Stop Kasih Susu Sapi ke Kucing ya, ini Alasannya !

2259

Banyak pemula yang memberikan susu sapi kepada anak kucingnya. Meski si kucing menyukai susu sapi, ternyata pemberian susu tersebut justru berdampak tidak baik  untuk kondisi tubuh kucing dan harus segera di stop.

01 300x204 - Stop Kasih Susu Sapi ke Kucing ya, ini Alasannya !
Stop pemberian susu sapi ke kucing

Siapa sih yang gak tau sama minuman manis nan lezat satu ini?. Yup, susu sapi. Selain lezat dan manis, susu sapi mengandung banyak sekali manfaat, salah satunya kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang kita lho catlovers.

Pernah gak catlovers ngasih si kucing susu sapi seperti yang kita konsumsi?

Jika pernah, ada baiknya menyelidiki kandungan dalam susu tersebut cocok atau tidaknya untuk si kucing. karena gak semua minuman yang bisa kita konsumsi boleh dikasih untuk si pus kita ya catlovers.

Sebenarnya pemberian susu sapi sempat menjadi kontroversi buat para catlovers perihal boleh tidaknya untuk si kucing.

Pada dasarnya kucing dan manusia sama-sama membutuhkan cairan yang cukup untuk kelangsungan hidupnya. namun ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam hal ini ya..

Berikut ini adalah hal-hal yang harus dipertimbangkan :

  1. Kandungan laktosa
02 - Stop Kasih Susu Sapi ke Kucing ya, ini Alasannya !
Susu sapi (full cream) mengandung laktosa yang sulit dicerna oleh perut si meong.

Baiknya kandungan laktosa atau gula yang terkandung dalam susu memiliki takaran rendah atau bebas laktosa jika memang memungkinkan.

Kenapa demikian catlovers?

Karena kucing tidak mampu memproduksi enzim lactase sehingga dia tidak mampu mencerna kandungan laktosa yang ada pada susu sapi dan akibatnya si kucing kesayangan kita bisa terkena gangguan pencernaan seperti diare, kembung dan nyeri lambung.

2. Kucing tidak mendapat nutrisi tambahan dari susu sapi

Sebenarnya nutrisi yang ada di susu sapi sudah bisa didapatkan kucing di cat food, dan juga terlalu banyak cairan susu yang diminum kucing akan membuat kinerja pencernaan kucing menjadi tidak optimal. Selain itu kalori yang tinggi pada susu akan membuat kucing menjadi obesitas.

Baca juga:

3. Anak kucing membutuhkan susu kucing, bukan susu sapi

kucing menyusui anaknya - Stop Kasih Susu Sapi ke Kucing ya, ini Alasannya !
Anak kucing membutuhkan susu kucing.

Yup, secara logika memang benar. Anak kucing butuh susu kucing, anak sapi ya butuh susu sapi.

Susu induk kucing memang yang terbaik bagi anak kucing. Bahkan dengan banyaknya enzim laktase yang dimiliki, anak kucing masih sulit untuk mencerna semua laktosa yang ada pada susu sapi.

4. Kucing lebih butuh air daripada susu.

kucing butuh air - Stop Kasih Susu Sapi ke Kucing ya, ini Alasannya !
Kucing lebih membutuhkan air dibandingkan susu.

Kucing membutuhkan air untuk mengatur suhu badan, mencerna makanan, menghilangkan kotoran dan memungkinkan elektrolit melewati tubuh mereka. Pastikan untuk menyediakan air bagi kucing di sekitar rumah kita.

 

Pada dasarnya pemberian susu sapi bisa dilakukan, asal memenuhi syarat khusus. Itupun diberikan hanya sebagai selingan saja. Meskipun kadang ada beberapa kucing yang pencernaanya kebal terhadap laktosa dan kucing tidak mengalami diare, hal tersebut bukan berarti baik karena lama-kelamaan pencernaan kucing akan mengalami gangguan tidak terlihat yang dapat menurunkan fungsi kerjanya.

Jadi stop pemberian susu sapi (full cream) ya, sebagai solusi cat lovers bisa memberikan susu formula untuk bayi yang bebas laktosa. Biasanya susu non-laktosa diberi kode FL (free lactose) pada kemasannya.

Komentarmu Apa?