah membedakan lagi ya cat lovers. 🙂

Komentarmu Apa?