Mohammad Alaa Al Jaleel: Sang Penyayang Kucing dari Aleppo

1563

Banyak orang memilih untuk mengungsi menyelamatkan nyawanya, namun Mohammad Al Jaleel memilih untuk tinggal merawat kucing-kucing terlantar.

catman of aleppo - Mohammad Alaa Al Jaleel: Sang Penyayang Kucing dari Aleppo
Mohammad Alaa Al Jaleel, Cat man of Aleppo. Gambar: lovemeow

Kucinglucu.net – Namanya Mohammad Alaa Al Jaleel. Dia dikenal sebagai “sang penyayang kucing dari Aleppo” Suriah. Meskipun kota tempat tinggalnya kini tengah mengalami konflik dan kehancuran, Alaa Al Jaleel secara sukarela dan penuh pengorbanan memilih untuk tetap tinggal demi menjaga kucing-kucing yang terlantar.

(Baca juga : Tren Mewarnai Kucing dan Anjing di Rusia).

Sejak kota Aleppo menjadi zona perang selama 4 tahun sekarang, sekitar 40.000 orang telah meninggalkan tempat tersebut. termasuk sebagian besar teman-teman Alaa al Jaleel.

Alaa al Jaleel yang tak sampai hati meninggalkan korban perang memilih untuk tetap tinggal dan bertahan. Dengan bermodalkan mobil ambulance yang telah rusak, pria mantan teknisi listrik itu berkeliling menyelamatkan para korban dan kucing jalanan yanng kebanyakan ditinggal pemiliknya mengungsi atau meninggal dunia akibat perang.

moh al jaleel - Mohammad Alaa Al Jaleel: Sang Penyayang Kucing dari Aleppo
Gambar; lovemeow

Setiap harinya, Alaa al Jaleel membeli daging sisa untuk 150 kucing yang ia selamatkan.

“Awalnya hanya 20, kemudian kucing-kucing terus berdatangan. Beberapa orang meninggalkan mereka padaku begitu tahu saya sangat menyayangi kucing”. Ucap Alaa al Jaleel dikutip dari BBC News.

Suatu waktu, seorang gadis kecil datang kepadanya sambil menyerahkan seekor kitten. “Dia menangis sambil menyerahkan kitten tersebut, kemudian pergi dari sini”. Gadis itu mengatakan bahwa ia akan merindukan kucing kesayangannya dan meminta Al jaleel untuk mengirimkan photo kucingnya.

mohammad al jallel6 - Mohammad Alaa Al Jaleel: Sang Penyayang Kucing dari Aleppo
Alaa JAleel memilih tetap tinggal dan merawat kucing-kucing terlantar.

Al Jaleel sendiri mengakui bahwa nasibnya tak jauh berbeda dengan mereka, ia mengatakan  setiap hari bahaya selalu mengancam hidupnya. Tapi dengan tulusnya ia tetap menyelamatkan hewan yang sudah ia anggap sebagai keluarganya sendiri. Al Jaleel juga membentuk tempat penampungan untuk kucing-kucing terlantar bernama Il Gattero D’Aleppo.

cat man of aleppo3 - Mohammad Alaa Al Jaleel: Sang Penyayang Kucing dari Aleppo
cat man of aleppo.

Entah esok selamat atau tidak, Alaa Jaleel masih sangat berharap situasi dinegaranya akan segera membaik.

“Aku akan tetap tinggal bersama mereka, tak perduli apa yang terjadi”

 

cat man of aleppo fbimage - Mohammad Alaa Al Jaleel: Sang Penyayang Kucing dari Aleppo
Cat man of Aloppo

Simak juga video lengkapnya  berikut dalam BBC News: the cat man of Aloppo

 

Komentarmu Apa?