Mengajak si kucing Berbicara. Emang Bisa Gitu?

1311

Melihat kucing susah diatur? Tidak merespon ketika dipanggil? Acuh tak acuh saat kita mendekatinya? Bisa jadi si pus memang tidak mendapatkan kasih sayang yang cukup dari kita cat lovers.

Menjinakkan kucing ataupun hewan peliharaan yang lain memang gampang-gampang susah. Setidaknya cat lovers bisa mengawalinya dengan menganggap si pus adalah teman yang baik untuk kita (atau bahkan bagi cat lovers malah menganggapnya anak).

Seperti halnya teman dan sahabat, kita juga bisa mengajak si kucing berbicara. Ceritakan apa saja yang bisa kita ceritakan, pekerjaan, perjalanan, film, bahkan percintaan.  Meskipun memang tidak ada respon yang lebih selain mengeong dan hanya memandang kita, bahkan cuma mengedipkan mata sambil mengibaskan ekor. Setidaknya si pus akan merasa dirinya dianggap penting bagi pemiliknya.

Mengajaknya mengobrol memang terkesan aneh, namun catlovers dapat mendapatkan dampak yang baik jika melakukan hal tersebut. Usahakan sesering mungkin mengajaknya berbicara agar si pus terbiasa.

Ada beberapa tips yang bisa cat lovers terapkan untuk si pus sebelum mengajaknya mengobrol.

Membelai bulu kucing

Sebelum mengajak si kucing berbicara berbicara sebaiknya cat lovers memberikan sedikit perhatian agar kucing mudah merespon. Berikan belaian lembut agar si dia merasa disayang oleh kita.

Memberikan pujian padanya

Untuk memuji kucing, gunakan nada bicara yang cukup tinggi dan suara bahagia, selain itu berikan isyarat dengan satu tangan. Tentunya jangan tunjukkan wajah masam kita padanya, tersenyumlah!

Melatih perilaku

Untuk memperbaiki perilakunya, gunakan suara tegas. Bahasa tubuh juga harus sesuai dengan nada suara. Seperti ketika mengisyaratkan kucing untuk duduk dan makan, gunakan telunjuk dan tunjuk ke arah lantai agar kucing mengerti. Saat kucing menganggu lebih baik katakan “jangan” dengan tegas dan lembut setelah itu singkirkan kucing agar menjauh.

Suara dan bahasa tubuh

Gunakanlah nada suara, ekspresi wajah, dan bahasa tubuh yang konsisten, kucing tidak akan kesulitan dalam memahami apa yang dikatakan. Semakin sering berkomunikasi dengan kucing, semakin cat lovers akan mengerti satu sama lain.

Berikan makanan kesukaannya

Makanan memang merupakan hal yang membuat pus kita menjadi jinak dan menurut. Berikan makanan ketika cat lovers mengajaknya mengobrol atau setelah mengobrol. Setidaknya selain mengajaknya berkomunikasi, cat lovers juga membuat kucing menjadi lebih dimanja.

Nah, yuk cara di atas kita praktikin di rumah. Tetap semangat dan jangan putus asa kalau ada yang mengejek kita karena mengajak kucing berbicara. Kucing juga mengerti kok perkataan kita. ^_^

Komentarmu Apa?