Tidak hanya manusia yang memiliki permasalahan bau mulut, Kucing pun demikian. Selain mengganggu kenyamanan ketika berada dekat si Kucing milik kita, bau mulut juga bisa menjadi tanda dari adanya gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai segera. Seperti: sariawan, penyakit pernafasan, dan ginjal. Bau mulut juga bisa disebabkan oleh karang gigi yang menumpuk, yang didapat dari sisa-sisa makanan yang menempel di celah-celah gigi.
wpid kucing lucu triak.jpg - Mengatasi Bau Mulut pada Kucing

Bagaimana cara mengatasinya?

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi bau mulut:

  1. Menyikat giginya secara teratur.
    Caranya adalah dengan menggunakan :
    Sikat gigi yang lembut, Odol atau pasta gigi untuk anak kecil. Kemudian  sikat gigi kucing kamu seperti menyikat gigi sendiri. Oleskan pasta gigi sedikit di sikat gigi tadi, kemudian kasih air, dan angkat bagian bibir atas dan bawah kucing dengan perlahan dan gosoklah giginya dengan lembut menggunakan sikat gigi tersebut. Kemudian basuh.
  2. Bersihkan karang gigi.
    Untuk pembersihan karang gigi, sebaiknya diserahkan kepada ahlinya di dokter hewan. Karena Kucing perlu dibius total untuk memudahkan pembersihan karang gigi. Biaya pembersihan karang gigi berkisar 300 ribu, dan harga tersebut pastinya berbeda dengan dokter hewan di masing- masing kota.
  3. Jangan memberi makanan dengan bau menyengat.
    Kucing tidak bisa membersihkan giginya sendiri sehingga sisa-sisa makanan akan menempel di giginya.

Demikian tips dari KucingLucuNet semoga setelah membaca artikel tersebut, Anda dapat mengatasi bau mulut pada kucing milik Anda.

Share tulisan ini ya ke pecinta kucing lainnya ^_^v

Komentarmu Apa?