Sterilisasi pada Kucing

739

wpid wp 1443229412190 - Sterilisasi pada Kucing

Dalam setahun seekor Kucing betina dapat melahirkan 3 – 4 kali, bisa dibayangkan berapa anak kucing yang akan dihasilkan. Hal ini sangat disayangkan karena populasi mereka tidak sebanding dengan orang yang mau memelihara. Akibatnya banyak Kucing yang tertelantarkan dan tidak terurus.
Beberapa cara pun dilakukan agar populasi mereka tidak meledak, diantaranya dengan cara sterilisasi atau pengebirian. Yaitu dengan mengangkat organ reproduksi mereka, sehingga kucing menjadi mandul. Hal ini memang terdengar kejam, tetapi hal ini merupakan cara menyepadankan dengan orang yang mau memelihara. Selain itu banyak manfaat lain yang diperoleh, diantaranya; mengurangi resiko kanker pada organ reproduksi mereka sehingga membuat usia harapan hidup si Kucing menjadi lebih lama. Pada kucing jantan, mereka akan cenderung berdiam didalam rumah, sehingga terhindar dari perkelahian dengan Kucing – kucing lain.

wpid meredith102 - Sterilisasi pada Kucing

Adapun kucing akan mengalami obesitas bila disterilkan itu tidak benar. Hal tersebut terjadi karena mereka kebanyakan tidur dan bermalas- malasan, sebaiknya anda rajin mengajak si kucing untuk berolahraga atau menggerakan tubuh mereka.

Lantas, kapan sterilisasi sebaiknya dilakukan? Tidak ada batasan waktu untuk mensterilkan si kucing. Tetapi kucing jantan yang disterilkan setelah berusia 6 bulan umumnya akan menunjukan prilaku seperti saat belum dikebiri yaitu mengeong menarik perhatian betina dan melakukan gerakan ingin kawin. Sedang pada kucing betina akan lebih baik dilakukan pada usia 8 minggu sehingga mengurangi resiko operasi kehamilan mereka.
Jadi sudah sterilkah Kucing anda?

Komentarmu Apa?