Socks, Kucing yang Meluluhkan Hati Mantan Presiden Amerika Serikat

704

Setiap kucing memang memiliki “sihir” nya masing-masing. Eits, bukan semacam ilmu hitam atau apa lho catlovers. “Sihir” yang disini dimaksudkan adalah kelucuan dan keimutan yang membuat orang lain terpesona.

Pesona kucing memang dapat menaklukkan setiap orang yang melihatnya. Seperti halnya si kucing bernama Socks yang meluluhkan hati Bill Clinton. Yup, mantan presiden Amerika Serikat saat ini.

wpid 201511151733031 - Socks, Kucing yang Meluluhkan Hati Mantan Presiden Amerika Serikat

Gini ceritanya, Suatu hari pada tahun 1991 saat Chelsea Clinton yang saat itu berusia 11 tahun baru saja meninggalkan tempatnya belajar piano seekor kucing melompat begitu saja ke pangkuannya. Chelsea rupanya tak keberatan, begitu pun orangtuanya, Bill Clinton dan Hillary Rodham Clinton. Mereka memutuskan untuk mengadopsi kucing yang kemudian dinamai Socks tersebut.

Adalah seekor kucing jenis American Shorthair berwarna hitam dan putih yang menjadi kucing peliharaan Bill Clinton saat masih menjadi Gubernur Arkansas saat itu. Dia menemani keluarga Clinton saat senang maupun susah.

wpid bill1 - Socks, Kucing yang Meluluhkan Hati Mantan Presiden Amerika Serikat

Sebagai peliharaan presiden waktu itu, Socks juga mengambil bagian kegiatan dalam gedung putih. Kegiatannya di Gedung Putih sama persis seperti kegiatan Bill Clinton dan keluarganya, seperti melakukan “blusukan” ke panti asuhan, sekolah, rumah bidan dan instansi masyarakat lainnya atau melakukan tur di tengah publik pasti Socks selalu disertakan.

wpid 201511161944101 - Socks, Kucing yang Meluluhkan Hati Mantan Presiden Amerika Serikat

Selain itu, Socks diangkat ke dalam ilustrasi buku pada tahun 1993, di saat yang sama pula kisahnya dikemas dalam bentuk kartun oleh Michael O’Donoghue dengan judul “Socks Goes to Washington“. Lalu cerita pendek juga terpublikasi dengan judul “Socks Goes to the White House“, dan kucing lucu ini juga muncul dalam sebuah episode dari sebuah acara TV yang terkenal yaitu “‘Murphy Brown”.

Pada tahun 2001 masa kepemimpinan Bill Clinton pun berakhir, Bill Clinton dan keluarganya meninggalkan Washington. Karena Bill memiliki anjing peliharaan akhirnya bill memutuskan memisahkan Buddy (anjing peliharaan Bill) dan Socks. Socks diadopsi oleh sekretaris Gedung Putih Betty Currie. Lalu Socks memulai kehidupannya bersama Currie dan keluarganya disebuah rumah yang tenang di Hollywood, Maryland.

Ketenaran Socks pun meredup tidak seperti saat dia masih di gedung putih, namun Socks merupakan pendukung berat dari setiap acara amal untuk binatang.

Hingga akhirnya pada masa akhir hidupnya, Socks didiagnosa memiliki kanker pada tenggorokan dan rahangnya tahun 2008 dan tahun 2009 pada hari Jumat tanggal 29 Februari pukul 10 pagi , Socks disuntik mati dikarenakan kankernya yang semakin ganas dan tidak ada kemungkinan untuk ditolong. Currie mengaku sangat sedih dengan perginya Socks. Berbagai kenangan manis yang telah diberikan akhirnya terkenang saat maut menjemputnya.

“Socks membawa banyak kebahagiaan bagi chelsea (anak pasangan Clinton) dan bagi kami selama bertahun-tahun. Dia juga membawa keceriaan bagi anak-anak dan pecinta kucing di manapun. Kami bersyukur mengenang masa-masa itu dan berterima kasih kepada sahabat kami, Betty Currie, yang telah merawat Socks dengan penuh cinta,” demikian pernyataan tertulis kantor Clinton Foundation – yayasan yang didirikan Bill Clinton setelah pensiun sebagai presiden.

Komentarmu Apa?