Mengenal Kucing Turkish Angora

1396

Untuk kamu yang tertarik dan ingin mengadopsi kucing Angora, kamu perlu tahu bagaimana ciri-ciri kucing Turkish Angora yang asli.

IMG 20170307 WA0001 - Mengenal Kucing Turkish Angora
Mengenal kucing Turkish Angora

Kucinglucu.net – Banyak masyarakat awam yang menggunakan kata ‘Angora’ untuk kucing berbulu panjang. Padahal kucing berbulu panjang (long hair) itu sendiri banyak jenisnya lho, seperti persian, maine coon, atau ragdoll.

Nah untuk kamu yang tertarik dan ingin mengadopsi kucing Angora, biar nggak tertipu tentunya kamu perlu tahu bagaimana ciri-ciri kucing Angora asli.

turkish angora - Mengenal Kucing Turkish Angora

Seperti apa sih ?. Berikut kucinglucu.net sajikan fakta lengkap tentang kucing Angora. Simak ya !.

(Baca juga : Cuma Pemilik Kucing yang Tahu Rasanya Hal-Hal berikut. Kamu Termasuk ?).

Sejarah.
ankara zoo - Mengenal Kucing Turkish Angora
Turkish Angora di Ankara zoo, 1997.

Pada awal abad ke 19, pada saat itu kucing-kucing berbulu panjang banyak terdapat disekitar Angora (Ankara, Turki) dan Persia (Iran). Tidak ada perbedaan besar antara kedua kucing tersebut, sehingga orang awam seringkali salah menyebut semua kucing berbulu panjang adalah Angora.

Untungnya pemerintah Turki bekerja sama dengan kebun binatang Ankara (Ankara Zoo) melakukan program pemurnian breed untuk kucing Turkish Angora. Disana pada tahun 1950an, Angora Turki ditemukan dan diperkenalkan kembali ke Asosiasi perkucingan.

Tahun 1968 Angora dengan warna putih diakui oleh CFA. Angora berwarna baru mendapat pengakuan pada tahun 1978. Sedang Angora mendapat pengakuan dari organisasi FIFe pada tahun 1993.

turkish angora statue - Mengenal Kucing Turkish Angora
Sampai ada statue segala lho !. Masyarakat Turki percaya bahwa Angora putih adalah jelmaan Sultan Attaturk.

Sampai sekarang program pengembiakan ini masih berjalan. Orang-orang Turki sangat menghargai kucing angora, kucing ini bahkan dianggap sebagai nasional treasure. Wow.

Karakter Sifat.

Kucing turkish Angora memiliki karakter yang ramah dan penyayang. Kucing ini terkenal memiliki gaya yang lemah gemulai dan anggun. Meski begitu tetap enerjik dan playful sehingga mereka menjadi pilihan yang tepat untuk dipelihara semua kalangan baik tua atau muda.

Turkish Angora grey - Mengenal Kucing Turkish Angora
Angora Turki cocok untuk dipelihara semua kalangan.

Karakter Fisik.
Kucing turkish angora memiliki tubuh yang panjang, langsing, kaki dan ekor yang panjang dengan ukuran badan sedang. Ekornya berbulu tebal & mengembang seperti ekor musang. Hidung mancung. keseluruhan kepala berbentuk seperti segitiga terbalik dengan bagian atas kepalanya yang lebih lebar serta semakin mengerucut ke bagian dagu.  Mata berbentuk almond. Telinga besar mengerecut ke bagian ujung telinga seperti segitiga.

angora dan patung - Mengenal Kucing Turkish Angora
Cakepan mana aku dengan patungnya ?

Bulu kucing angora tumbuh sesuai dengan kondisi cuaca di lingkunganya. Saat musim panas mereka akan kehilangan mantel bulunya sehingga terlihat lebih pendek. Sedang pada musim dingin bulu kucingnya akan tumbuh lebih cepat. Unik ya. 

Jadi gimana nih cat lovers ?. Tertarik untuk memelihara kucing Turkish Angora ?

Perlu diketahui, menurut pak Cacang Efendi, pakar perkucingan, saat ini di Indonesia belum ada yang memelihara kucing jenis ini. Jika pun ada jumlahnya hanya hitungan jari karena memang harganya yang mahal dan harus mendatangkan langsung dari Turki. Jadi kalau ada orang yang ngakunya jual Angora ke kamu tapi dengan harga murah, maka kamu wajib curiga ya.

LIhat juga video berikut :

 

 

Komentarmu Apa?