Pro Kontra Kucing Steril. Catlovers Pilih Mana?

801

Mencintai, menyayangi, dan berkembang biak merupakan hak semua makhluk hidup. Namun bagaimana jika kucing kesayanganmu dibatasi perkembangbiakannya?.
Proses sterilisasi/ neutering  adalah pengambilan organ kelamin  dan organ kelamin yang biasanya diambil adalah testis untuk jantan. Sedangkan organ kelamin betina yang biasanya diambil adalah ovarium dan uterus.

Banyak yang beranggapan bahwa proses neutering bernilai positif, namun banyak pula yang beranggapan negatif.

Dalam islam mengebiri manusia itu hukumnya haram, sedangkan untuk hewan seperti kucing berbeda lagi hukumnya.

Banyak yang beranggapan bahwa mensterilisasikan kucing itu hukumnya boleh asal dengan syarat :

  1. mendatangkan manfaat bagi manusia maupun hewan yang disterilkan.
  2. menghindarkan bahaya dan gangguan.
  3. tidak merusak populasinya.
  4. dilakukan dengan cara tidak menyakiti.

Kucing yang akan disterilisasi minimal berusia 8-12 bulan untuk betina dan 12-18 bulan untuk jantan.

Sebenarnya kucing memiliki hak untuk mencintai, dicintai, dan mengawini sesama kucing. Namun kucing mampu melahirkan beberapa ekor anak dalam sekali masa hamil, dan mungkin ini yang menjadi problem. Bagi pemilik kucing hal ini terkadang menjadi beban tersendiri. Baik segi biaya yang bertambah, ataupun kerepotan dalam mengurus banyak kucing. Akibat populasi kucing yang meningkat, banyak manusia yang tega membuang kucing ke jalanan, tentu ini hal yang membahayakan bagi keselamatan kucing. Kelaparan, gangguan kesehatan, bahkan kematian si kucing jika ditelantarkan.

Baca:

Banyak yang beranggapan lebih baik mensterilkan kucing daripada membuat kucing mati di jalan. Banyak yang beranggapan pula hidup ini seimbang dengan saling berpasang-pasangan.

Jika catlovers mau kucing kesayangannya jadi steril lebih baik pertimbangkan dulu sebab-sebabnya. Hukum / pendapat bisa muncul karena ada sebab. jika sebab berubah, hukum bisa berubah.

Entah itu steril atau tidak, tetaplah lakukan apapun yang terbaik untuk kucing kesayanganmu ya catlovers. 🙂

Komentarmu Apa?