Ternyata ini Penyebab si Pus Muntah

459

Pernahkah cat lovers menjumpai si mpus kita yang kelihatan sehat lalu tiba-tiba muntah?
Jika iya, gak ada salahnya menyelidiki penyebab ia muntah kan?

Muntah disebabkan adanya stimulasi dari pusat muntah di otak oleh reseptor-reseptor yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Saat muntah terjadi, akan terjadi kontraksi otot perut dan dan terjadi tekanan dalam perut yang menyebabkan isi lambung keluar, dan timbul suara desakan saat isi lambung memasuki kerongkongan.

Ada beberapa kondisi yang memerlukan pengobatan, tetapi beberapa diantaranya tidak membutuhkan penanganan khusus.

Apa sih penyebabnya? Penasaran? Yuk, simak dibawah ini.

Makan yang terlalu cepat dan banyak

Seringkali kucing yang tidak makan sepanjang hari akan terburu-buru untuk melahap makanan mereka dan segera menelannya.

Hal ini bisa jadi karena kucing takut makanannya direbut oleh hewan lain, sangat lapar, atau memiliki kebiasaan makan yang buruk.

Biasanya muntahan masih akan terlihat seperti makanan aslinya, menandakan bahwa kucing tidak mengunyah makanan tersebut dengan baik.

Selain itu, banyak makan alias terlalu banyak makanan dalam kantong perutnya, hingga ia kesulitan untuk mencerna makanan tersebut.

Menjilati bulunya sendiri

Kucing yang memiliki bulu panjang akan sering menggrooming tubuhnya sendiri sehingga lama kelamaan bulu yang dijilatnya akan membentuk hairball didalam perutnya.

Saat terdapat benda asing dalam perutnya, kucing akan berusaha memuntahkannya.

Mereka biasanya menginduksi muntah dengan makan rumput atau lainnya.

Adanya benda asing yang tertelan di dalam perut

Kucing memang suka bermain dan memakan apa yang sekiranya dapat di telan. Mungkin kucing memiliki pikiran bahwa apa yang dijumpainya adalah makanan yang harus dimakan dan ditelan.

Penyakit

jika catlovers menemukan kucing yang muntah berbentuk busa dan kuning, hati-hati guys, catlovers harus lekas periksakan ia ke dokter hewan, ditakutkan karena cacingan atau keracunan.

Untuk sebagian orang mungkin cuek dan tidak perduli menganggap hal sepele jika menemukan kucingnya muntah, padahal disisi lain terjadi sesuatu yang tidak baik dalam tubuh kucing.

Sebaiknya selalu awasi si mpus meskipun saat ia kelihatan sehat dan baik-baik saja.

Komentarmu Apa?