Pencegahan Penyakit Kurap Kucing

66

Kucing lucu – Ketika memiliki hewan peliharaan tentu saja tidak akan cukup dengan modal hobi atau tertarik saja. Kamu harus mempersiapkan diri sebagai pemilik yang bertanggung jawab. Ukuran tanggung jawab pun bukan hanya sebatas pada memberi makanan yang sehat dan tempat tinggal yang layak saja untuk si kucing, melainkan juga kemampuan kamu dalam merawat si kucing agar tetap sehat untuk tumbuh menjadi hewan peliharaan yang menggemaskan.

Penyakit bisa saja menyerang kucing kapanpun dan jenis apapun. Namun penyakit yang paling kasat mata dan dianggapp menjijikan, hingga si pemilik enggan untuk didekati si kucing adalah kurap. Seperti yang kita tahu bahwa kurap merupakan sejenis penyakit kulit dan kucing juga sangat mungkin untuk terjangkit penyakit kurap.

Ketika salah satu kucing peliharaan kamu terjangkit penyakit kurap, maka ketahuilah bahwa penyakit tersebut dapat menular baik pada kucing lain atau pada manusia. Kurap ini diakibatkan karena sejenis jamur seperti microsporum canismicrosporum gypseum atau spesies trichopython.

cat 1209904 1920 300x200 - Pencegahan Penyakit Kurap Kucing

Gejala kurap kucing

Kucing yang sudah terjangkit penyakit kurap biasanya dapat menunjukan tanda- tanda umum seperti:

  • Kerontokan bulu atau bahkan kebotakan yang terjadi di area kurap
  • Pada umumnya, kurap membentuk lingkaran di beberapa bagian anggota badan yang terinfeksi
  • Warna kurap kemerahan
  • Membuat si kucing merasa gatal
  • Kulit kucing yang terinfeksi kurap akan tampak kering dan seperti bersisik
  • Kemunculan sejenis ketombe di daerah sekitar kurap

Ketika muncul gejala penyakit kurap pada kucing kesayangan kamu, maka sangat disarankan untuk mengambil beberapa tindakan. Apabila si kucing memiliki kekebalan tubuh yang baik maka kurap akan menghilang dengan sendirinya dalam kurun waktu 2 hingga 4 bulan saja. Langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan yaitu dengan berkonsultasi dengan dokter hewan kepercayaan yang akan membantu untuk menghilangkan kutu dan juga tungau ketika terinfeksi penyakit kurap.

Ketika berkonsultasi ke dokter, mungkin saja akan disarankan untuk memandikan kucing kesayangan kamu dengan cairan khusus yang membuat obat tersebut tersrap secara optimal kedalam kulit kucing.

Sebagai cara pencegahan, kamu harus memperhatikan lingkungan sekitar kucing kamu dan memberikan vaksin pencegah penyakit kurap.

Komentarmu Apa?