Serem! Kucing Juga Bisa Mati Karena Rokok

Banyak pemilik hewan peliharaan tidak memikirkan akibat merokok pada hewan peliharaan mereka. Faktanya, kucing sangat rentan sekali terhadap asap rokok!

867

Aunty uncle di sini siapa yang mempunyai kebiasaan merokok? faktanya, merokok enggak cuma berbahaya bagi diri sendiri tetapi berbahaya juga lho bagi kesehatan si mpus. Duuh, sadis >_<

Dilansir dari News.com.au hal ini berdasarkan dari penelitian yang masih berlangsung di University of Glasgow di Skotlandia yaitu menguji efek menjadi ‘perokok pasif’ pada anjing dan kucing.

Baca juga: Kucing ini masuk drum aspal, lihat apa yang aunty ini lakukan

Hasilnya sungguh mengejutkan, terbukti pemilik yang mempunyai kebiasaan merokok secara tak sadar mereka telah membunuh hewan peliharaannya secara pelan- pelan dengan meningkatkan resiko gangguan kesehatan, seperti kanker hewan, kenaikan berat badan dan kerusakan organ dalam.

“Pemilik hewan peliharaan tidak memikirkan akibat merokok pada hewan peliharaan mereka,” ungkap Clare Knottenbelt, dosen onkologi dan medis hewan peliharaan.

“Penemuan ini menunjukkan bahwa paparan asap rokok di rumah memiliki dampak langsung pada hewan peliharaan. Ada resiko berlangsungnya kerusakan sel, peningkatan berat tubuh setelah pengebirian, dan sebelumnya ditunjukkan peningkatan resiko akan terjadinya kanker jenis tertentu,” bebernya lagi.

Baca juga: cucu berbuat salah, lihat apa yang nenek ini lakukan pada makhluk tak berdosa

wpid wp 1451855686466 - Serem! Kucing Juga Bisa Mati Karena RokokUntuk Anjing, resiko yang dihasilkan tidak terlalu berdampak karena mereka dapat tahan terhadap jumlah asap tertentu. Tapi tidak dengan si mpus. Kucing mempunyai resiko lebih besar dibandingkan anjing karena mereka rajin membersihkan badan dengan menjilati bulu-bulunya.

“Ini bisa jadi karena kegiatan membersihkan diri yang lebih sering dilakukan oleh kucing, yang akan meningkatkan jumlah bahan kimia dari rokok yang masuk ke tubuh mereka,” jelas Knottenbelt.

Baca juga: Tau gak sih kenapa kucing suka mengigit?

Menurut riset yang dilakukan, “Pemilik hewan peliharaan tidak memikirkan akibat merokok pada hewan peliharaan mereka,” ungkap Clare Knottenbelt, dosen onkologi dan medis hewan peliharaan.

Diketahui juga, ketika si pemilik merokok kurang dari 10 kali sehari, tingkat nikotin juga menurun secara signifikan, walau masih jauh lebih tinggi dibanding kucing yang tinggal di rumah tanpa perokok.

Satu-satunya cara agar si mpus tidak terkena dampak tersebut yaitu dengan menjauhkan asap rokok dari si kucing. Aunty uncle bisa merokok jauh-jauh dari mereka sehingga hal tersebut akan mengurangi bahan kimia dan nikotin yang terpapar masuk kedalam tubuh mereka. Atau bila mungkin Aunty uncle berhenti merokok saja, itu lebih baik 😀

Baca juga: Di Indonesia, ada gak sih yang memelihara kucing lebih banyak dari ini?

karena selain sehat bagi diri sendiri, sehat bagi mpus, sehat juga lho bagi kantong. Jadi bisa buat beli dry food buat ngasih makan kucingnya deh ^_^

Komentarmu Apa?