Kenali 9 Tanda Kucingmu Sedang Menahan Sakit. Jangan Sampai Kamu Telat Mengobatinya

4790

Kenali 9 tanda ini sebelum kamu terlambat menyadari bahwa si kucing selama ini menahan sakit.

kucing sakit - Kenali 9 Tanda Kucingmu Sedang Menahan Sakit. Jangan Sampai Kamu Telat Mengobatinya
Kenali tanda-tanda kucing kamu sedang menahan sakit. Jangan sampai kamu telat mengobatinya.

Kucinglucu.net – Bagi pecinta kucing, melihat kucingnya sakit tentu adalah hal yang menakutkan. Makan tak enak, pikiran tak tenang, wuahh tak karuan rasanya. Namun seringnya karena mereka para kucing tak bisa mengungkapkan rasa sakit, terkadang kita telat menyadari. Padahal kita sendiri tahu yang namanya sakit tentu nggak enak banget rasanya.

(Baca juga: Antara Kasihan tapi Pengin Ketawa, Lihat Wajah Kucing ini Setelah Tersengat Lebah).

Nah solusi untuk mengatasi hal tersebut, tentunya kamu harus jadi owner yang peka. Yuk kenali 9 tanda kucingmu sedang menahan sakit. Jangan sampai kamu terlambat mengobatinya !.

#1. Perubahan tingkah laku.

perubahan tingkah laku - Kenali 9 Tanda Kucingmu Sedang Menahan Sakit. Jangan Sampai Kamu Telat Mengobatinya
siempus meoong.

Jika kucingmu yang super aktif dan biasa jadi pasukan “huru-hara”, tiba-tiba lebih senang berdiam di rumah, bisa jadi kucing kamu sedang menahan sakit. Demikian juga dengan kucing yang biasa tampil tenang namun saat kamu sentuh menjadi pemarah, bisa jadi area yang kamu sentuh memang sedang sakit.

#2. Posisi tidur yang sama.

tidur dengan posisi yang sama - Kenali 9 Tanda Kucingmu Sedang Menahan Sakit. Jangan Sampai Kamu Telat Mengobatinya
Saat kucingmu memilih posisi tidur yang sama disatu sisi secara kontinu, kemungkinan dia sedang menahan sakit pada sisi yang lain.

#3. Perubahan berat badan yang drastis.

perubahan berat badan - Kenali 9 Tanda Kucingmu Sedang Menahan Sakit. Jangan Sampai Kamu Telat MengobatinyaBerat badan kucing yang naik turun tanpa penyebab yang jelas juga bisa menjadi tanda bahwa kucing mengalami penyakit serius. Seperti kucing sedang mengalami stress atau cacingan. Jangan tunggu apalagi, segera periksakan kucing kamu ke dokter hewan.

#4. Masalah litter box.

masalah litter box - Kenali 9 Tanda Kucingmu Sedang Menahan Sakit. Jangan Sampai Kamu Telat MengobatinyaKalau kucing kamu yang biasanya pintar buang kotoran dilitter box, tapi mendadak kotorannya tercecer, itu pertanda ia sedang ada masalah pada punggung atau pinggulnya. Memilih posisi yang tepat untuk buang kotoran bisa sangat sulit untuk kucing yang sakit terlebih jika sampai ia mengeluarkan darah. Biasanya penyakit yang sering banget berhubungan dengan litter box adalah batu ginjal dan infeksi saluran kecing (FLUTD).

#5. Terlihat menjilat atau menggaruk area yang sama berlebihan.

menjilat berlebih - Kenali 9 Tanda Kucingmu Sedang Menahan Sakit. Jangan Sampai Kamu Telat MengobatinyaKucing yang sakit akan mencoba mengurangi rasa sakitnya dengan cara menjilati daerah yang mengganggunya. Begitupun dengan kucing yang menggaruk berlebihan, bisa jadi ia merasakan gatal karena ada jamur atau tungau ditubuhnya.

#6. Perubahan nafsu makan & minum.

nggak mau makan - Kenali 9 Tanda Kucingmu Sedang Menahan Sakit. Jangan Sampai Kamu Telat Mengobatinya
Caloundra pet resort.

Jika kucingmu belakangan susah makan dan enggan menghabiskan makanannya bisa jadi ada yang salah dengan dirinya. Luka pada rongga mulut dan sistem pencernaannya bisa jadi penyebab kenapa ia susah makan.
Nafsu minum yang meningkat dibarengi dengan frekuensi kencing yang sering juga mengindikasikan tanda dari penyakit ginjal dan diabetes. Atau kucing sering mendekati tempat minum namun ia sama sekali tidak minum bisa jadi tanda dari panleukopenia.

#7. Kucing lebih senang bersembunyi.

kucing bersembunyi - Kenali 9 Tanda Kucingmu Sedang Menahan Sakit. Jangan Sampai Kamu Telat Mengobatinya
kittentoob.com

Kucing yang sakit akan mencari tempat yang dianggapnya nyaman. Hal ini dikarenakan ia tahu rasa sakit akan membuatnya rentan, sehingga ia akan bersembunyi dan dapat terhindar dari hewan lain yang lebih kuat.

#8. Muntah berkali-kali.

kucing muntah - Kenali 9 Tanda Kucingmu Sedang Menahan Sakit. Jangan Sampai Kamu Telat Mengobatinya
petfull.com

Coba perhatikan muntahan si kucing. Adalah normal jika ia mengeluarkan muntahan bulu (Hairball). Namun jika ia muntah darah atau cairan berwarna kuning dan atau berlendir berkali-kali dalam sehari, segera bawa kucing kamu ke dokter hewan.

#9. Kucing mengalami diare atau konstipasi.

kucing diare - Kenali 9 Tanda Kucingmu Sedang Menahan Sakit. Jangan Sampai Kamu Telat Mengobatinya
Catster.com

Kucingmu juga bakal memerlukan penanganan ke dokter jika ia mengalami dua keadaan diatas secara terus menerus. Diare pada kucing jika tidak diatasi segera dapat menyebabkan kucing mengalami dehidrasi dan bahkan membahayakan nyawanya. Kondisi ini bisa dikarenakan oleh infeksi bakteri, virus dan parasit atau pemberian susu yang mengandung laktosa (gula).

Sebaliknya dari diare adalah konstipasi. Kucing akan kesusahan saat poop karena fesesnya menjadi keras.Kondisi ini bisa disebabkan sumbatan gumpalan bulu, makanan yang terlalu kering atau karena kucing jarang minum.

Nah, selalu perhatikan tingkah laku kucing kamu ya. Jangan sampai kamu baru bertindak ketika kucingmu sakit parah. Ingat, biaya ke dokter hewan mahal  mencegah lebih baik dari pada mengobati. 🙂

(Baca juga : Selamat Jalan Bleky).

Komentarmu Apa?