Astronot kucing pertama dan satu-satunya di dunia rencananya akan dibuatkan patung memorial di Paris.

felicette kucing astronot2 - Astronot Kucing Pertama di Dunia akan Dibuatkan Patung Memorial
Rencananya untuk mengingat pengorbanan Felicette si astronot kucing, di Paris nanti akan dibuat patung memorial.

Kucinglucu.net – Pergi ke luar angkasa mungkin awalnya adalah hal yang tidak terpikirkan. Namun lambat laun seiring berkembang teknologi dan peradaban, pergi ke luar angkasa bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Baik manusia maupun hewan peliharaan pernah dikirimkan untuk menjadi astronot dan menyelami angkasa.

(Baca juga: Mengenang Felicette, Kucing Pertama yang Berangkat ke Luar Angkasa

Diantara para astronot tersebut terselip nama Félicette, seekor kucing pertama dan satu-satunya yang menjadi astronot di dunia. Namun sayangnya perhatian terhadap Félicette nyaris dilupakan. Padahal Félicette adalah pionir pertama yang menjalani penerbangan ke luar angkasa sejak 54 tahun lalu.

Félicette menjalani penerbangan selama 12 menit yang membawanya sejauh 97 mil dari permukaan bumi. Dia juga sempat merasakan kondisi hampa udara selama lima menit. Kucing ini benar-benar menjadi pelaku sejarah dalam eskplorasi atas luar angkasa.

Sayangnya baru beberapa bulan setelah ia menuliskan namanya dalam sejarah, para peneliti memutuskan untuk mengeuthanasia Félicette. Dia harus dengan sengaja dimatikan untuk tujuan penelitian, yaitu melihat sejauh mana efek luar angkasa pada tubuh kucing.

Hal yang paling menyedihkan dari kucing ini adalah setelah mati Félicette sama sekali tidak mendapatkan penghargaan, selain itu namanya juga tidak banyak dikenal oleh masyarakat luas seperti astronot lain. Saking tidak terkenalnya, banyak orang yang mengira bahwa dia adalah kucing jantan dengan nama Felix.

Seperti dilansir dari kabar24, saat ini ada gerakan yang sedang berusaha mengangkat kembali nama sang kucing legenda lewat penggalangan dana untuk membuatkannya sebuah patung memorial. Seg Creative Director Anomaly London, Matthew Serge Guy, membuat kampanye di website kickstarter untuk menggalang dana sebesar $52.439 untuk pembuatan patung sang kucing di Paris nanti. Setelah satu hari diunggah, kampanye ini telah mendapatkan 20% dari total dana yang dibutuhkan.

“Sekitar 6 bulan lalu kami telah memikirkan ini, tentang seorang kucing dari 50 tahun lalu yang pertama kali pergi ke luar angkasa. Saya mencarinya di google dan semakin lama menyadari bahwa dirinya sekarang benar-benar dilupakan. Saya pikir harus ada sesuatu yang kita lakukan untuknya,” tulis nya di kampanye di Kickstarter.

(Baca juga :Rexie, Kucing Cacat yang Pintar Bermain Lidah Saat Difoto).

kabar24

Komentarmu Apa?