Punya Kucing Pemalu atau Penakut ? Bangun Kepercayaan Dirinya dengan 9 Langkah Berikut

0
3136
9 cara membangun kepercayaan diri kucing pemalu atau penakut.
9 cara membangun kepercayaan diri kucing pemalu atau penakut.

Daftar Isi

Butuh kesabaran dan kepedulian besar agar kucing pemalu atau penakut bisa berubah.

9 cara membangun kepercayaan diri kucing pemalu atau penakut.
9 cara membangun kepercayaan diri kucing pemalu atau penakut.

Kucinglucu.net – Tidak semua kucing mampu berteman baik. Beberapanya ada yang pemalu atau penakut saat bertemu dengan manusia. Belum jelas diketahui apa sebabya, namun biasanya kucing hasil rescue dimana dulu pernah mengalami pengalaman buruk dengan manusia akan tumbuh menjadi kucing yang pemalu atau penakut. Sifat bawaan, stress dan kurangnya interaksi dengan manusia juga menjadi alasan lain kenapa mereka sulit untuk kita dekati.

(Baca juga: 13 Kucing dengan Motif Bulu yang Tak Biasa. Cek Mana Favoritmu !).

Tentunya kamu butuh kesabaran dan kepedulian besar agar si kucing bisa berubah. Jika saat ini kamu punya masalah yang sama seperti ini, ada baiknya kamu membaca terlebih dahulu 9 tips membangun kepercayaan diri kucingmu berikut ini. Karena pendekatan yang salah dan terlalu dipaksakan bisa saja membuat kucing semakin agresif dan takut.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

!. Pahami, bukan salahnya ia menjadi penakut atau pemalu.

Diatas sudah disebutkan, saat kamu membawa kucing baru ke rumah, kucing tersebut mungkin punya pengalaman buruk atau kurang berinteraksi dengan manusia. Oleh karena itu dia menjadi sulit untuk didekati. Kucing yang belum disosialisasikan dengan benar bisa takut dan bahkan bisa mencakar orang di sekitarnya. Oleh karena itu kamu harus paham dengan posisi kucingmu. Tetaplah menerimanya.

2. Beri ruang yang tenang.

Kucing pemalu akan membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi. Jadi usahakan kamu memberi ruang dimana dia merasa aman dan terlindungi. Dengan demikian dia bisa membangun kepercayaan dirinya sambil bereksplorasi ditempatnya tersebut.

Kamu bisa memulai dengan menempatkan kucing tesebut diruang yang aman dari jangkauan orang melintas, tentunya dengan semua kebutuhan yang ia perlukan seperti litter box, makanan dan air yang bersih, tempat tidur yang nyaman dan kebutuhan lain. Setelah ia mulai terbiasa dan nyaman dengan ruang kecilnya, kamu bisa mengajarinya untuk beradaptasi ke ruang yang lebih besar,

3. Sabar dan Penyayang adalah kunci utama.

Membangun kepercayaan diri kucing pemalu tidak bisa dilakukan secara singkat. Oleh karena itu kesabaran adalah kunci utama. Kamu mungkin akan frustasi karena dia tak kunjung bisa beradaptasi, tapi ingatlah setiap kucing itu unik dan punya kepribadian sendiri-sendiri. Jadi jangan menyerah !.

4. Tetap tenang.

kucing penakut sangat sensitiv dengan keadaan disekitarnya.
kucing penakut sangat sensitiv dengan keadaan disekitarnya.

Kucing yang pemalu atau penakut sangat sensitif dengan sesuatu disekitarnya. Gerakan tiba-tiba atau suara keras dapat menyebabkan ia lari ketakutan. Oleh karenanya usahakan untuk tetap tenang saat kucing berada di dekat kamu.

5. Sering-seringlah ajak bicara.

Dengan sering mengajak kucing berbicara, dia akan terbiasa dengan kehadiran dan suara kita. Usahakan saat kita berbicara, gunakanlah nada  dan volume yang lembut sehingga tidak membuatnya ketakutan.  Kamu juga bisa sekedar bersenandung lirih sambil duduk didekatnya, dengan begitu dia dapat terbantu membiasakan dirinya.

6. Makanan juga hal bagus untuk memotivasi.

Tidak semua kucing termotivasi dengan makanan, namun tak ada salahnya kamu mencoba dengan cara ini. Caranya coba tawarkan makanan di dekatnya, Jaga jarak kamu dengannya, tunggu dan amati apakah ia mau memakannya. Jika ia mau mengendus dan memakan, lanjut ke tahap kedua dengan menaruh jarak makan perlahan mendekatimu. Lakukan secara berulang sampai ia bisa nyaman.

7. Biarkan dia menghampiri dan mengendus kita.  

Seperti yang selama ini kita tau, kucing mengenali sekelilingnya dengan mengandalkan indera penciumannya. Sebelum mendekati dan membelai kucing yang pemalu, kamu bisa meletakan tanganmu  diposisi dimana ia bisa menciumnya. Jika ia mengusapkan wajahnya ke tanganmu, berarti ia percaya dan merasa aman dengan mu.

8. Ajak bermain.

Cara kedelapan supaya kucing nyaman dengan kehadiran kita adalah dengan sering mengajaknya bermain. Jika ia masih sulit didekati, kamu bisa mulai duduk dekat kandangnya dengan memberi jarak. Gunakan tongkat atau cat toys lain yang kamu punya. Panggil nama kesayangnnya dan biarkan ia mendekat saat ia mulai tertarik bermain.

9. Latih kucing untuk menghabiskan waktu di ruangan sesungguhnya.

Saat kucing sudah nyaman berada di ruangan lama ataupun di dekatmu, ajak dia menghabiskan waktunya di ruang yang sesungguhnya. Ruangan yang sesungguhnya memberikan pengalaman baru untuk kucing, misalnya bunyi suara telepon, orang berbicara, atau hal asing lain. Oleh karena itu, selalu pehatikan reaksinya, apakah ia malu atau justru mulai menampakan kepercayaan dirinya,

Itulah 9 cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun kepercayaan diri kucing pemalu atau penakut. Semoga bermanfaat. 🙂

(Baca juga: Seberapa Jauh Kamu Mengenal Kucing ? ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here