6 Trik Mudah yang Bisa Kamu Terapkan agar Kucingmu Mau Minum Lebih Banyak

286

Trik mudah berikut bisa kamu gunakan untuk memancing kucingmu yang ogah minum air.

kucingminum - 6 Trik Mudah yang Bisa Kamu Terapkan agar Kucingmu Mau Minum Lebih Banyak
Trik mudah berikut bisa kamu terapkan agar kucingmu mau minum air lebih banyak.

Kucinglucu – Air merupakan komponen yang penting bagi makhluk hidup, termasuk kucing. Menurut James Herriot, seorang dokter hewan dan pengarang terkenal, normalnya seekor kucing membutuhkan 2 hingga 4 ons air segar selain dari makanan utamanya. Namun terkadang, beberapa kucing malas minum air. Padahal hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah seperti sembelit ataupun FLUTD (gangguan saluran kencing).

(Baca juga: Hati-Hati ! 5 Benda di sekitarmu ini Bisa Membahayakan Kucing ).

Jika kucing mu termasuk yang ogah minum air, kamu bisa menggunakan beberapa trik mudah berikut untuk memancingnya.

#1. Rajin mengganti air bersih.

kucingminum1 - 6 Trik Mudah yang Bisa Kamu Terapkan agar Kucingmu Mau Minum Lebih Banyak
Rajin- rajinlah mengganti air minumnya.

Kucing merupakan binatang yang suka dengan kebersihan. Pastikan kamu mengganti air minum kucing mu minimal satu kali sehari dan bersihkan mangkuk airnya secara teratur dengan sabun agar tidak kotor. Kamu nggak suka kan minum dengan gelas kotor ?. Begitupun dengan kucing kesayanganmu.

#2. Cobalah berbagai jenis air.

kucingminum4 - 6 Trik Mudah yang Bisa Kamu Terapkan agar Kucingmu Mau Minum Lebih BanyakUmumnya kucing menyukai air yang baru dan segar. Namun jika kucingmu termasuk susah untuk minum, mungkin dia tidak cocok dengan jenis airnya. Cobalah dengan menyediakan berbagai jenis air seperti ai mineral, air yang kamu masak sendiri, atau air suling di depannya. Dan lihat mana yang paling ia sukai. O iya, jangan biarakan kucingmu minum dari air toilet ya, karena tidak baik untuk kesehatannya.

#3. Mangkuk yang tepat.

kucingminum3 - 6 Trik Mudah yang Bisa Kamu Terapkan agar Kucingmu Mau Minum Lebih Banyak

Cobalah dengan menggunakan bahan gelas atau stainless untuk wadah minumnya. Karena terkadang plastik meninggalkan satu rasa (bau) yang tidak disukai kucing.

#4. Beralihlah ke makanan basah (wet food).

kucingminum5 - 6 Trik Mudah yang Bisa Kamu Terapkan agar Kucingmu Mau Minum Lebih Banyak

Makanan basah mengandung 70% air, lebih banyak dibandingkan dengan makanan kering yang hanya 10%. Tambahkan air sedikit lebih banyak ke makanan basahnya. Jika kucingmu tidak doyan wet food, kamu bisa menambahkan air pada makanan keringnya. Namun ini tidak terlalu dianjurkan karena cenderung cepat basi.

#5. Menaruh air minum di beberapa tempat.

19731869 1108502039282054 8096642850217967142 n.jpg - 6 Trik Mudah yang Bisa Kamu Terapkan agar Kucingmu Mau Minum Lebih Banyak

Kucing merupakan binatang yang suka menjelajah. Cobalah untuk menempatkan mangkuk air di beberapa tempat strategis dimana ia sering bermain. Lihat mangkuk mana yang airnya berkurang.

#6. Air mengalir.

kucingminum6 - 6 Trik Mudah yang Bisa Kamu Terapkan agar Kucingmu Mau Minum Lebih Banyak

Seperti sudah disinggung di atas, kucing menyukai air yang segar. Kamu bisa membelikan kucingmu drinking fountain atau alat minum kucing dimana air tetap mengalir dan terjaga kesegarannya.  Alat ini terdapat dalam berbagai ukuran dan kapasitas. Kalau kamu susah mendapatkan alat ini, kamu juga bisa kok membuatkan pancuran kecil dari keran atau westafel untuk menarik perhatian kucingmu. Atau alternatif yang terakhir yaitu dengan menaruh es batu pada mangkuk airnya agar air lebih segar.

(Baca juga:  Dari Jaga Anak hingga Cuci Piring, ini 7 Pekerjaan Rumah yang Bisa Dilakukan oleh Kucing ).

 

Komentarmu Apa?