Amankah Cat Food Bila Dikonsumsi Oleh Manusia ?

548

Dikarenakan baunya yang enak dan menyengat, beberapa orang atau anak-anak tergiur dan secara tak sengaja memakan cat food. Pertanyaan amankah cat food bila dikonsumsi oleh manusia?.

wp 1469619576814 - Amankah Cat Food Bila Dikonsumsi Oleh Manusia ?
Amankah cat food bila dikonsumsi manusia ? Gambar: youtube.com

Kucinglucu.net – Beberapa waktu lalu sempat heboh postingan seorang pemilik kucing yang isinya mengatakan tentang temannya secara  tidak sengaja memakan cat food karena mengira cat food tersebut adalah biscuit. Tak heran jika beberapa orang bisa terkecoh, aroma ikannya yang kuat dan harum, bentuk yang sama seperti makanan manusia memang bikin tergoda. Bila ditaruh sembarangan, anak-anak atau orang yang tidak tahu tentang cat food pasti akan tergiur lapar dan langsung memakannya.

(Baca juga : Yuk Coba Resep Wet Food Sehat untuk si Kucing ).

Dari situlah muncul pertanyaan, amankah cat food bila dikonsumsi oleh manusia ? simak ulasannya berikut menurut Mens Journal.

Point penting tentang berbahayanya makanan ada pada komposisinya. Menurut penuturan Dawn Jackson Blatner, seorang pemerhati gizi makanan yang bekerja di American Dietieric Assosiation “Biasanya atau secara umum sekaleng makanan kucing (cat food) terbuat dari bahan-bahan seperti: daging merah (tergantung produknya, biasanya sapi), daging ayam, daging kalkun,ash (abu atau semacam dedak), tuna, makarel, sarden, dan lain sebagainya yang secara umum merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi juga oleh manusia dan tidak membahayakan kesehatan manusia”. Dawn juga mengatakan bahwa “Saya cukup yakin sistem tubuh manusia dapat meng-handle makanan kucing”. Hati, ginjal,dan kulit manusia melakukan suatu tugas dan fungsi yang hebat dalam mengeluarkan zat-zat kimia ataupun racun dari tubuh kita, seperti juga halnya zat-zat kimia ringan yang terdapat pada makanan kucing.

wp 1469621296722 - Amankah Cat Food Bila Dikonsumsi Oleh Manusia ?

Yang cukup berbahaya dalam makanan kucing adalah ash. Ash merupakan bahan hasil sisa dari pembakaran makanan. Bisa dikatakan zat ash adalah hasil akhir dari makanan yang dibakar. Mungkin belum banyak orang yang tahu tentang ash, karena memang belum banyak media yang membahas zat kimia tersebut. Karema fungsinya sebagai penambah mineral dan penguat tulang pada masa pertumbuhan, ash biasa ditambahkan pada cat food ataupun dog food.

Lain halnya dengan manusia meski pada dasarnya tubuh manusia bisa membersihkan endapan ash dengan cepat, tubuh manusia tidak bisa mengkonsumsi ash lebih dari 10% dikarenakan dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan.

Beberapa cat food berikut boleh dikonsumsi manusia.

Ada juga makanan kucing yang dinyatakan sehat dan boleh dimakan oleh manusia. Salah satunya adalah Neco Meshi.

wp 1469623245669 - Amankah Cat Food Bila Dikonsumsi Oleh Manusia ?
Neco Meshi.

Dikarenakan makin banyaknya pemelihara kucing di Jepang, Neco Republic selaku jaringan kafe kucing dan pemasok perlengkapan hewan peliharaan memproduksi Neco Meshi, camilan sehat serta aman bagi kucing dan manusia. Naco Meshi terbuat dari ikan tanpa garam atau bahan aditif.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui apakah makanan kucing (cat food) itu aman untuk dikonsumsi oleh manusia atau tidak. Jawabannya adalah Ya, jika dikonsumsi tidak dalam jumlah berlebih.

wp 1469623192014 - Amankah Cat Food Bila Dikonsumsi Oleh Manusia ?

Meski tidak ada masalah dengan itu. Namun jangan jadikan makanan kucing ini dalam daftar makanan sehari-hari. Selama kita masih bisa mengkonsumsi makanan yang memang layak buat manusia, kenapa harus mengembat jatah si meong?.

(Baca juga : Cara Mengganti Makanan pada Kucing Agar Terhindar dari Diare ).

Komentarmu Apa?